Wifi Lemot? Ini Dia Tips Agar Perangkat Kita Lebih Cepat dari Orang Lain

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai wifi indihome lemot, nah di artikel kali ni saya akan membahas mengenai cara agar hp atau laptop kita lebih cepat dari orang lain yang terhubung ke jaringan wifi yang sama.

Advertisement

Kenapa hal ini perlu dibahas? karena kadang kita kesal ketika dalam suatu jaringan wifi, banyak sekali perangkat orang lain yang terkoneksi, sehingga melebihi kapasitas jaringan dan bandwidth. Dampaknya, perangkat yang terakhir terkoneksi dan tersambung ke wifi, tentu tidak akan secepat yang pertama kali terhubung.

Perangkat yang terakhir biasanya lebih lambat dari yang pertama karena mendapatkan IP yang lebih besar. Seperti yang kita tahu, router atau access point biasa tidak bisa membagi bandwidth kecepatan secara merata. Pasti yang pertama atau terdekatlah yang akan mendapatkan bandwidth yang lebih besar dan cepat. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa hp atau komputer kita lebih lemot dari orang lain…

  • Kita mendapatkan IP address yang besar, misal milik kita 192.168.100.20 sedangkan milik orang lain 192.168.100.10 atau lebih kecil.
  • Teknologi yang digunakan perangkat sudah jadul, atau kalah dengan orang lain. Misal Laptop kita hanya mendukung wifi 4, sedangkan milik teman sudah wifi 6.
  • Jarak antara router dan perangkat lebih jauh dari orang lain
  • Jumlah pengguna wifi melebihi kapasitas
  • Bandwidth internet habis oleh pengguna yang pertama kali terkoneksi ke wifi, entah itu dipakai download, streaming youtube atau bermain game.
  • Wifi terkena FUP atau Limit.
  • Ada yang terhubung menggunakan kabel LAN sehingga pengguna wifi hanya mendapat bandwidth sisa

Nah, jika anda mengalaminya tentu akan merasa kesal bukan? kita iri kenapa teman kita cepat sedangkan perangkat kita lemot atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Ciri kita kalah bandwidth yaitu ketika melakukan speedtest, bandwidth pas-pasan dan indikator ping beserta jitter menampilkan angka besar. Atas alasan itulah, saya ingin berbagi sedikit tips dan trik agar perangkat kita lebih cepat dari milik orang lain, simak artikel berikut ini…

Trik Rahasia Menjadikan Jaringan Wifi HP dan PC lebih cepat dibanding milik orang lain

Ada beberapa cara yang biasanya saya gunakan jika sudah terhubung dalam sebuah jaringan wifi agar lebih cepat dan stabil, antara lain…

Advertisement

1. Ganti IP Address

Banyak yang bertanya, kenapa wifi lemot padahal sinyal full? Perlu diketahui bahwa dalam sebuah jaringan wifi, sinyal bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kecepatan. Ada faktor lain, misalnya seperti jumlah pengguna, teknologi perangkat, bandwidth dan salah satunya yaitu IP Address.

Secara sederhana, router akan membagikan bandwidth dengan skala prioritas. Misal

  • HP iphone agung mendapat ip 192.168.1.3
  • HP samsung tetangga mendapat ip 192.168.1 5
  • HP xiaomi sarah mendapat ip 192.168.1.4

Kira-kira perangkat mana yang berpotensi paling cepat? Jawabanya tentu hp iphone milik agung, karena mendapatkan ip lebih kecil dari yang lainya. Sedangkan tetangga berpotensi mendapatkan kualitas jaringan paling lambat.

Nah, agar kita menjadi yang tercepat dalam sebuah jaringan wifi kita bisa mengganti IP secara manual lho, dalam istilah konfigurasi jaringan yaitu menggunakan static IP. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya…

Mengganti IP Adresss di HP dan PC

Mengganti IP di HP

1. Pertama, cari dulu ip yang masih kosong dan belum digunakan agar tidak terjadi bentrok atau tabrakan. Cari IP address paling kecil. Caranya menggunakan aplikasi bernama Fing.

cara memaksimalkan kecepatan wifi di hp

2. Misalnya, dari contoh diatas, ip kecil yang belum digunakan yaitu 192.168.69.2 sampai 192.168.69.19

3. Kita ambil saya 192.168.69.2, kemudian masuk ke pengaturan > jaringan seluler > wifi (cari sendiri karena setiap merk hp letaknya berbeda)

4. Lupakan(forget) dulu jaringan wifi yang digunakan, kemudian sambungan kembali > masukan password wifi, dan di bagian option, setelan IP > pilih Static jangan DHCP.

cara setting ip wifi di android 1

5. Lalu masukan ip yang dipilih tadi, contoh pengisian IP Static

  • Ip : 192.168.69.2
  • Gateway isi dengan ip dengan ip namun ujung terakhir jadi 1 yaitu 192.168.69.1
  • Panjang gateway isi 24 atau jika subnet mask 255.255.255.0
  • Dan dns masukan 8.8.8.8

dan klik sambungkan.

Selain cara manual, bisa juga dengan aplikasi. Misalnya menggunakan aplikasi bernama WiFi Settings.

Mengganti IP di PC dan Laptop

Untuk komputer, caranya lebih mudah. Kita tinggal masuk ke control panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting

Cara Mengganti IP di PC dan Laptop

Klik kanan pada wifi > properties > Internet protocol Version 4 > pilih Use the following IP Adress. Lalu isi

  • IP Address : 192.168.69.2
  • Subnet Mask : 255.255.255.0
  • Default gateway : 192.168.69.1

Lalu klik OK

Ingat! Sesuaikan IP address sesuai dengan ip yang tampil di aplikasi fing. Settingan diatas hanyalah contoh. Ambil tiga kolom pertama dari kiri, lalu ganti ujungnya

Warning
cara mengetahui ip address wifi

2. Gunakan DNS Tercepat

Cara kedua selain ganti IP address yaitu dengan cara ganti DNS. Banyak sekali DNS yang bisa digunakan, misalnya dns google, cloudflare, open dns dan masih banyak lagi. Saat ini, yang tercepat yaitu cloudflare dns.

Caranya mudah, cukup mendownload aplikasi bernama DNS Changer.

cara mudah ganti dns di hp
  • Pertama, install aplikasinya
  • Kemudian, pilih salah satu DNS yang ingin dipakai > lalu klik connect.
  • Selesai, rasakan perbedaanya!

Untuk mencari DNS tercepat, anda bisa menggunakan menu speed test yang ada di dalam aplikasi.

3. Lebih dekat dengan Access Point

tips cerdas menggunakan wifi

Jika anda duduk di cafe atau di area yang terjangkau wifi, anda sebisa mungkin duduk di posisi yang dekat dengan pemancar wifi (access point). Tentu dengan lebih dekat, sinyal yang diterima lebih kuat.

Ini berpotensi meningkatkan kecepatan internet dari pada anda duduk jauh dari sumber wifi, apalagi jika terhalang oleh dinding atau benda, tentu kualitas jaringanya akan menurun.

4. Gunakan Aplikasi Wifi Booster

aplikasi untuk mempercepat wifi

Pada umumnya, masing-masing produsen ponsel sudah menyematkan teknologi wifi untuk memaksimalkan kecepatan. Namun, tidak ada salahnya anda mencoba aplikasi wifi booster. Ini berguna untuk memaksimalkan jaringan wifi kita.

Ada banyak sekali aplikasi booster dan stabilizer di playstore, pilih saja yang menurut anda paling powerful.

5. Gunakan Aplikasi Netcut

cara blokir pengguna wifi

Jika anda mantan anak warnet, tentu kenal dengan aplikasi ini. Netcut berfungsi sebagai pemotong jaringan milik orang lain. Cara ini sedikit agak jahil namun, jika anda ingin mencoba maka bisa mendowload aplikasi ini. Tersedia untuk PC maupun Android.

6. Block pengguna wifi lain lewat Admin Router

Jika anda pemilik wifi, anda bisa memblokir pengguna. Caranya cukup mudah, anda tinggal masuk ke admin router, kemudian lihat siapa saja yang terhubung dan ingin anda block. Catat alamat ip dan mac addressnya. Lalu masuk ke menu block ip dan mac address, masukan alamat yang telah di catat kemudian save.

Selengkapnya bisa baca artikel tentang cara meningkatkan keamanan wifi.

7. Gunakan Kabel LAN jika memungkinkan

Jika memungkinkan, dari pada anda memakai wifi lebih baik menggunakan kabel LAN. Dengan kabel kecepatan akan lebih tinggi dan stabil. Kini semua perangkat mendukung lan, mulai dari pc, laptop maupun smartphone. Untuk smartphone anda hanya tinggal membeli adaptornya lalu hubungkan dengan kabel lan yang sudah tersambung ke router.

Maka secara instan kecepatan internet anda akan paling tinggi dari pada perangkat lain yang menggunakan jaringan wireless (wifi).

Kesimpulan

Itulah beberapa tips rahasia yang selalu saya praktekan ketika ingin mendapatkan kecepatan wifi yang maksimal. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, tentu internet kita akan lebih cepat di banding orang lain yang terhubung ke jaringan wifi yang sama.

Setiap hp memiliki pengaturan jaringan yang berbeda, misal nokia, samsung, iphone, asus, xiaomi, oppo, vivo, realme dan sebagainya. Namun intinya, cari pengaturan untuk mengganti IP, ganti dns ke dns tercepat, duduk di dekat sumber wifi dan gunakan aplikasi optimizer jaringan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment