[Works] Tips Viral di Instagram Reels Hingga Jutaan View

Banyak dari kita yang mungkin baru sadar bahwa akhir-akhir ini menu bagian tengah instagram kita berubah. Dari yang awalnya berfungsi untuk menambahkan foto dan video baru, kini berubah menjadi Instagram Reels yang berisi kumpulan video pendek mirip dengan TikTok.

Apa itu Instagram Reels?

Apa itu instagram reels

Instagram Reels adalah salah satu fitur instagram yang memudahkan pengguna untuk membuat dan menemukan video pendek sebagai sarana hiburan baru dengan durasi 15 hingga 30 detik. Pengguna bisa melakukan rekam dan editing dengan menambahkan suara, efek, timer, speed dan tools editing kreatif lainnya.

Tidak hanya untuk di post di menu reels, video yang kita buat juga bisa di post di story. Tentu ini akan memudahkan kita untuk menyalurkan kreativitas dengan membuat konten lebih leluasa.

Bagaimana Cara Membuat Instagram Reels Viral?

Di Indonesia, fitur ini langsung viral dan hampir setiap orang menggunakannya. Entah itu membuat foto dengan lagu yang mengandung lirik, share informasi unik, membagikan konten hiburan dan sebagainya.

Saya pun termasuk orang yang mencobanya, dan kerennya ternyata walaupun hanya baru sekali mencoba, video saya di tonton lebih dari seribu orang dengan waktu kurang dari 10 menit. Luar biasa bukan?

Padahal followers saya hanya 400, sangat sedikit karena saya hanya berinteraksi dengan orang-orang terdekat saja.

Lantas bagaimana tips agar video reels kita mendapatkan engage yang tinggi sehingga dilihat oleh banyak orang? Berikut saya akan bagikan tips nya…

1. Riset Hashtag Viral

Hashtag merupakan salah satu trik yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten reels kita cepat viral. Hashtag membantu algoritma instagram dalam mengenali jenis dan niche video yang kita buat sehingga dapat langsung menjangkau orang-orang tertarget.

Namun, dalam penggunaan hashtag tidak sembarangan, kita jangan asal ambil hashtag yang banyak digunakan, karena jika konten kita baru, tentu akan kalah dengan akun-akun besar. Carilah hashtag viral yang pas dan sedang trending.

Caranya bisa menggunakan bantuan situs-situs riset hashtag seperti

Dan masih banyak lagi situs lainnya, cari saja di google “hashtag research instagram”, maka akan muncul situs-situs untuk menemukan hastag terbaik.

Cara Riset Hashtag Reels Instagram

cara riset hashtag instagram reels
  • Pertama, buka situs riset diatas, misalnya saya memakai keyword tools.
  • Kemudian pilih bahasa indonesia atau inggris (tergantung konten yang kita buat)
  • Lalu ketikkan keyword sesuai dengan tema konten, misal saya konten tentang “keyboard”
  • Maka akan muncul saran-saran keyword, pilih keyword yang tidak terlalu banyak digunakan namun sedang hangat atau trending
  • Gunakan jangan terlalu banyak hashtag cukup 3 sampai 5 saja

Cukup mudah bukan?

Silahkan coba situs-situs lainnya juga ya…

2. Gunakan Sound Viral

Sebenarnya, algoritma instagram reels ini sangat mirip dengan tiktok, yaitu menggunakan algoritma yang berhubungan dengan sound yang digunakan. Ini terbukti dari pengalaman saya menggunakan sound baru dengan jumlah pengguna sedikit (di bawah 20 post).

list lagu instagram reels

Dan sejak saya membuat konten, boom!

Video saya langsung dilihat ribuan orang hanya dalam beberapa menit saja. Jadi jika ingin cepat viral dalam waktu cepat, kita harus pintar mencari lagu atau song yang sedang hangat dan kemungkinan akan viral di kemudian hari.

Caranya?

  • Sering nonton instagram reels, setiap video yang anda lihat cek lagu yang digunakan dan berapa yang menggunakannya
  • Sering lihat reels teman
  • Ikuti trend di media sosial lain, seperti TikTok
  • Sering mencoba dan iseng membuat video

3. Tambahkan Efek Unik dan Kreatif

efek unik instagram reels

Salah satu keunggulan dari reels yaitu kita bisa menggunakan efek-efek unik dan kreatif yang sudah banyak disediakan oleh Instagram maupun di buat oleh para kreator.

Sama seperti perihal lagu, efek juga bisa mengangkat engage video kita, apalagi efek yang digunakan masih sedikit pengguna dan ternyata efek tersebut sedang viral. Jadi, cobalah efek-efek trending yang sering anda lihat di beranda reels.

4. Pastikan di Awal Video Menampilkan Bagian yang Menarik

Dari zaman dahulu, instagram telah mengaplikasikan algoritma perilaku pengguna. Secara sederhana, ketika video kamu banyak di tonton dan user banyak berlama-lama di video (durasi tonton tinggi), maka video kamu berpeluang viral dan menjangkau banyak pengguna.

Tentu caranya yaitu dengan menampilkan hal menarik di awal. Ini juga akan menjadi thumbnail (gambar video) nantinya ketika video kamu muncul di explore. Jadi pastikan awalan video menampilkan bagian yang mengundang penasaran.

5. Share juga ke Story

Jika kamu memiliki ribuan atau bahkan jutaan followers, jangan lupa share juga video reels mu ke story, ini akan membantu meningkatkan view awal sebagai pondasi agar video mu dilihat oleh sistem merupakan video yang menarik.

6. Video Harus Original dan Berkualitas

Instagram sangat ketat memberlakukan hak cipta dan kekayaan intelektual. Maka dari itu hindari kegiatan reupload atau mengedit video di luar aplikasi instagram, apalagi di aplikasi kompetitornya yaitu tiktok.

Jangankan viral, yang ada akun kamu akan kena pelanggaran. Jadi buatlah konten yang original, jangan kata logo atau merek (watermark). Selain itu, pastikan video jelas dan tajam, perhatikan pencahayaan.

7. 3 Detik Pertama Harus Menarik dan Mengundang Penasaran

Bagaimana sih biar engage maksimal? trik dari ilmu video periklanan yaitu buatlah 3 detik pertama menarik dan mengundang penasaran. Jika dalam 3 detik tidak menarik, user akan langsung skip dan scroll ke konten selanjutnya.

Bagaimana cara membuat 3 detik awal menarik?

  • Tampilkan sesuatu yang misterius dan mengundang penasaran
  • Tampilkan hal unik
  • Gunakan sound aneh
  • Gunakan dubbing suara to the point
  • Gunakan transisi yang cepat

Nah itulah tips dan trik agar konten instagram kamu viral dan banyak dilihat orang lain. Tentu semakin diminati video kamu maka semakin besar konten tersebut viral, walaupun itu di post di akun baru.

Jika berhasil viral, atau di tiktok istilahnya #fyp, maka manfaatkan moment ini untuk terus upload konten sehingga followers dan view meningkat. Semakin aktif kamu di instagram, maka engagement akun akan terus meningkat.

Jika engagement ini sudah kuat, posting apapun akan mudah viral dan banyak like, tidak percaya? lihat saja akun akun besar, bahkan tanpa hashtag pun bisa masuk explore dengan cepat bukan?

Selain beberapa tips diatas, pastikan kamu membuat konten yang spesifik dan bertema. Berikut adalah inspirasi konten untuk instagram reels.

Inspirasi Niche Konten Instagram Reels

Agar video mu banyak dilihat dan disukai orang, maka kamu jangan sembarangan membuat video yang gak jelas. Cobalah buat konten-konten dengan tema berikut:

  • Tips Edukasi
  • Tutorial atau DIY
  • Kuliner dan Resep Makanan
  • Kecantikan dan Makeup
  • Cerita Pendek ber Part
  • Behind the Scenes
  • Travelling
  • Seni atau Pengkaryaan
  • Pamer
  • Product Showcase
  • Review
  • Membuat Tantangan

Kesimpulan

Itulah tips singkat berdasarkan pengalaman saya membuat sebuah konten instagram reels cepat viral dan banyak dilihat user. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya….

Share jika suka!

Leave a Comment