Cara Buat Tanda Tangan Digital format Gambar JPG & PNG

Di zaman serba online saat ini, digitalisasi merupakan sebuah hal yang umum dilakukan. Termasuk tanda tangan digital yang saat ini banyak diperlukan untuk melengkapi persyaratan dokumen online. Misalnya seperti pengajuan prakerja, cpns, test seleksi online, hingga melamar pekerjaan (work from home).

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan, yang paling mudah yaitu membuat tanda tangan digital secara online, bisa juga menggunakan scanner, atau yang terbaru yaitu mengubah tanda tangan menjadi barcode/qr code.

Jika tanda tangan sudah dibuat format gambar jpg atau png, selanjutnya kita lebih mudah memasukan tanda tangan ke dokumen misalnya pdf, microsoft word, excel dan media lainya.

Nah, di artikel kali ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat tanda tangan digital mulai dari cara termudah hingga paling advance. Simak artikel berikut ini…

Membuat Tanda Tangan Digital

Ada beberapa cara untuk membuat tanda tangan digital, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa anda coba…

1. Membuat Tanda Tangan Digital secara Online

Cara paling mudah dan cepat membuat tanda tangan digital yaitu menggunakan situs pihak ketiga secara online. Situs ini bisa di akses di perangkat apapun yang mendukung browser, misalnya seperti smartphone, tablet, laptop hingga pc.

Cara kerjanya yaitu, anda cukup menggambar tanda tangan menggunakan mouse, pentab atau touchscreen, kemudian anda download hasilnya dalam format gambar.

Ada beberapa situs yang bisa anda gunakan, antara lain…

Cara Membuat Tanda Tangan Online

  • Pertama, kunjungi salah satu situs pembuat tanda tangan online diatas.
  • Kemudian anda gambar tanda tangan serapi mungkin, jika kurang rapi anda bisa ulangi dengan menekan tombol hapus (clear)
cara membuat tanda tangan digital online
  • Setelah dirasa bagus, klik save.
cara download tanda tangan digital
  • Maka tanda tangan anda akan terdownload secara otomatis dalam format gambar png. Anda bisa dengan mudah memasukanya ke dokumen apapun.

2. Membuat Tanda Tangan Digital di HP Android & iPhone

Sebenarnya, anda bisa membuat tanda tangan di hp menggunakan cara pertama. Namun, ada cara yang lain yang bisa anda gunakan, yaitu menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang bisa anda gunakan antara lain :

Cara Membuat Tanda Tangan di HP

Cara Membuat Tanda Tangan di HP
  • Pertama, download salah satu aplikasi diatas lewat playstore atau appstore
  • Kemudian buka aplikasinya
  • Pilih Create Signature
  • Lalu gambar tanda tangan anda
  • Jika sudah, anda tinggal klik save, dan pilih format gambar png

3. Membuat Tanda Tangan Digital dengan Scanner

Jika anda kesulitan menggambar tanda tangan secara digital (tidak rapi), anda bisa langsung membuat tanda tangan di kertas kosong. Pastikan kertasnya berwarna putih.

Membuat Tanda Tangan Digital dengan Scanner

Setelah itu, anda gunakan scanner untuk membuat tanda tangan anda menjadi berformat digital.

scanner epson

Rata-rata printer modern sudah dilengkapi fitur scanner, misalnya seperti printer epson, canon dan hp. Jika anda tidak memiliki scanner, anda bisa menggunakan aplikasi scanner di hp anda. Cukup menggunakan kamera maka otomatis dokumen akan berubah menjadi format digital.

4. Membuat Tanda Tangan Digital menjadi Barcode atau QR Code

Membuat tanda tangan digital dalam bentuk barcode atau qr code sangatlah mudah. Kita bisa memanfaatkan situs-situs code generator seperti :

Cara Membuat Tanda Tangan Barcode atau QR Code

Cara Membuat Tanda Tangan Barcode atau QR Code
  • Jika tanda tangan bersifat tidak resmi, anda bisa membuatnya dengan salah satu situs diatas.
  • Kemudian isi konten dengan website, email atau vcard. Anda bisa edit tampilan barcode sesuai dengan selera
  • Kemudian download hasilnya

Namun, jika anda membutuhkan tanda tangan digital resmi, anda bisa menyewa layanan qryptal, karena situs tersebut memang realible untuk membuat tanda tangan digital resmi dengan sistem validasi (PDC maupun EDC).

5. Membuat Tanda Tangan Digital di Adobe Photoshop dan Illustrator

Membuat Tanda Tangan Digital di Adobe Photoshop dan Illustrator

Cara terakhir yang bisa anda coba yaitu memanfaatkan software pengolah grafis seperti photoshop, illustrator atau corel draw.

Jika anda ingin membuat tanda tangan berformat bitmap, anda bisa menggunakan photoshop, namun jika ingin berformat vektor anda bisa menggunakan illustrator atau corel.

Bedanya bitmap berbasis pixel sedangkan vektor berbasis hitungan (calculate). Keduanya sama saja, bisa di convert jadi format jpg atau png. Pilih software yang kira-kira mudah saja.

Langkah-langkahnya

  • Buka software yang ingin anda gunakan (photoshop, ai atau corel)
  • Kemudian pilih brush dan sesuaikan ukuran dan brush yang digunakan
  • Lalu gambar tanda tangan, bisa menggunakan mouse. Jika ingin rapi gunakan pentab
  • Kemudian hilangkan background dengan menghapus layer
  • Langkah terakhir yaitu save as png.

Cara Memasukan Tanda Tangan ke Dokumen Digital

Setelah anda berhasil membuat tanda tangan digital (tanda tangan elektronik), maka langkah selanjutnya yaitu memasukan tanda tangan ke dokumen. Entah itu .doc .xls .pdf atau sebagainya.

Nah cara memasukan tanda tangan digital ke dokumen sangatlah mudah.

Cara Memasukan Tanda Tangan ke Dokumen Digital
  • Pertama, buka dokumen dengan software yang sesuai. (Misalnya .docx menggunakan microsoft word, xls menggakan excel dsb)
  • Setelah dokumen terbuka, langkah selanjutnya drag file (tekan klik kanan dan geser) tanda tangan yang berformat png atau jpg ke dalam dokumen
  • Kemudian sesuaikan posisi nya sesuai yang di inginkan
  • Kemudian save dokumen, agar tetap rapi save dalam format .pdf

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk membuat tanda tangan digital yang bisa anda coba. Anda bisa memilih cara yang menurut anda paling mudah dan cepat. Jika sudah memiliki tanda tangan digital, anda tinggal menyimpanya agar suatu saat dibutuhkan, anda tidak perlu membuatnya lagi.

Intinya yaitu, anda menggambar tanda tangan, lalu mengubahnya menjadi format gambar. Setelah itu baru anda masukan ke dokumen yang ingin anda tanda tangani.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin anda tambahkan atau tanyakan anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment