7 Trik Mudah Mengakses Google Maps Saat di Perjalanan

Google Maps membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Bagi kamu yang sering buta arah kini tak perlu khawatir lagi karena tinggal akses saja aplikasi ini. Ada begitu banyak fitur yang dihadirkannya dan bukan sekedar peta digital saja.

Aplikasi ini bisa menyimpan destinasi kamu, alamat rumah, kantor dan tempat-tempat lainnya. Jika kamu butuh alamat sebuah restoran atau referensi tempat nongkrong yang enak semuanya sudah tersedia.

Tapi apakah kamu sudah efektif menggunakan Google Maps selama ini? Bagaimana cara kamu menggunakannya ketika sedang dalam perjalanan luar atau dalam kota?

Bagi kamu yang sering bepergian dan ingin menggunakan Google Maps, ikuti trik ini, seperti dikutip dari web Kubik Tekno.

7 Trik Menggunakan Google Maps Lebih Efektif

Tak banyak yang mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Maps secara optimal. Sebagian besar orang hanya menggunakannya untuk mengetahui rute jalan yang dilalui sesuai dengan destinasi yang dipilih.

Padahal Google Maps menawarkan segudang fitur yang akan membantu perjalanan kamu menjadi lebih praktis. Ikuti tujuh triknya berikut ini.

1. Mengecek Detail Lokasi Tujuan

Hal pertama yang memudahkanmu untuk tahu persis lokasi tujuan adalah dengan mengenali detailnya. Google Maps mengulas semua lokasi dengan detail, mulai dari review, foto, jam ramai, jam buka dan tutup dan informasi lengkap lainnya.

Kamu hanya perlu mengetik alamat tujuan kemudian membaca detailnya. Jadi jika kamu ingin ke tempat wisata tertentu bisa langsung mengetahui seperti apa lokasinya. Setibanya di lokasi, jangan lupa juga untuk membagikan pengalamanmu pada fitur review.

2. Mengecek Alat Transportasi

Kalau yang satu ini memudahkan kamu untuk tahu jenis transportasi apa yang bisa dinaiki untuk menuju ke lokasi. Jadi jika kamu ingin menjadi backpacker, Google Maps akan sangat membantu. Bukan masalah jika kamu pergi ke daerah yang benar-benar asing.

Cukup dengan mengetik tujuan dan juga lokasi kamu sekarang. Kemudian pilih ikon bus, kereta atau bahkan berjalan kaki. Kamu bisa tahu moda transportasi apa dan berapa jarak tempuhnya. Jadi kamu nggak akan kebingungan lagi deh.

3. Menggunakan Maps secara Offline

Berada di atas gunung yang tidak memiliki akses internet? Kamu tetap bisa menggunakan Google Maps untuk mengetahui arah. Tanpa adanya internet kamu bisa tetap mengaksesnya hanya dengan memasukan alamat tujuan saja.

Jika peta sudah selesai dibuat, kamu tinggal mengunduhnya saja. Setelah diunduh peta offline sudah siap digunakan. Cara ini juga bisa lho untuk membuat kamu yang mungkin saja kehabisan kuota untuk tetap sampai di tujuan.

 4. Menentukan Detail Rute Perjalanan

Trik yang selanjutnya, kamu bisa dengan mudah untuk menentukan detail perjalanan menggunakan Maps. Mulai dan berhenti di pompa bensin atau bahkan ke restoran. Kamu bisa menentukan beberapa titik tujuan untuk dilalui.

Caranya cukup dengan memasukan tujuan pertama setelah itu tekan ikon titik tiga di kanan atas dan pilih tambah berhenti. Kamu tinggal menambahkan saja pemberhentian mana saja yang hendak dilalui. Dengan begitu kamu tak akan ketinggalan satu destinasi.

5. Mencari Tempat Parkir

Apakah kamu sering kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir saat berada di kota wisata atau tempat ramai lainnya. Belum lagi jalan yang searah membuat kamu mungkin harus berputar lebih jauh lagi. Google Maps menyediakan layanan untuk mencari tempat parkir dengan mudah.

Kamu hanya tinggal memasukan lokasi dan pilih arahkan, tinggal pilih ikon P yang ada di sebelah estimasi waktu. Kamu tinggal mencari tempat parkir yang berwarna biru artinya kosong. Sedangkan warna merah untuk parkir yang dibatasi.

6. Mengecek Kondisi Lalu Lintas

Malas menghadapi macet? Kamu bisa menggunakan Google Maps. Caranya adalah dengan memilih tampilan lalu lintas yang ada di bagian kanan atas. Kamu bisa tahu area mana saja yang mengalami kemacetan untuk dihindari.

7. Memberikan Perintah Suara

Saat sedang sibuk menyetir kamu harus memanfaatkan perintah suara sehingga bisa tahu ke mana arah yang harus ditempuh. Tinggal menekan ikon mic yang ada pada layar maka fitur sudah aktif.

Masih ingin tahu tentang fitur Google Maps lainnya atau tak ingin ketinggalan soal informasi teknologi terbaru?

Baca artikel menarik Kami sekarang untuk dapatkan informasi terbarunya. Kamu juga bisa mencari berbagai tutorial untuk menggunakan perangkat lunak.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment