3 Cara Merekam Layar Macbook

Salah satu kelebihan perangkat Apple yaitu kemudahan penggunaanya. Salah satu fitur yang diberikan Apple secara gratis yaitu Aplikasi Screen Recorder. Hampir semua perangkat apple sudah mempunyai perekam layar bawaan mulai dari Iphone, Macbook, Imac hingga Ipad.

Dengan begitu, kita dapat dengan mudah membuat video di macbook mulai dari Video Tutorial, Review Software, Video Presentasi atau Video Demonstrasi untuk menunjang produktifitas sehari-hari.

Ini sangat berguna bagi anda seorang profesional atau youtubers yang biasanya menampilkan layar dalam video yang ditampilkan.

Nah, di artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara merekam layar dan suara di macbook dengan mudah tanpa aplikasi. Simak artikel berikut ini…

3 Cara Rekam Layar dan Suara di Macbook

cara merekam layar macbook 1

Di tutorial ini, saya akan membagikan 3 alternatif cara merekam layar di perangkat yang menggunakan OSX atau MacOS, seperti Macbook, Macbook Air, Macbook Pro dan iMac. Langsung saya, dari cara pertama…

1. Rekam Layar Macbook dengan Quick Time Player

Salah satu aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk merekam layar yaitu Quick Time Player. Bagi anda yang belum support MacOS versi terbaru yaitu mojave dan catalina maka cara pertama ini bisa anda coba.

Cara ini saya sudah coba di Macbook Pro 2012 dengan MacOS versi 10.13.6 (High Sierra). Berikut adalah langkahnya

  • Pertama, buka Quick Time Player
quick time player 1
  • Kemudian, klik menu file > rekaman layar baru
cara merekam layar di macbook jadul 1
  • Anda akan masuk ke mode screen capture. Disini anda dapat mengatur beberapa opsi seperti Microphone dan Opsi Menampilkan Klik Mouse pada rekaman layar.
  • Jika ingin langsung merekam, tinggal klik saya icon record yang berwarna merah
cara merekam layar dengan quick time player 1
  • Setelah anda memilih area layar yang direkam maka anda tinggal melalukan peremakan selama yang anda mau.
  • Jika selesai, anda tinggal menekan icon Stop di kanan atas layar atau menekan Command-Control-Esc (Escape)
berhenti merekam layar quick time 1
  • Kemudian pilih file > simpan dan masukan nama file yang lokasi penyimpanan.

2. Merekam Layar Macbook tanpa Aplikasi

Di versi macOS terbaru, anda dapat melakukan perekaman layar tanpa perlu membuka aplikasi quick time player terlebih dahulu. Caranya hanya menekan tombol shortcut Shift + Command (⌘) + 5.

kombinasi keyboard merekam layar mac 1

Maka secara otomatis akan muncul opsi perekaman layar. Anda dapat mengatur apakah ingin merekam seluruh layar atau sebagian layar. Selain itu anda juga dapat mengatur timer, lokasi penyimpanan, opsi mikrofon, thumbnail, dan klik mouse.

Jika selesai merekam, anda tinggal menekan tombol pause atau tekan Command + Control + Esc (Escape).

3. Merekam Layar Macbook Lama dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk perangkat mac lama yang masih menggunakan MacOS jadul seperti Mountain lion, mavericks, yosemite, el capitan dan sebagainya, mungkin cara diatas tidak bisa dilakukan. Untuk mengakali hal tersebut, kita bisa memanfaatkan software ketiga.

Aplikasi perekam layar terbaik di mac sangatlah banyak. Namun saya merekomendasikan aplikasi berikut :

  • Screen Flow
  • Camtasia
  • OBS Studio
  • Ice cream Screen Recorder
  • Tinytake

Itulah beberapa cara mudah merekam layar laptop apple. Semoga tutorial ini dapat membantu anda merekam layar macbook dengan mudah. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya…

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment