[Sesuai Usia] Game Online untuk Melatih Kecerdasan dan Konsentrasi Anak

Di abad 21 seperti sekarang, penggunaan media digital terutama yang berhubungan dengan internet sangatlah pesat. Banyak sekali pekerjaan-pekerjaan baru yang bermunculan, misalnya seperti gamers. Gamers adalah seseorang yang memiliki keinginan dan kemampuan dalam bermain game, mereka yang mampu menghasilkan uang dan menjadikan kegiatan bermain game sebagai profesi disebut gamers profesional.

Dari berbagai macam penelitian, disebutkan bahwa ada dampak positif dari permainan digital, contohnya orang yang bermain game tertentu dapat memiliki ketajaman visual yang lebih tinggi, kepekaan diatas rata-rata serta kemampuan respon dan memecahkan masalah yang meningkat.

Namun, hal tersebut dapat dicapai jika kita sebagai orang tua bijak dalam mendidik anak untuk bermain game dengan cukup, karena game juga bisa berdampak negatif jika terlalu berlebihan, misalnya dampak kesehatan mata ataupun mental.

Nah, di artikel kali ini mimin akan membahas secara khusus game-game santai khusus untuk anak yang dapat melatih kecerdasan dan konsentrasi anak. Simak artikel berikut ini…

Game Online Anak Berbasis Website

Game sendiri banyak sekali jenisnya, ada game yang dirancang khusus untuk komputer PC dan Laptop, game untuk perangkat mobile seperti Android atau iPhone dan Game universal yang bisa diakses dimanapun melalui browser. Nah, game berbasis website memiliki kelebihan mudah diakses dan ringan, karena kita tidak perlu mendownload atau menginstal terlebih dahulu, cukup membuka situs game online maka kita bisa langsung bermain game yang kita inginkan.

Game Khusus Anak-Anak

Game sendiri memiliki banyak sekali jenis dan kategori, ada yang rating nya khusus dewasa, remaja dan anak-anak. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus cerdas mengenali sebuah game, karena sangat berbahaya jika anak-anak bermain game yang tidak sesuai dengan umurnya. Disini saya akan membagikan game khusus anak sesuai kategori dan peruntukkannya.

Game untuk Melatih IQ Anak

Salah satu manfaat game digital yaitu dapat meningkatkan kemampuan otak, terutama bagi anak yang masih dalam tahap perkembangan, mulai dari kognitif, bahasa, sosial, emosi dan kemampuan fisik motorik. Salah satu jenis game yang dapat melatih dan meningkatkan IQ yaitu game RPG, Puzzle, dan Quiz. Berikut adalah 7 Game Terbaik untuk melatih IQ anak.

1. 2048

game 2048 online

Game klasik sederhana yang unik. Cara bermainnya kita cukup menggeser baris dan kolom menggunakan tombol panah di keybowrd untuk mencari nilai 2048. Disini kemampuan logika dan berhitung sangat dibutuhkan! Jangan sampai anak anda lebih cepat dan cerdas dari anda ya…

  • Tingkat Kesulitan: Sulit
  • Cocok untuk usia: 7 tahun keatas
  • Kategori: puzzle, matematika

2. Abstract World

game abstrack word online

Game anak ini bukan sembarang game. Selain melatih kemampuan anak dalam mengenali visual warna dan bentuk, juga melatih logika. Cara bermainnya yaitu dengan mengklik lingkaran agar penampang bola bergeser sehingga bola dapat berjalan ke tujuannya sesuai dengan warna.

Walaupun terlihat sederhana, ini dapat menguji kesabaran dan ketelitian lho.

  • Tingkat Kesulitan: Menengah
  • Cocok untuk usia: 4 tahun keatas
  • Kategori: puzzle, fisika

3. Find the Technology

game mencari benda untuk anak

Ini merupakan salah satu game favorit mimin, sesuai namanya, game ini bercerita tentang kita sebagai pemain yang mencari benda dan barang berupa teknologi, misalnya monitor. Disini kejelian dan ketajaman mata sangat dilatih, anak akan lebih mudah belajar mengenai benda dan warna dalam bentuk dan angle yang bervariasi.

Selain mencari, disini kita juga akan menemukan pertanyaan dalam bahasa inggris yang menjelaskan tentang benda yang kita temukan. Selain belajar kejelian, juga bisa sambil belajar bahasa inggris melalui game!

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 3 tahun keatas
  • Kategori: kasual, visual, teka-teki

4. Super Tetris Logic Puzzle Game

game tetris online 1

Dari namanya juga mungkin sudah tidak asing, karena game ini sangat terkenal dan viral sejak zaman dulu. Mulai dari game bot hingga hp lawas. Nah, bagi yang belum tahu, untuk memainkan game ini cukup dengan menggeser panah di keyboard dan mencocokan bentuk dan warna dan raih poin sebanyak-banyaknya.

Game ini terbukti sangat cocok untuk melatih kemampuan dalam menentukan keputusan secara cepat, logika dan pengenalan bentuk serta warna.

  • Tingkat Kesulitan: Menengah
  • Cocok untuk usia: 7 tahun keatas
  • Kategori: puzzle, klasik

5. Orbital Order

game mengenali planet untuk anak

Ingin anak anda jago mengenali objek di luar angkasa? nah game ini sangat cocok untuk dimainkan. Game ini tentang menjawab pertanyaan sederhana mengenai pengetahuan tentang sistem tata surya. Pertanyaannya cukup bervariasi dan tentunya dalam bahasa inggris agar anak anda lebih pintar dalam mengenali bahasa asing.

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 5 tahun keatas
  • Kategori: quiz, pengetahuan, tata surya, bahasa asing

6. Clarence Scared Silly

game strategi untuk anak agar jadi tidak penakut

Ini merupakan game strategi, tentang suatu tokoh menghadapi ketakutan dalam moment halloween. Kita ditantang untuk mencari sesuatu yang janggal, mengenali jejak, dan melatih keberanian. Cara memainkannya cukup mudah, kita hanya tinggal mengikuti petunjuk permainan yang ada.

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 4 tahun keatas
  • Kategori: strategi, petualangan, horor

7. Counting Money Game

game tentang menghitung mata uang untuk anak agar pandai jual beli

Dan game terakhir ini bercerita tentang uang. Ya menghitung uang. Walaupun simpel, ini dapat melatih anak untuk berkenalan dan belajar tentang mata uang, bagaimana cara bertransaksi jual beli dan lain sebagainya. Terdiri dari tiga level seru yang bisa dimainkan.

  • Tingkat Kesulitan: Menengah
  • Cocok untuk usia: 7 tahun keatas
  • Kategori: matematika, pengetahuan, bahasa asing

Game Anak Perempuan

Jika anda mencari game yang feninim dan cocok untuk anak perempuan, maka saya akan membuat list khusus disini. Game online gratis ini sangat seru dan membuat anak perempuan anda senang dan lebih mengenal jati dirinya. Inilah rekomendasi game yang bisa anda coba.

1. Barbie Dreamhouse Adventures

game untuk anak perempuan barbie bulutangkis

Anak perempuan sangat suka main boneka barbie bukan? nah ini game yang sangat cocok bagi anak perempuan anda. Ini merupakan kumpulan game kecil yang menyenangkan dan tidak membuat gadis kecil anda cepat bosan.

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 5 tahun keatas
  • Kategori: fun, kasual

2. Barbie You Can be a Chef Cooking

game online memasak untuk anak

Selain bermain boneka, biasanya anak perempuan juga suka main masak-masakan. Nah ada juga lho game online memasak yang sangat menyenangkan. Bercerita tentang baebie yang baru membuka restoran dan ingin melatih anak anda dalam melayani dan memasak resep dengan cepat dan sigap!

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 5 tahun keatas
  • Kategori: cooking

3. Frozen Rush

game anak perempuan frozen

Frozen merupakan salah satu karakter disney yang terkenal. Nah film animasi perempuan ini juga tersedia game nya lho, sangat seru. Bercerita tentang game lari dan loncat. Melatih kesigapan dan membuat anak anda masuk dalam petualangan yang seru.

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 4 tahun keatas
  • Kategori: adventure

4. Nick Sunny Day Super Search

game mencari teman untuk perempuan

Game ini seperti game petak umpet, yaitu mencari teman yang sedang bersembunyi dengan waktu yang terbatas. Game ini sangat mudah dan penuh warna, sangat cocok untuk anak perempuan terutama balita ataupun anak TK.

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 3 tahun keatas
  • Kategori: kasual

5. Adventure Time Fiona Fights

game perempuan tentang petualangan

Game tentang petualangan, cara bermainnya cukup mudah kita hanya perlu membersihkan langit dari musuh. Setiap menghabisi musuh maka kita akan mendapatkan energi, jangan sampai energi kehabisan. Kumpulkan permata dan poin sebanyak-banyaknya agar kita bisa upgrade pedang, menggunakan ramuan dan bisa menghadapi musuh yang lebih kuat!

  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Cocok untuk usia: 5 tahun keatas
  • Kategori: petualangan, strategi

Kesimpulan

Itulah beberapa game anak yang sangat direkomendasikan untuk melatih kecerdasan, konsentrasi dan kepekaan. Jika terus dilatih maka otak anak akan lebih cepat berkembang dari anak seusianya. Tentu ini berdampak baik dan bisa mempengaruhi kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Selain itu, jika otak anak terus dilatih dengan tepat menggunakan game, maka anak berpotensi lebih cepat dalam belajar bahasa asing, belajar komputer dan tentunya meningkatkan prestasi akademik.

Semua game yang diulas diatas cocok untuk anak laki-laki, perempuan ataupun remaja. Bahkan, ada beberapa game yang mudah dan sederhana sehingga balita atau anak tk paud pun bisa memainkannya. Tidak hanya untuk anak lho, jika anda bosan pun bisa kok bermain game diatas, asalkan di tempat yang sepi ya haha.

Semua game diatas aman dimainkan oleh anak, namun harus tetap dalam pantauan orang tua ya, jangan sampai berlebihan hingga membuat anak kecanduan dan mengganggu produktivitas dan aktivitas fisik.

Sekian artikel mengenai game untuk anak, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment