Cara Ganti Background Aplikasi Zoom di Laptop dan HP

Saat pemerintah mempopulerkan istilah work from home (WFH), maka banyak orang yang beralih memanfaatkan teknologi internet, salah satunya yaitu menggunakan aplikasi zoom sebagai alat video conference. Banyak sekali para pelajar, mahasiswa hingga pebisnis yang memanfaatkanya untuk meeting, belajar online, atau hanya sekedar video call bersama teman.

Advertisement

Selain gratis, aplikasi zoom juga sangat stabil dan mudah digunakan. Kita dapat menginstal aplikasi zoom di berbagai perangkat mulai dari pc, laptop, macbook, tablet hingga hp android dan iphone. Salah satu fitur yang unik dari zoom yaitu Virtual Background, dengan fitur ini, kita akan berubah seakan-akan di tempat lain, misalnya sedang di kantor, di pantai atau di luar angkasa.

Fitur ini bekerja layaknya greenscreen yang membuat background kita berubah sesuai gambar yang di inginkan.

Nah, agar video conference kita tidak membosankan, tidak ada salahnya kita mencoba fitur virtual background di zoom, caranya sangat mudah…

Mengganti Background Zoom di Laptop dan PC

Mengganti Background Zoom
sumber : Youtube – Sheryl Plouffe

Pastikan Komputer anda memenuhi system requrement, jika tidak maka fitur virtual backround tidak akan bisa digunakan.

Advertisement
  • Pertama, buka aplikasi zoom
  • Kemudian klik Pengaturan > Virtual Background di menu sebelah kiri
  • Lalu ubah gambar sesuai yang di inginkan, untuk menambahkan gambar klik tanda + dan pilih gambar yang ingin digunakan.
  • Jika anda memiliki greenscreen atau backround hijau, bisa juga centang I Have a greenscreen.

Mengganti Background Zoom di HP

Perlu diketahui bahwa, hanya beberapa tipe smartphone yang bisa menggunakan fitur ini. Jika smartphone memiliki spesifikasi rendah, biasanya opsi virtual background tidak ada.

  • Pertama, buka menu dengan cara klik tombol titik tiga di kanan layar
  • Lalu klik opsi Virtual Background
  • Kemudian cari gambar yang ingin di jadikan background.

Tips agar Virtual Background Zoom Rapi

image 3
sumber : Youtube – Sheryl Plouffe

Agar proses crop rapi, saya sarankan anda melalukan video conference di ruangan yang memiliki backround polos seperti tembok dengan warna 1 tone. Seperti putih, biru dan yang lebih baik yaitu hijau (greenscreen).

Kesimpulan

Itulah cara mengubah backround aplikasi zoom di versi desktop dan versi mobile. Pada intinya, caranya sama saja, entah itu di perangkat windows, macos, atau android.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

1 thought on “Cara Ganti Background Aplikasi Zoom di Laptop dan HP”

Leave a Comment