Cara Membedakan Layar LCD Iphone Original dan KW

Banyak orang yang berencana ingin membeli iphone bekas karena harganya di nilai lebih terjangkau dan murah. Namun, namanya brand terkenal tentu memiliki banyak pesaing, banyak dari mereka yang memalsukan produk dengan membuat iphone supercopy, OEM, replika, republish hingga kw. Maka dari itu, kita harus cermat dalam membeli iphone bekas. Nah di artikel kali ini, saya akan membagikan tips cara cek dan membedakan layar lcd iphone ori dan kw.

Advertisement

Perlu anda ketahui, faktanya banyak iphone yang dijual murah karena sparepart atau komponen nya sudah diganti dengan yang OEM atau KW. Hal ini menjadikan experience dan pengalaman menggunakan iphone jadi berkurang.

Kelemahan Layar OEM / KW di Iphone

  • Warna terlihat pias atau keputih-putihan
  • Kontras warna dan dynamic range sangat jelek
  • Boros baterai
  • Mudah rusak atau bergaris
  • Touchscreen tidak responsif
  • Sering input lag ketika digunakan bermain game
  • Sering delay ketika mengetik
  • Kepadatan pixel atau ppi biasanya tidak sebaik original
  • Warna hitam pada layar jadi abu, warna putih jadi sangat kuning
  • Membuat mata jadi cepat lelah dan perih

Dari hal itulah, sebaiknya sebelum anda memutuskan membeli iphone bekas, anda harus hati-hati. Khususnya dalam mengenali LCD Iphone apakah sudah di ganti atau masih original.

Ada beberapa cara untuk membedakan LCD iphone Ori dan KW, di artikel ini saya akan membagikan tips berdasarkan pengalaman saya jual beli iphone bekas. Simak artikel berikut ini…

Cara Cek dan Membedakan Layar LCD Iphone Original atau Tidak

membedakan layar lcd iphone ori dan kw

Sebelum kita masuk ke materi utama, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah yang ada pada Iphone yang sering di gunakan oleh para teknisi atau tukang service. Kita harus paham karena inilah dasar kita untuk menentukan apakah iphone itu masih original atau sudah di otak-atik.

Advertisement

Istilah-istilah di Dunia Service Iphone

Supercopy

HP yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, namun biasanya menggunakan sistem operasi Android yang di custom sehingga mirip iphone. HP jenis ini dibuat hanya untuk gaya saja, bukan untuk digunakan karena biasanya memiliki performa dan spesifikasi yang sangat rendah.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Sebenarnya, istilah ini berarti Aksesoris atau Komponen yang dibuat oleh pabrik yang sama dengan komponen original, namun ditujukan untuk produsen lain. Biasanya memiliki kualitas standarisasi yang beda dari original.

Namun, di kenyataanya istilah ini sering di pelintir oleh sebagian oknum. Mereka menyebut aksesoris seperti charger, kabel lightning, dusbox, earpod dan komponen seperti layar dengan sebutan OEM.

Padahal itu hanya trik untuk mengelabuhi pembeli, dan menggantikan istilah KW. Jadi jika ada orang yang menyebut istilah OEM berarti itu KW! Karena part aksesoris atau sparepart original iphone tidak dijual bebas, hanya dijual oleh distributor resmi, misalnya di indonesia seperti Ibox atau di luar negeri di Apple Store.

Replika

Ini berarti produk yang meniru atau menyerupai aslinya. Bisa dikatakan mirip dengan Supercopy jika dalam istilah smartphone. Ini jelas-jelas barang palsu atau bukan original.

Republish

Istilah ini juga sering di plesetkan oleh para oknum tidak bertanggung jawab. Arti republish sebenarnya yaitu perangkat bekas yang di ambil dari pengguna sebelumnya karena ada kecacatan atau kerusakan, kemudian di perbaiki oleh Apple dan dijual ulang dengan harga yang lebih murah.

Ini dinamakan republish resmi, dan tentu kualitasnya tidak jauh berbeda dengan yang original. Namun perlu di ingat, iphone republish resmi hanya dijual di Apple Store Resmi!

Jadi jika ada orang yang mengatakan ini iphone republish, itu artinya itu iphone rakitan sendiri, bukan dari apple langsung. Bisa jadi itu iphone rusak yang diperbaiki oleh tukang service tidak resmi dengan menggunakan part OEM alias KW kemudian dijual ulang.

Jadi anda harus paham, bedanya Iphone Republish Resmi dan Iphone Republish Tidak Resmi.

KW atau KW Super

Ini singkatan dari kwalitas, intinya ini produk palsu atau bukan original. Banyak sekali jenisnya.

Ada KW grade C, Grade B, Grade A atau sebagainya. Namun, tetap KW itu tidak akan sebagus atau sebaik original, walaupun grade nya AAA sekalipun. Istilah KW Super biasanya identik dengan KW grade tertinggi.

Nah, gimana sudah mengerti? Jika sudah maka kita lanjut ke materi utama. Yaitu membedakan LCD Iphone original dan Palsu (OEM).

Perbedaan Layar LCD Iphone Original dan KW

OriginalKW / Palsu / OEM
Hanya di jual di Service Center Resmi (Ibox atau Apple Store)Yang beredar di pasaran selain Service center resmi dipastikan KW, kecuali LCD copotan
Harganya sangat tinggi, antara 1 – 8 Juta, tergantung Generasi IphoneHarga murah, ratusan ribu sudah dapat
Kabel Fleksibel Lentur dan KuatKabel Fleksibel mudah robek
Kaca dilengkapi Anti Gores KuatKaca Mudah Pecah dan Tergores
Permukaan Kaca atau Layar HalusPermukaan Kaca atau Layar sedikit kesat
Kecerahan Layar (Brightness) tinggiKecerahan layar sedikit redup
Sangat Sensitif dan Responsif ketika di sentuhTidak Responsif dan sering terjadi input lag
Tone warna sedikit kekuning-kuninganTone warna kebiru-biruan dan bias
Fitur Truetone Aktif (Iphone 8 Keatas)Tidak bisa mengaktifkan fitur Truetone
Ada Logo Apple dan Seri pada Kabel FleksibelTidak ada, hanya polos
Warna hitam pada layar pekatWarna hitam jadi abu-abu
Semua fitur layar (Brightness, Truetone, Night shift) bisa di aturKadang brightness tidak bisa di atur dan truetone tidak aktif
Gambar sangat TajamGambar tidak tajam, sedikit agak blur
Saturasi warna baik dan cerahWarna terlihat kusam, keputih-putihan (pias)
Transisi Layar SmoothTransisi layar terlihat patah-patah
Fisik mulus dan rapiFisik banyak tempelan Stiker, Coretan Spidol, Logo atau Cap
Touch nyaman di sentuhSering terjadi Ghost Touch (Layar menyentuh sendiri)
Warna akurat dan mirip aslinyaAkurasi warna buruk

Nah, jika anda belum pernah memegang iphone original, atau tidak memiliki iphone pembanding, tentu akan sedikit kesulitan membedakan LCD Iphone Ori dan Palsu.

Maka dari itu, ada cara alternatif lain selain cek fisik. Yaitu menggunakan software bernama 3utools. Berikut adalah caranya…

Cara Cek Komponen Iphone Original atau KW

Cara paling mudah untuk mengetahui layar iphone original atau kw yaitu dengan menggunakan aplikasi atau software buatan 3u bernama 3utools.

Alat dan Bahan yang harus disiapkan

  • Laptop atau PC berbasis Windows
  • USB / Lightning Port Original
  • Iphone yang akan di cek

Langkah Kerja

  • Pertama, download 3utools
  • Kemudian Instal dan Buka Aplikasinya
  • Colokan Iphone ke Laptop atau Komputer melalui USB
  • Masuk ke tab Info
  • Maka disana akan tampil apakah ada komponen yang diganti atau masih ori
3utools ciri iphone original 1
Ciri Iphone masih Original
Cara Cek Komponen Iphone Original atau KW 1
Ciri Iphone yang sudah tidak original

Jika kondisi masih 100%, maka selamat iphone tersebut masih original dan asli. Jika kurang dari itu, atau ada keterangan may be changed, berarti ada komponen yang sudah di ganti, entah itu baterai, kamera, layar, touch ID atau mainboard.

Perhatikan juga Factory Value dan Read Value. Pastikan serial iphone sama, jika berbeda berarti sudah tidak original atau sudah diganti oleh komponen kw.

Baca Juga : Tips Membeli Iphone Bekas

Terus harus membeli dan mengganti Layar LCD Iphone dimana?

service center iphone resmi 1
Apple Service Center Resmi

Jika misalnya anda mengalami hal buruk pada iphone anda, entah itu Iphone generasi lama seperti Iphone 5, 5s, 6, 6s, atau generasi yang lebih baru seperti 7, 7 plus, 8, 8 plus, iphone X, Xs, Iphone 11, 11 Pro max atau generasi selanjutnya yaitu Iphone 12.

Entah itu iphone terjatuh, layar pecah, lcd blank dan error, muncul garis pada layar, shadow dan sebagainya. Saran saya anda membawanya ke service center resmi, yaitu Ibox atau Apple Store.

Walaupun harganya tinggi, anda akan terjamin mendapatkan part pengganti original. Namun, jika anda tidak mementingkan kualitas dan memiliki budget terbatas, sebaiknya anda mencari LCD copotan.

Walaupun bekas, tapi itu original. Namun, jika budget anda benar-benar terbatas dan tidak menemukan LCD copotan, tidak ada salahnya untuk menganti LCD di tukang service jalanan dan membeli LCD OEM / KW. Pastikan LCD yang anda beli memiliki grade bagus agar kualitasnya tidak terlalu buruk, minimal mirip dengan originalnya terutama masalah sensitifitas layar.

Kesimpulan

Layar LCD Iphone dikenal sebagai salah satu jenis layar terbaik hp yang ada di pasaran saat ini. Dari berbagai generasi iphone, Apple selalu mengenalkan teknologi terbaru pada layarnya. Mulai dari Retina Display, Super Retina Display, Super Retina XDR, dan mungkin di masa depan akan muncul inovasi baru dari Apple.

Pada dasarnya, Apple menggunakan 2 jenis layar. Pada perangkat versi terjangkau biasanya apple menggunakan panel IPS. Sedangkan di perangkat seri tertinggi biasanya menggunakan panel OLED.

Kualitasnya sama-sama bagus, namun jenis layar OLED memiliki kontras layar yang lebih baik serta hemat daya.

Maka dari itu, anda harus cermat membedakan layar lcd iphone original dan kw, agar anda terhindar dari rasa kecewa dan mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan iphone.

Sekian artikel kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

1 thought on “Cara Membedakan Layar LCD Iphone Original dan KW”

Leave a Comment