7 Strategi Digital Marketing yang Murah dan Efektif

Sejak ditemukannya internet, hampir seluruh bidang berkembang dengan pesat ke arah yang lebih baik. Salah satunya yaitu dunia pemasaran. Kini kegiatan marketing bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari pemilik bisnis mikro, kecil, menengah hingga besar. Salah satu jenis pemasaran yang sedang trend yaitu pemasaran digital melalui media online, atau biasa disebut dengan digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran suatu produk atau layanan yang memanfaatkan media digital dan internet. Sebagian orang juga menyebutnya dengan e-marketing. Orang yang melakukan kegiatan promosi menggunakan media digital dan internet disebut Digital Marketer atau Imers.

Digital marketing banyak sekali jenisnya. Ada yang memanfaatkan organic marketing (gratis) ada pula yang menggunakan paid marketing (berbayar lewat iklan).

Contoh digital marketing organik misalnya seperti search engine optimization (SEO), Social media marketing organic, serta pemanfaatan database seperti email marketing dan telemarketing.

Sedangkan digital marketing berbayar misalnya seperti Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads dan sebagainya.

Apa itu Strategi Digital Marketing?

Strategi digital marketing ialah proses pendekatan keseluruhan berkaitan dengan penemuan gagasan, perencanaan, dan eksekusi yang akan diambil dalam memasarkan suatu produk atau layanan melalui media digital.

7 Strategi Pemasaran Produk secara Digital

Nah, ada beberapa strategi pemasaran produk secara digital yang memiliki efisiensi baik sehingga lebih murah dan efektif bagi pemula yang baru terjun ke dunia online. Antara lain sebagai berikut

1. Memanfaatkan Database

Strategi paling ampuh dan murah untuk memulai memasarkan produk secara digital yaitu dengan memanfaatkan database yang sudah dimiliki. Pasti semua orang sudah memiliki database, namun mungkin belum banyak. Misalnya seperti

  • Nomor HP
  • Daftar kenalan
  • Email
  • Teman Facebook
  • Followers Instagram / Tiktok
  • Subscriber
  • Dan lain sebagainya

Nah, jika sudah memiliki data-data tersebut, kita tinggal memanfaatkanya dengan cara membuat copywriting jualan kemudian menawarkannya satu-satu kepada database yang kita miliki. Agar closing rate tinggi, terapkan juga teknik closing agar jualan nya makin laris.

Bagaimana jika database masih sedikit?

Rajin-rajinlah setiap hari menambah kontak, masuk ke berbagai forum dan grup, menambah teman baru dan aktif di semua channel marketing.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Hampir setiap individu saat ini setidaknya memiliki satu akun media sosial. Mungkin termasuk Anda. Nah, manfaatkan media sosial ini untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Memanfaatkan media sosial untuk berjualan cukuplah mudah.

Kita hanya tinggal fokus menambah jaringan, rajin berinteraksi, posting promosi serta membangun kepercayaan. Selain itu, banyak sekali fitur media sosial untuk menunjang kegiatan pemasaran produk, contohnya seperti Instagram Shop dan Facebook Marketplace.

3. Kerjasama dengan Influencer

Jika anda ingin instan dan cepat untuk mendatangkan calon customer, bisa dengan cara berkerjasama dengan para influencer yang satu niche dengan bisnis atau usaha yang anda jalani. Pemasaran produk melalui influencer masih cukup efektif, terutama pada influencer yang memiliki fans base yang kuat.

Strateginya bisa melalui posting di feed, review produk, bagi-bagi hadiah ataupun merekrutnya menjadi brand ambassador. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa influencer, pastikan anda sudah menyiapkan akun media sosial yang matang, alamat website ataupun sistem order yang jelas untuk menangani lonjakan pembeli yang bisa datang tiba-tiba.

4. Program Giveaway

Agar orang aware dan mengetahui brand atau usaha yang anda jalani, melakukan program giveaway dapat membantu mendatangkan orang-orang secara cepat dan viral.

Strategi pemasaran ini sering dilakukan oleh brand besar maupun kecil, karena terbukti efektif mendatangkan traffic, mengumpulkan database hingga meningkatkan jumlah pengikut di media sosial.

5. Membangun Personal Branding

Jika anda memiliki keahlian atau spesialisasi yang unik, anda bisa menggunakan personal branding untuk menarik minat calon konsumen. Banyak sekali tokoh digital marketing yang sukses melalui personal branding.

6. Memanfaatkan SEO

Banyak sekali orang yang mencari produk melalui mesin pencari di internet, misalnya google. Dengan menampilkan produk di mesin pencari, maka berpeluang akan mendatangkan penjualan yang sangat besar.

Kegiatan untuk mengusahakan suatu situs tampil di mesin pencari paling atas dinamakan SEO. Bagi anda yang memiliki toko offline, bisa juga memanfaatkan local SEO seperti mendaftarkan usaha di Google Business. Nanti, usaha anda akan muncul di pencarian ataupun google maps.

7. Beriklan

Beriklan merupakan cara terakhir yang terbukti efektif dan instan jika dilakukan dengan profesional. Anda bisa memanfaatkan google ads ataupun facebook ads untuk mengiklankan produk secara online.

Beriklan secara online terbukti lebih efektif karena kita bisa dengan leluasa mengatur target market dan biaya yang ingin dikeluarkan. Tentu ini lebih efisien dan hemat jika dibandingkan beriklan di media konvensional seperti koran, televisi ataupun majalah. Saat ini juga banyak sekali agensi yang menawarkan jasa digital marketing yang kompetitif.

Akhir Kata

Itulah artikel lengkap mengenai strategi pemasaran produk digital, dengan adanya media online kini siapapun bisa memasarkan produk secara mudah, murah, cepat dan efisien. Kuncinya ada pada kecermatan pemilik bisnis dalam melihat market dan memilih media pemasaran produk yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment