Cara Benar Update Google Chrome PC Versi Terbaru

Anda pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan mesin pencarian satu ini, Google Chrome. Web browser ini merupakan web browser dengan pengguna paling banyak dan paling populer saat ini. Web broser Google Chrome tersedia di perangkat pc maupun hp untuk memudahkan penggunanya berselancar melakukan pencarian. Kabar baiknya, Google Chrome untuk PC sudah menghadirkan versi terbaru yang bisa Anda gunakan. Untuk itu, Anda harus mengupdate ke versi terbaru ini.

Advertisement

Google Chrome Anda sudah Tidak Bekerja Optimal? Itu Tandanya Butuh Update! Ikuti Caranya Berikut Ini

Versi terbaru Google Chrome PC ini tentu menghadirkan berbagai peningkatan, baik dari segi tampilan, fitur hingga keamanan yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk bisa menggunakan fitur-fitur baru yang disediakan tersebut, Anda harus segera melakukan pembaruan.

Browser ini sebenarnya bisa melakukan pembaruan (update) sendiri saat sedang dibuka atau ditutup. Ada beberapa indikator yang menandai proses pembaruan pada Google Chrome ini. Nah, jika indikator pada ikon berwarna orange, maka telah terjadi penundaan pembaruan.

Penundaan update ini biasanya terjadi karena pengguna masih sibuk menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan internet sehingga Chrome akan menunda update secara otomatis. Artinya Anda butuh untuk melakukan update secara manual. Pertanyaannya adalah bagaimana cara melakukan update Google Chrome tersebut? Coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Google Chrome pada PC/Laptop

Langkah pertama untuk melakukan update atau pembaruan Google Chrome PC Anda adalah buka dulu aplikasinya di PC atau laptop Anda. Klik dua kali pada ikon Google Chrome untuk membukanya. Sebelum itu, pastikan juga PC atau laptop Anda tersambung ke koneksi internet.

Advertisement

2. Klik Menu dengan Ikon Titik Tiga

letak menu update google chrome

Setelah masuk ke halaman awal Google Chrome, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk update Google Chrome ini adalah buka Menu. Untuk membuka Menu ini, Anda bisa klik ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan awal Google Chrome.

3. Pilih ‘Help’

Jika sudah, dari Menu ini, Anda akan melihat beragam pilihan atau opsi menu yang disediakan. Untuk melakukan update, gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi ‘Help’ atau ‘Bantuan’. Klik pada opsi tersebut.

Dari opsi tersebut nantinya akan ditampilkan beberapa pilihan. Nah, untuk mengetahui apakah ada update versi terbaru Google Chrome sekaligus memperbaruinya jika ada, pilih pada opsi ‘Tentang Google Chrome’ atau ‘About Google Chrome’.

cara cepat update google chrome

Setelah klik pada menu tersebut, Anda akan otomatis dialihkan ke tampilan pengaturan pembaruan. Jika ada pembaruan terbaru, maka Google Chrome versi terbaru akan otomatis terunduh. Tampilan pengaturan pun akan menampilkan progres unduhan yang sedang dilakukan.

cara cek update terbaru google chrome

Proses mengunduh dan update Google Chrome ke versi terbaru ini biasanya tidak memakan waktu lama, tergantung kecepatan koneksi internet yang Anda gunakan juga. Jika koneksi internet Anda kuat dan stabil, prosesnya bisa berlangsung lebih singkat.

Jika Anda ingin mempercepat proses update Google Chrome ini, selain menggunakan koneksi internet yang kuat dan cepat, ada cara lain yang bisa Anda terapkan. Caranya adalah dengan mematikan background apps yang biasanya juga turut memakan bandwidth. Dengan mematikan background apps ini, Anda juga akan mempercepat proses downloadnya.

Sedangkan jika Google Chrome Anda sudah dalam versi terbaru, kotak tampilan pengaturan yang ditampilkan biasanya hanya akan menampilkan pemberitahuan jika Google Chrome yang Anda gunakan sudah versi terbaru. Hal ini kemudian diikuti dengan tanda centang biru di bagian kiri pemberitahuan. Itu artinya Anda sudah menggunakan Google Chrome versi terbaru.

4. Setelah Update, Cek Kembali

Kembali ke langkah jika Google Chrome Anda belum versi terbaru. Setelah proses mengunduh versi terbarunya selesai, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengeceknya kembali.

Cara mengeceknya sama seperti pada langkah 1-3 sebelumnya. Berhenti jika pada tampilan pengaturan (tahap 3) sudah memberitahukan bahwa Google Chrome yang Anda gunakan sudah versi terbaru.

5. Restart Chrome

Setelah proses mengunduh Google Chrome versi terbaru selesai dan Anda sudah memastikan bahwa Chrome yang Anda gunakan sudah versi terbaru, langkah selanjutnya adalah memulai ulang aplikasinya. Biasanya sebelum proses download atau pembaruan hampir selesai, akan langsung ada pemberitahuan untuk memulai ulang (relaunch) Chrome.

cara restart dan reset google chrome

Untuk bisa melanjutkan proses download, Anda harus klik tombol ‘Relaunch’ yang ada di sebelah tampilan progress download Chrome tadi. Setelah itu, secara otomatis Google Chrome akan menutup sendiri.

Anda tak perlu khawatir jika hal ini terjadi, karena beberapa saat kemudian Google Chrome akan membuka lagi dengan sendirinya dengan tab sama persis seperti yang Anda buka sebelumnya.

6. Update Google Chrome Selesai

Kalau Google Chrome sudah membuka kembali, itu artinya pembaruan untuk versi terbarunya juga sudah selesai. Kini Anda sudah menggunakan Google Chrome terbaru dengan fitur, tampilan dan keamanan yang sudah ditingkatkan.

Update Chrome Gagal

Itu tadi langkah yang benar dan jika proses download sekaligus update Google Chrome Anda berhasil. Masalah yang terjadi selanjutnya adalah bagaimana jika proses download dan update Google Chrome ini gagal?

Anda tidak perlu panik jika update Google Chrome gagal atau error. Ini hanya satu masalah kecil yang bisa terjadi saat mengupdate Google Chrome ke versi terbaru. Kalau update yang Anda lakukan error, Anda cukup meluncurkan lagi, atau membuka kembali Google Chrome dan ulangi langkah update seperti yang dijelaskan di atas.

Kalau masih belum berhasil, caranya Anda harus uninstall dulu Google Chrome dari laptop atau PC Anda. Setelah itu, download lagi Google Chrome di situs resminya. Kali ini, jika Anda mengunduh ulang Google Chrome dari situs aslinya, Anda secara otomatis akan mendapatkan versi paling baru. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan proses update. Jangan lupa, setelah mengunduh Google Chrome versi terbaru ini langsung lakukan installasi.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Chrome akan melakukan update secara otomatis apabila ada versi baru yang tersedia. Kalau ditanya berapa kali Google Chrome akan melakukan pembaruan, jawabannya tergantung. Ini karena Chrome sendiri memiliki 2 tipe pembaruan yang pasti dilakukan.

1. Update Minor

Jenis pembaruan atau update ini adalah update yang dilakukan oleh Chrome setiap minggu. Karena itu, jangan heran jika setiap minggu Anda akan mendapati ada sedikit perbedaan pada Chrome yang Anda gunakan.

2. Update Mayor

Sebaliknya, jenis pembaruan mayor ini adalah jenis update yang berskala besar. Pembaruannya tidak dilakukan setiap minggu sebagaimana update minor melainkan setiap beberapa bulan sekali.

Itu tadi adalah penjelasan singkat dan jelas bagaimana mengupdate Google Chrome untuk PC ke versi terbaru. Jangan remehkan proses update ini karena tidak hanya memberikan tambahan fitur-fitur terbaru dan tampilannya saja, namun juga meningkatkan keamanan sistem Anda saat menggunakan Google Chrome untuk berselancar. Karena itu, penjelasan bagaimana update Google Chrome ini harus dipahami betul.

Share jika suka!

Leave a Comment