Tips Aman Belanja Online agar Untung Maksimal

Perkembangan teknologi begitu cepat, kini hampir setiap orang memiliki gadget maupun komputer pribadi dengan koneksi internet yang mumpuni. Dengan begitu banyak dari mereka yang memanfaatkanya untuk belanja secara online di toko online terbaik di Indonesia. Banyak dari situs ecommerce atau marketplace yang menawarkan promo atau diskon gila-gilaan sehingga menguntungkan para pengguna nya.

Advertisement

Misalnya seperti shopee yang gila-gilaan memberikan promo gratis ongkir dan koin yang bisa digunakan untuk belanja. Tokopedia dengan promo cashback nya dan bukalapak yang terkenal dengan program potong harganya.

Selain itu ternyata banyak dari mereka yang sudah mahir berbelanja online memanfaatkan situs belanja online luar negeri, seperti lazada, ebay, amazon, aliexpress hingga alibaba.

Dari kebiasaan baru inilah, banyak orang yang mencari tips belanja online agar untung maksimal, serta aman dan tidak tertipu. Maka dari itu, di artikel kali ini saya akan membagikan langkah-langkah belanja online agar untung maksimal, simak artikel berikut ini…

Tips Belanja Online Murah yang Menguntungkan

Tujuan utama orang memutuskan untuk belanja online yaitu karena murah dan mudah. Kita dengan mudah dapat menyortir harga barang dari yang termurah dan membandingkanya antar toko. Selain itu, kita tidak perlu keluar rumah, cukup memesan via smartphone atau PC, maka barang akan diantar kerumah kita melalui kurir.

Advertisement

Nah, kali ini saya akan membagikan tips belanja online murah agar menguntungkan dan tidak kecewa. Tips ini berdasarkan pengalaman saya yang gila belanja online sejak tahun 2012. Langsung saja, ke materi utama…

1. Sortir Produk berdasarkan Harga

Tips agar mendapatkan harga termurah saat belanja online

Tips dasar dalam belanja online agar mendapatkan harga termurah yaitu dengan mengurutkan produk dari harga termurah atau terendah.

Di berbagai situs jual beli online yang menggunakan sistem marketplace, biasanya tersedia fitur filter. Nah, langkahnya cukup mudah,

  • Pertama anda cari barang yang di inginkan di kolom pencarian, misal saya mencari “Speaker Logitech Z313”
  • Kemudian klik fitur urutkan, dan pilih berdasarkan Harga Terendah
  • Lalu Akan muncul list produk dari berbagai seller, paling atas biasanya merupakan produk termurah yang ada di toko online tersebut.
  • Pastikan yang anda lihat bukan iklan, karena iklan biasanya tampil juga di paling atas.
  • Setelah itu anda jangan dulu klik beli, sebaiknya anda masukan dulu ke wishlish, barang favorit atau ke cart.

Nah, setelah itu, kita lanjut ke tips berikutnya…

2. Bandingkan di Berbagai Toko Online

Setelah anda mengetahui harga barang termurah di Toko Online A, misal di tokopedia. Selanjutnya anda bandingkan juga antara situs belanja online lain. Misalnya cek harga barang yang anda cari di toko online lain misalnya di Shopee, bukalapak, lazada, blibli, JD.ID dan sebagainya.

cara membandingkan harga produk antar situs toko online

Pastikan ketika anda mencari sudah menggunakan fitur sortir harga termurah. Nah, dengan begitu anda akan mendapatkan harga termurah di internet.

Sebaiknya anda catat di buku atau di notepad, dan masukan link pembelianya agar mudah. Catat juga harga nya.

3. Jangan Tergiur Harga Coret atau Diskon Palsu

Kadang kita tertarget dengan iklan harga coret, misalnya muncul di sosial media seperti instagram atau facebook. Ketika di klik, ternyata itu merupakan harga cashback atau nominal potongan, bukan harga aslinya.

Anda harus cermat, selain itu banyak seller yang menggunakan trik harga coret, misalnya seller tersebut menaikan dulu harga, kemudian memberikan diskon. Padahal harga aslinya memang segitu.

Jadi anda harus tau harga pasaran barang sebelum membeli, anda jangan tergiur harga coret, diskon dalam persenan yang besar atau harga yang terlihat murah.

Pastikan anda melakukan perbandingan harga seperti point ke 1 dan ke 2 tadi.

4. Santai dan Jangan Terbawa Emosi

Kebanyakan online shopper pemula belanja dengan tergesa-gesa dan terburu-buru. Hal ini jurstru akan merugikan jika kita belum mahir dalam belanja online.

Kita tidak bisa berfikir jernih dan bijak dalam memutuskan suatu hal. Maka dari itu banyak dari mereka yang merasa, “Kok gue beli ini ya? padahal engga butuh”.

Ini akan menimbulkan sifat boros dan akhirnya merugikan diri anda sendiri.

Maka dari itu, ketika ingin belanja online, pastikan anda dalam keadaan tenang, rileks, santai dan tidak terbawa emosi.

5. Belanja pas Moment yang Tepat

Jika anda ingin untung maksimal ketika berbelanja online, maka sebaiknya anda belanja hanya di moment-moment yang tepat.

Contohnya seperti :

  • Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), yaitu 10.10, 11.11 dan 12.12 (artinya tanggal 12, bulan 12.
  • Kemudian di hari Black Friday
  • Moment sebelum Hari Raya
  • Tahun Baru
  • Awal Bulan dan Akhir Bulan
  • Hari tertentu yang merupakan hari spesial situs belanja online, misal ulang tahun shopee atau hari jadi blibli.

Di moment tersebut, biasanya banyak sekali voucher diskon atau cashback yang bisa anda dapatkan. Barang yang dijual pun kadang di bawah harga pasaran sehingga sangat menguntungkan.

Saya pernah mendapatkan speaker harga Rp. 999.000 hanya dengan membayar Rp. 99. Sudah gratis ongkir pula, gokil kan?

6. Cari Voucher di Situs dan Aplikasi Penyedia Voucher Diskon Sebelum Belanja

Situs dan Aplikasi Penyedia Voucher Diskon

Ritual wajib bagi para online shopper sebelum berbelanja yaitu berburu voucher diskon. Ada banyak sekali media untuk mengetahui kode voucher atau promo yang sedang diadakan oleh suatu situs belanja online, antara lain

halaman promo resmi dari situs belanja online

7. Buat List Belanja dengan Detail

Agar untuk maksimal dan tidak boros, pastikan anda membuat list belanja sebelum berbelanja online. Buatlah daftar seperti :

  • Nama Barang
  • Budget
  • Harga Pasaran
  • Harga Termurah
  • Kupon / Voucher yang bisa digunakan
  • Link Pembelian

Hal ini penting agar anda fokus hanya membeli barang yang dibutuhkan, bukan barang yang hanya keinginan. Banyak dari mereka terutama kaum hawa yang kadang terbawa emosi setelah melihat promo-promo menggiurkan.

Mereka akhirnya membeli padahal barang tersebut tidak dibutuhkan sama sekali. Bukanya hemat, ini justru pemborosan dan tidak bijak.

Tips Aman Belanja Online agar tidak Tertipu

Ketika baru pertama kali belanja online, Kadang kita kecewa karena menerima barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi, entah itu kualitas yang jelek, ukuran tidak sesuai, warna salah atau bahkan barang tidak dikirim alias tertipu.

Sebenarnya itu merupakan kesalahan yang bisa di hindari, maka dari itu anda harus cerdas dalam belanja online. Nah, berikut adalah tips aman belanja online agar tidak tertipu…

1. Jangan Tergiur Harga Murah yang Tidak Rasional

harga toko online sangat murah, apakah aman?

Walaupun barang-barang di toko online itu murah, namun biasanya harganya tetap rasional. Jika anda menemukan harga yang sangat murah dan tidak rasional, misalnya barang baru yang harganya 1,2 juta, hanya dijual 600 ribu maka ini tidak wajar.

Apalagi jika belum ada review atau ulasan. Biasanya kita akan di kelabuhi dan diarahkan ke chat whatsapp atau transfer langsung tanpa melalui pihak marketplace sehingga kita tertipu.

Maka dari itu, anda harus cerdas, jika tidak ada promo atau ivent khusus yang diadakan, biasanya harga barang tidak akan sampai setengah harga. Paling hanya promo diskon antara 10-25%.

2. Cek Track Record Penjual

image 11

Sebelum belanja online, anda jangan hanya tergiur pada harga murah. Anda juga harus cermat melihat siapa seller atau penjual barang yang anda target.

Anda harus melihat history atau track record, seperti produk yang telah terjual, rating dan ulasan, kecepatan membalas chat, jumlah produk, dan badge yang telah didapatkan.

Semakin tinggi rating atau kualitas, maka semakin bagus. Berarti seller tersebut sudah membuktikan pelayanan terbaik.

3. Cek Testimoni dan Feedback Produk

Selain melihat track record toko, anda juga wajib melihat testimoni atau feedback yang ada pada produk yang ingin anda beli.

Pastikan produk yang anda bidik setidaknya sudah memiliki 1 ulasan atau bintang lebih dari 4. Semakin banyak ulasan atau testimoni maka semakin bagus. Anda akan terhindar dari rasa kecewa, karena biasanya disinilah tempat kita mengetahui kualitas barang yang dijual.

4. Belanja Hanya di Flatform Belanja Online Terpercaya

Jika kita membeli di flatform belanja online terpercaya, misalnya seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan sebagainya, dana kita akan aman.

Uang tidak akan diteruskan ke penjual sebelum barang yang dibeli dikirim ke alamat pembeli. Jika pembeli mengajukan komplain, maka uang akan ditahan sehingga seller tidak akan mendapatkan keuntungan.

Maka, saran saya, anda belanja online hanya di flatform yang sudah terpercaya, jangan belanja di situs yang kurang terkenal, apalagi belanja di sosial media seperti facebook atau instagram.

Ini sangatlah rawan, karena tidak ada pihak yang menjadi penengah. Kecuali anda sudah siap dengan resiko dan memiliki pengalaman dalam berbelanja online.

5. Hindari Transfer Langsung

Kesalahan yang paling sering dialami oleh orang yang pernah tertipu belanja online yaitu mereka melakukan direct transfer, atau mengirim uang langsung ke rekening pembeli tanpa pelantara.

Hal ini sangat rawan, karena tidak ada pihak penengah, sehingga jika penjual tidak jujur, bisa saja kita langsung di block dan barang tidak dikirim.

Padahal, belanja online modern tidak seperti itu, sebaiknya kita berbelanja di situs marketplace atau ecommerce saja, sehingga uang kita aman. Jadi uang kita akan ditampung oleh situs marketplace terlebih dahulu hingga barang kita sampai. Setelah sampai, baru uang kita diteruskan ke penjual.

6. Baca Deskripsi dengan Teliti

Ada kasus menarik yang pernah saya temukan, yaitu penjual yang menuliskan deskripsi “kami hanya akan mengirimkan foto, jika membeli anda setuju”.

Terus ada pembeli yang tidak teliti dan akhirnya membeli sebuah kamera DSLR, padahal penjual hanya akan mengirimkan foto KAMERA DSLR, bukan produk kamera nya.

Setelah sampai pembeli pun kaget dan akhirnya komplain ke pihak marketplace, namun karena deskripsi sudah menjelaskan bahwa membeli artinya setuju maka akhirnya pembeli merasa tertipu, padahal memang kesalahanya sendiri tidak teliti dalam membaca deskripsi produk.

7. Gunakan Perangkat dan Akun milik Sendiri

Pembeli yang gaptek atau tidak mau ribet biasanya meminta orang lain untuk membelikan barang yang di inginkanya secara online.

Padahal hal ini sangat berbahaya, bisa saja uang anda atau kartu kredit anda di cuci sehingga anda mengalami kerugian, apalagi jika anda meminta ke orang yang tidak begitu dikenal.

Maka dari itu, usahakanlah untuk belanja online menggunakan HP, Komputer atau Laptop sendiri dan menggunakan akun pribadi.

Kesimpulan

Belanja online memang menjadi sebuah gaya hidup hemat dan menguntungkan jika kita cermat dan teliti. Kita harus bijak agar kita mendapatkan harga termurah sehingga mendapatkan keuntungan maksimal.

Namun kita jangan tergiur akan harga murah, kita harus teliti agar transaksi kita aman dan tidak tertipu ketika belanja online. Dengan menerapkan semua tips dan trik diatas, diharapkan banyak dari para online shopper yang lebih waspada dan berhasil dalam berbelanja online sehingga tidak kecewa.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment