Review Vortex Series VX7, Mechanical Keyboard RGB Murah Terbaik!

Saat ini keyboard mechanical sedang trend dan digunakan oleh para PC Enthusiast di seluruh dunia. Selain Gamers, Orang rumahan atau bahkan kantoran pun kini ikut menggunakan mechanical keyboard karena dinilai lebih estetis, awet, memiliki bunyi khas serta mendukung berbagai macam kebutuhan.

Salah satu mechanical keyboard murah terbaik di harganya yaitu Vortex Series VX7. Keyboard mekanik ini terbagi menjadi beberapa versi switch. Ada yang menggunakan switch outemu ada juga yang menggunakan switch Cherry MX.

Dari kedua versi tersebut, kita dapat memilih warna switch sesuai dengan selera kita. Tersedia 3 pilihan switch yaitu Blue, Red dan Brown.

Nah, kali ini saya berkesempatan mereview keyboard vortex series vx7 versi switch outemu blue secara langsung. Apakah Mechanical Keyboard RGB murah ini layak untuk dibeli? Simak artikel berikut ini…

Review Vortex Series VX7

Review Vortex Series VX7 Mechanical Keyboard RGB Murah Terbaik

Dalam review kali ini, mimin akan memberikan ulasan dari berbagai aspek, mulai dari Design, Build Quality, Fitur, Spesifikasi serta Kelebihan dan Kekuranganya. Tidak banyak basa-basi langsung saja ke artikel utama…

Unboxing

unboxing vortex series vx7 outemu 2

Dalam paket penjualanya, terdapat :

  • Keyboard
  • Keycap Puller
  • Switch Puller
  • Kertas Panduan
  • Buku Garansi

Kesan yang saya dapatkan ketika unboxing vortex vx7, rasanya biasa saja. Tidak ada sesuatu yang wah, misalnya seperti box kedua, switch cadangan, buku yang tebal atau stiker. Mungkin karena harganya yang sangat murah, menjadikan kemasanya seadanya saja. Namun, menurut saya, ini sudah cukup untuk sebuah keyboard mekanik murah.

Design

Keyboard ini berukuran Ten Key Less (TKL) yang memiliki style flying button dengan lampu RGB di setiap switch nya. Total semua tombol ada 87 buah yang masing-masing switch nya bisa kita lepas dan ganti dengan switch warna lain (removeable switch).

Sedangkan, untuk body nya sendiri. Masih terbuat dari plastik, mulai dari back panel hingga keseluruhan body sampingnya. Namun, untuk bagian top panel, sepertinya vortex series yang saya beli, menggunakan bahan metal karena ketika saya menyentuhnya terasa ada sedikit getaran listrik.

vortex series vx7 white outemu

Kenapa saya hingga memastikan dengan merasakan tegangan listriknya? Karena dari beberapa sumber yang saya baca, ada yang mengatakan bahwa top panelnya masih berbahan plastik, namun tentu saya tidak dapat memastikan di versi yang menggunakan switch cerry mx dan versi yang pertama (yang masih terdapat logo vortex series di tombol escape dan diatas tombol arrow).

Dari keseluruhan, desain keyboard ini memang menggunakan konsep mainstream layaknya mechanical keyboard lain. Yaitu minimalis, compact dan menggunakan floating key.

Namun, kesan minimalis tersebut sedikit terganggu dengan jenis font yang digunakan yang menurut saya terlalu gaming. Mungkin, jika menggunakan font minimalis (seperti pada versi cerry mx) akan terlihat lebih elegan dan menawan.

Selain itu, menurut saya hal mengganggu lainya yang tedapat pada keyboard ini yaitu keycap yang tidak rata pada setiap tombol. Ada yang tinggi ada juga yang rendah. Tentu hal ini sedikit merusak estetika dari keyboard vortex series vx7.

Semua kekurangan itu tertutupi dengan hadirnya LED RGB yang menambah ketampanan dari keyboard ini.

Build Quality

Keyboard ini, menggunakan kombinasi perpaduan antara plastik dan metal. Tapi, saya tidak mendapatkan informasi bahan apa yang digunakan pada kemasan ataupun website resmi. Namun tentu, plastik yang digunakan pada body sangat kokoh dan solid. Beda dengan kualitas plastik pada keyboard dibawah 100 ribuan.

varian tipe vortex series vs switch 3

Selain itu, penggunakan metal pada top panel membuat keyboard ini terasa lebih premium. Walau saat ini hampir setiap keyboard sudah menggunakan metal dan mungkin sudah menjadi sebuah keharusan sebuah keyboard mechanical gaming.

vortex series vx7 gold plate usb

Namun, yang membuat saya sedikit kecewa yaitu kualitas keycap nya yang menurut saya seadanya. Plastik yang digunakan tidak sebagus keyboard mechanical pada umumnya. Bekas pemotongan kadang terlihat serta ketika saya goyang-goyang masing-masing keycap, switch tidak sekokoh keyboard mechanic premium.

unboxing vortex series vx7

Tentu hal ini wajar mengingat harga yang ditawarkan juga lebih rendah. Namun, alangkah baiknya jika vortex memperbaiki kualitas keseluruhan di versi yang akan mendatang. Mungkin vortex series bisa bersaing dan menjadi salah satu vendor mechanical keyboard terbaik di Indonesia.

Fitur

Walaupun keyboard ini bermain di segmen mainstream, ternyata vortex tetap memberikan beberapa fitur unggulan yang sangat berguna seperti :

Programmable RGB

Salah satu keunggulan utama keyboard ini yaitu sudah mendukung RGB LED hingga 16,8 juta warna. Berbeda dengan kebanyakan keyboard mudah lainya yang biasanya hanya mendukung LED Color static.

software vortex series untuk mengatur led keybaord

Selain itu, anda dapat dengan mudah memilih effect rgb dan mengatur warna lewat software khusus bernama Vortex Series VX7 yang bisa anda download di website resmi vortex. Selain mengatur efek dan warna, anda juga dapat mengatur tingkat kecerahan hingga 4 level.

N-Key Rollover

Keyboard gaming tentunya harus mendukung fitur N-Key Rollover. Fitur ini memungkinkan kita menekan tombol bersamaan, mirip seperti fungsi multitouch di smartphone.

12 Multimedia Shortcuts

Selain dukungan n-key rollover dan macro, anda juga dapat menggunakan multimedia shortcut yang bisa anda lihat pada product instructions. Anda dapat menekan tombol FN + Tombol shortcuts tujuan, untuk melakukan fungsi.

Macros up to 32 Button

setting macro keyboard vortex series vx7

Fitur macros sangat berguna dalam memenangkan sebuah pertandingan game. Maka dari itu vortex menyediakan custom macros hingga 32 tombol yang bisa anda atur di software Vortex Series.

Removeable Switch

Switch anda rusak? tenang saja. Anda dapat dengan mudah menggantinya. Vortex sudah memberikan keycap puller sekaligus switch puller untuk memudahkan anda mengganti switch.

Selain itu, jika anda merasa kurang cocok, anda dapat mengganti ke warna switch lain sesuai dengan selera. Misal dari switch outemu blue ke switch outemu brown.

WASD bisa di ganti jadi arrow

Ketika saya pertama kali mencoba keyboard ini, saya kaget kok tombol panah jadi WASD sedangkan WASD jadi panah. Dugaan awal saya error karena driver keyboard masih menggunakan driver bekas keyboard sebelumnya.

Ternyata itu salah, hal itu merupakan salah satu fitur dari Keyboard Vortex VX7. Jadi anda dapat mengalihkan fungsi arrow ke tombol WASD untuk menunjang anda ketika sedang bermain game dengan tangan kiri.

Fungsi Windows Lock

Anda kesal ketika sedang asyik bermain game tiba-tiba tertekan tombol Windows? Hal itu dapat teratasi menggunakan fitur Windows Lock. Jadi tombol windows akan terkunci sehingga anda dapat fokus dalam bermain game tanpa takut keluar game tanpa sengaja.

Spesifikasi & Fitur

  • Pilihan Switch : Outemu dan Cerry MX
  • Pilihan Warna Switch : Blue, Red dan Brown
  • Pilihan Warna Keyboard : Black dan White
  • 15 RGB light mode & programmable
  • 87 Key full anti ghosting
  • Removeable Switch
  • Dukungan Software Macro
  • Gold Plated USB
  • Cable Braided
  • 50 Million Clicks Lifetime
  • Garansi 1 tahun
  • Ukuran 36 x 14

Kelebihan

  • Tersedia alur cable management yang baik
  • Kabel sudah braided
  • USB sudah Gold Plated
  • Desain minimalis
  • Body Kokoh
  • Kaya fitur
  • Harga Murah

Kelemahan

  • Keycap yang tidak rata
  • Build quality keycap yang ala kadarnya
  • Cat Top Panel gampang tergores (terutama oleh puller)
  • Switch / Keycap terasa koyak

Harga :

Versi Switch Outemu : Rp. 390.000
Versi Switch Cherry MX : Rp. 690.000

*Harga saat artikel ini ditulis

Kesimpulan

Dengan harga yang terjangkau dibawah 500 ribu untuk versi outemu, keyboard ini menjadi salah satu pilihan terbaik dikelasnya. Berada di segmen yang sama dengan VX5 dan VX10 yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda namun dengan spesifikasi yang nyaris sama.

Menawarkan kualitas build quality yang baik serta dukungan fitur lengkap menjadi paket yang sempurna bagi anda gamers kere hore namun ingin mencoba sensasi keyboard machanical murah.

Sekian artikel mengenai Review Vortex Series VX7, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari mechanical keyboard rgb murah terbaik. Jangan lupa share jika suka!

Share jika suka!

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Saya merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

2 thoughts on “Review Vortex Series VX7, Mechanical Keyboard RGB Murah Terbaik!”

Leave a Comment