5 Cara Update Windows 10 Terbaru

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer terbaru dari Microsoft yang paling banyak digunakan di Dunia saat ini. Microsoft mengatakan tidak ada lagi versi windows 11 atau windows 12. Saat artikel ini ditulis, Windows 10 sudah masuk ke versi 19H2 1909. Windows 10 sendiri terdiri dari beberapa varian, ada Windows 10 Home, Windows 10 Pro dan Enterprise, tidak seperti pendahulunya windows 7 dan windows 8, windows 10 membawa fitur-fitur yang baru yang menawarkan kemudahan, minim bug dan security patch yang lengkap.

Bagi anda yang ingin mencoba, di artikel kali ini mimin akan membagikan cara update windows 10 terbaru. Selain meelalui fitur update otomatis, saya akan membagikan cara update windows 10 secara manual. Hal ini bertujuan agar windows 10 anda stabil dan memperbaiki bug-bug kerusakan yang mungkin anda alami sebelumnya.

Tentu, anda harus mengetahui bagaimana cara update windows 10 yang aman dan benar. Karena jika asal-asalan, maka dapat menyebabkan system crash hingga merusak komponen. Jadi saatnya update windows lama anda, Simak artikel berikut ini…

Cara Update Windows 10 via Windows Update

Cara paling mudah dan paling direkomendasikan oleh Microsoft yaitu Update windows 10 melalui Windows Update. Cara ini sangat mudah tanpa perlu menginstal aplikasi atau software tambahan. Pastikan PC atau Laptop anda telah terhubung ke Internet. Jika sudah anda dapat langsung melakukan update sendiri dengan mudah, berikut adalah caranya…

1. Buka Pengaturan

windows update

Untuk melakukan Update anda dapat mengikuti tahap berikut ini :

  • Masuk ke Settings > Update & Security > Windows Update
  • Kemudian akan muncul daftar update yang bisa anda download dan Instal
  • Jika belum ada, anda bisa menekan Check for Updates

2. Kemudian Restart PC

restart update windows 10

Setelah proses download update selesai, maka tunggu proses instalasi yang akan berjalan secara otomatis. Setelah semuanya selesai, anda dapat merestart PC dengan menekan tombol Restart Now. Hal ini bertujuan agar update terinstal dengan sempurna.

Cara Update Windows 10 menggunakan Media Creation Tools

Jika anda menemukan bug atau update tidak terinstal dengan sempurna karena error, anda dapat mencoba cara kedua yaitu menggunakan tools yang disediakan resmi oleh microsoft yaitu Media Creation Tools. Caranya,

1. Download dan Instal Media Creation Tools di Situs Resmi Microsoft

Anda dapat mendownload Software nya DISINI. Klik download tools now kemudian siapkan media yang akan anda gunakan untuk menyimpan OS. Apakah mau di dalam harddisk atau flashdisk. Setelah download selesai, anda ikuti saya perintah yang muncul, lalu pilih “Upgrade this PC now > Next”. Akan muncul halaman terms and service, klik saya accept.

cara menggunakan windows media creation tools

2. Kemudian Install Update OS yang telah di Download

Buka software media creation tools kemudian ikuti langkah hingga masuk ke menu Ready to Install. Anda tinggal klik Install. Pastikan anda mencentang opsi “Keep personal fils and apps” agar data dan aplikasi anda tidak hilang ketika update selesai.

update windows via media creation tools

Cara Update Windows 10 via Update Assistant

Windows juga menyediakan opsi lain yaitu dengan merilis software Update Assistant agar mempermudah anda update windows 10 dengan mudah. Hal yang harus dipersiapkan yaitu sedikit penyimpanan kosong serta koneksi internet yang cepat dan stabil karena mungkin software akan mendownload update berukuran besar. Caranya yaitu

1. Download Microsoft Update Assistant

Anda dapat mencari software update assistant di internet atau melalui link berikut ini. Setelah itu, anda backup semua data penting untuk berjaga-jaga agar files dan aplikasi penting anda tidak hilang.

2. Jalankan Microsoft Update Assistant

update windows 10 dengan update asistant 1

Setelah semua siap, anda dapat membuka software update assistant, kemudian klik “update now”. lalu tunggu proses download hingga software secara otomatis mengecek kompabilitas dan update yang tersedia. Terakhir, anda tinggal ikuti langkah berikutnya dengan menekan tombol Next kemudian tunggu hingga selesai.

3. Restart Komputer anda

restart update assistant 1

Setelah proses download dan install selesai, anda dapat melakukan restart PC agar update terinstal dengan sempurna. Proses ini akan berjalan secara otomatis, anda membutuhkan waktu beberapa menit hingga proses update berhasil.

Cara Update Windows 10 Manual via Microsoft Update Catalog

Jika anda ingin sedikit berhemat kuota internet, anda dapat menginstal update windows secara manual. Anda cukup mendownload update yang anda butuhkan saja. Cara ini legal dan aman namun anda perlu membaca changelog update untuk mengetahui fungsi dan update apa yang hadir di versi terbaru.

1. Ketahui Update terbaru

Anda harus mengetahui berapa versi windows 10 yang anda gunakan dan update terbaru apa yang bisa anda install. Anda dapat mengetahuinya dengan mengunjungi Micsosoft Update History. Lihat di bagian sisi kiri, ada In This Release, baca dan salin kode update yang ingin anda install. misal KBXXXXX.

mengetahui rincian perubahan update windows 10

2. Cari file Update di Microsoft Update Catalog

Setelah anda menyalin kode update, saatnya anda mencari dan mendownload update nya di Microsoft update catalog. Misalnya saya ingin mendownload update KB4554364. Saya tinggal memasukanya di kolom pencarian kemudian search.

cara download update di Microsoft update catalog

Nanti akan muncul beberapa versi update, Pilih sesuai versi windows anda. Apakah 32 bit (x86) atau 64 bit (x64). Sesuaikan juga versi windows, apakah windows 10 biasa atau windows server.

3. Install Update yang telah Diunduh

Setelah file berhasil di download, anda tinggal cari file tersebut kemudian double klik file yang berformat MSU (Microsoft software update), CAB (Cabinet) atau Sesuai isi file update yang anda terima. Anda dapat update windows 10 offline tanpa perlu koneksi internet.

Cara Update Windows 10 dengan Otomatis

Jika anda tidak ingin ribet untuk update windows secara manual, anda dapat mengatur settingan windows 10 agar update secara otomatis ke versi terbaru. Selain update secara otomatis, anda dapat menentukan jadwal kapan update di download dan di install agar tidak mengganggu jam kerja produktifitas anda. Caranya cukup mudah,

1. Buka Pengaturan Windows Update

Pertama, anda bisa masuk ke Settings > Update & Security > Kemudian klik “Check for Updates. Maka secara otomatis update akan tampil jika tersedia. Update

2. Atur Jadwal Update

update windows 10 secara terjadwal

Anda dapat mengatur jadwal Jam Kerja anda di Active Hours, disini anda juga dapat menyesuaikan pengaturan update di opsi Advanced Option. Pilih update apa saja yang ingin anda terima dan kapan waktunya.

Selain itu anda dapat menunda update sementara selama satu minggu dengan mengklik Pause updates for 7 days.

3. Update Windows 10 Berhasil!

Setelah semua langkah diatas dilakukan, update akan secara otomatis berjalan. Semua cara diatas dapat anda lakukan di semua versi windows di berbagai perangkat mulai dari PC, Laptop bahkan Tablet.

Kesimpulan

Cara diatas work untuk update windows 10 bajakan ataupun original resmi dari microsoft. Jika windows anda bawaan laptop atau komputer, biasanya update akan disesuaikan dengan update OEM yang diberikan oleh masing-masing pabrikan sehingga lebih stabil. Anda dapat mengupdate windows 10 Home, Windows 10 Pro 32 atau 64 bit, Windows 10 Education atau Windows 10 Enterprise dengan mengikuti lima cara diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment