Upgrade RAM atau SSD? Jangan Salah Pilih!

Banyak orang mengirim pesan, Bang mending Upgrade RAM atau Ganti Harddisk ke SSD? Pertanyaan itu muncul karena mungkin teman saya ini memiliki budget pas-pasan sehingga baru mampu untuk membeli salah satunya saja.

Advertisement

Agar tidak salah pilih, maka anda harus cermat ketika melakukan upgrade spesifikasi Komputer PC ataupun Laptop. Hal ini agar hasil yang didapatkan maksimal sesuai budget yang dikeluarkan dan tidak ada upgrade yang sia-sia.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu RAM dan SSD beserta pengaruhnya dalam meningkatkan performa komputer. Simak artikel berikut ini…

Mengenal Random Access Memory (RAM)

upgrade ram atau ssd 1

Random access memory atau biasa disebut RAM adalah suatu perangkat keras komputer yang berbentuk modul memory yang berfungsi untuk menyimpan data sementara yang dapat di akses CPU secara acak (random) dengan kecepatan tinggi.

Jadi ketika kita membuka program seperti Aplikasi atau Game, maka data yang di proses akan di simpan sementara di RAM. Semakin banyak program yang di jalankan maka semakin besar RAM yang dibutuhkan.

Advertisement
kenapa muncul peringatan error your computer is low on memory 1

Itulah alasan kenapa komputer atau laptop yang memiliki kapasitas RAM kecil selalu not responding atau crash ketika membuka banyak program yang menguras ram.

kelebihan upgrade ram 1

Keuntungan Upgrade RAM

  • Menambah performa komputer dalam membuka banyak program
  • Mengatasi masalah berkaitan dengan Low memory
  • Meningkatkan kemampuan Multitasking
  • Menghindari bottleneck ketika CPU berjalan cepat namun tidak di imbangi dengan kapasitas RAM yang cukup (hal ini dapat menjadikan komputer lambat)

Mengenal apa itu Solid State Drive (SSD)

upgrade ssd atau ram 1
SSD jenis SATA

Setelah mengenal apa itu RAM, kini kita bahas apa itu Solid State Drive atau biasa di sebut SSD. SSD adalah suatu perangkat penyimpanan data yang menggunakan modul Flash Memory berkecepatan tinggi dengan IC terintegrasi di dalamnya. Berbeda dengan harddisk, SSD tidak memiliki piringan (disk) didalamnya sehingga dinilai lebih tahan goncangan dan lebih cepat.

Karena adanya IC dan sistem memori, maka SSD dinilai lebih cepat hingga 20x lipat dari Harddisk konfensional. SSD sendiri ada beberapa jenis, ada yang paling murah yaitu tipe Sata, kemudian ada tipe socket M.2 Sata ada juga yang tercepat yaitu SSD tipe M.2 NVMe.

perbedaan ssd m2 sata dan nvme

Karena memiliki kecepatan yang tinggi, hampir menyamai kecepatan RAM maka SSD dinilai dapat meningkatkan performa dan responsifitas perangkat komputer. Ketika kita membuka aplikasi atau game, hanya perlu waktu beberapa detik saja.

Semakin cepat SSD yang digunakan maka semakin responsif performa komputer ketika membuka program atau melakukan copy paste data.

harddisk vs ssd
sumber : reddit

Keuntungan menggunakan SSD

  • Menambah performa komputer secara drastis, hingga 4x lipat dari sebelumnya
  • Mempercepat proses buka tutup program
  • Mempercepat booting
  • Meningkatkan kecepatan Copy Paste Data
  • Meningkatkan Kecepatan Render dan Save file

Mending Pilih RAM atau SSD?

RAM vs SSD, itulah pertanyaan utama nya. Menurut saya, itu tergantung kebutuhan anda. Apakah anda butuh komputer yang mampu membuka banyak program atau membutuhkan komputer yang cepat dan responsif.

Jika ingin komputer anda bisa membuka aplikasi atau game banyak secara bersamaan, maka upgrade ram adalah solusinya. Namun, jika anda ingin komputer anda lebih cepat dan responsif maka upgrade ke SSD solusinya.

Banyak orang yang keliru, ketika laptop atau PC mereka lemot dan sering lag, namun yang di upgrade adalah RAM. Sebenarnya tidak salah, ram tetap perlu namun itu tidak akan menambah kecepatan ataupun performa yang signifikan.

Harusnya, jika komputer atau laptop dirasa sudah lamban, maka utamakan untuk upgrade SSD terlebih dahulu, setelah itu baru upgrade RAM.

Pengalaman Upgrade RAM dan SSD

Dari tahun 2011, saya sangat suka sekali merakit atau memodifikasi PC maupun laptop. Dari beberapa pengalaman upgrade, SSD merupakan upgrade yang paling worth it di banding hal lain seperti RAM atau Processor. Jadi biasanya saya melakukan upgrade pertama kali yaitu :

  1. Pertama, ganti Harddisk ke SSD
  2. Kemudian Prosesor
  3. Lalu dilanjut upgrade VGA / GPU
  4. dan yang terakhir baru RAM

Sebenarnya banyak hal lain yang bisa di upgrade seperti Power supply, Motherboard, atau menambahkan Intel Optane. Namun ini merupakan upgrade belakangan yang bisa dilakukan secara opsional.

Upgade di Macbook

Di artikel Review Macbook Pro 2012, mungkin anda pernah melihat macbook yang saya gunakan. Macbook tersebut saya upgrade menjadi SSD + HDD beserta menambah ram menjadi 16 GB. Upgrade SSD menambah performa dan kecepatan macbook hingga 4x lipat dari sebelumnya, sedangkan upgrade ram menjadikan macbook saya dapat membuka beberapa program berat sekaligus.

Jadi kombinasi Upgrade SSD dan RAM merupakan hal yang wajib dilakukan pada setiap laptop atau PC.

Upgrade di PC

Pada tahun 2019, saya merakit PC pure SSD NVMe tanpa Harddisk satupun. Performanya sangat memuaskan. Selain itu, saya meningkatkan ram dari 8 GB menjadi 16 GB, alhasil performa PC saya menjadi maksimal. Untuk booting windows, hanya memerlukan waktu 4 detik mulai dari menekan tombol hingga booting selesai.

Membuka program seperti Google Chrome, Microsoft Word, Steam, hingga Premiere hanya memerlukan waktu kurang dari 2 detik.

Jadi SSD sangatlah berpengaruh dan worth it untuk dibeli.

Kesimpulan

Jadi, jika budget anda terbatas maka upgrade prioritas utama agar performa PC dan Laptop meningkat yaitu mengganti Harddisk dengan SSD. Hal ini dapat mengatasi perangkat komputer anda yang lemot dan sering not responding. Selain mengganti harddisk, anda dapat menggunakan keduanya, jadi anda menggunakan SSD sebagai Boot Drive (DISK C) dan Harddisk sebagai tempat menyimpan data (DISK D).

Setelah anda memiliki budget lebih, baru anda bisa mengupgrade RAM menjadi lebih besar agar performa multitasking meningkat.

Itulah artikel mengenai Upgrade RAM dan SSD. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment