Ukuran Foto & Video Terbaik yang Pas untuk Di Upload di Instagram

Masih bertanya-tanya ukuran Foto dan Video Terbaik yang disarankan Instagram? Ternyata, instagram telah mempunyai format ukuran pas dan direkomendasikan lho. Mimin sering kali melihat foto profesional yang bagus dengan kualitas terbaik di Instagram. Tentu mereka tidak sembarang upload, mereka pasti mengikuti guide instagram dalam mengupload.

Apakah Anda Juga Ingin Tahu? Simak artikel lengkapnya…

Ukuran Foto dan Video Terbaik yang Pas untuk Di Upload di Instagram

Kira-kira apa rahasianya? Ternyata rahasia foto yang bagus di instagram yaitu ukuran dan dimensi dari sebuah foto dan video. Anda harus memilih foto atau video dengan ukuran piksel yang sesuai dengan guide atau ketentuan yang telah disarankan oleh instagram.

Ukuran Foto & Video Terbaik yang Pas untuk Di Upload di Instagram
Source : https://medium.com/

Kita semua sudah tahu bahwa beranda instagram awalnya berbentuk persegi, begitupun pada tampilan preview ketika upload konten. Artinya kita harus menggunakan ukuran yang pas, ukuran yang disarankan yaitu 1200 x1200 piksel.

Bagaimana dengan video? Anda bisa mengupload video dengan ukuran 1200 x 900.

Berikut detail lengkapnya :

  • Ukuran Persegi : 1080 x 1080 px atau lebih (maksimal 2048 x2048 px)
  • Ukuran Landscape : 1080 x 566 px 
  • Ukuran Potrait : 1080 x 1350 px
  • Ukuran Video : 640 x 640 px atau lebih
  • Ukuran Video Landscape 1200 x 900
  • Ukuran Video Instagram Stories (snapgram) : 750 x 1334 px
Ukuran tersebut adalah ukuran referensi dari instagram, anda bisa mengikutinya.

Saya sarankan untuk tetap menggunakan photo kualitas HD dengan ukuran seperti diatas, hal ini agar kualitas foto maksimal, tidak blur dan terpotong (crop). Dengan begitu gambar anda akan terlibat pas, keren, menarik bagi pengguna lain sehingga anda mendapatkan like dan komentar lebih banyak.

Hal ini merupakan salah satu trik memperbanyak like dan followers instagram yang sering digunakan oleh selebgram, artis hingga tokoh terkenal lho.

Sekian Artikel mengenai Ukuran Foto & Video Terbaik yang Pas untuk di Upload di Instagram. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Saya merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

2 thoughts on “Ukuran Foto & Video Terbaik yang Pas untuk Di Upload di Instagram”

  1. Bang, kalau pixelnya bertambah maka biterate atau ukurannya juga tambah besar. Apakah akan mempengaruhi kecepatan loading jika terjadi saat menonton video di instagram?
    Ditunggu jawabannya ya Bang

    Reply

Leave a Comment