Review Speaker Thonet & Vander Kurbis 2.0

Jika kemarin membahas mengenai speaker 1 jutaan, yaitu Edifier R980T kali ini saya akan mengulas salah satu brand jerman bernama Thonet & Vander. Mungkin sebagian orang masih asing dengan brand yang satu ini, thonet and vander merupakan perusahaan yang bergerak fokus di bidang audio. Dikenal selalu menghasilkan speaker berkualitas dengan suara sejernih cristal serta tampilan yang elegan. Speaker yang saya review kali ini yaitu seri Kurbis 2.0 yang merupakan seri paling best seller di Indonesia dan salah satu speaker bookshelf 2.0 paling dicari pada audiophile yang suka akustik dan vokal.

Advertisement

Ciri khas utama T&V Kurbis yaitu suara yang jernih, berkarakter seperti speaker monitor yang sedikit flat namun masih renyah karena monitor ini memiliki knob pengaturan treble dan bass sehingga dapat di sesuaikan dengan selera, entah itu ingin lebih ke warm atau ke cool.

Secara ukuran, speaker ini lumayan ringkas namun lumayan berat dan kokoh. Dilengkapi tweeter berukuran 1″ dan woofer berukuran 5.25″ dengan power RMS 50W dan Peak Power 300W. Cukup besar bagi sebuah speaker bookshelf. Untuk versi bluetooth, bahkan spesifikasinya lebih tinggi, yaitu RMS 68W dengan Peak Power 340W. Lantas bagaimana kemampuan speaker seharga 2 jutaan ini? simak reviewnya berikut ini…

Review Thonet & Vander Kurbis 2.0

Dulu, speaker ini ketika pertama kali masuk ke indonesia, di bandrol dengan harga 800 hingga 900 ribu, ketika tahun 2013-2014 an. Namun, seiring dengan waktu, karena laris dan langka harganya melambung tinggi hingga menyentuh angka 2 juta untuk versi standar, dan 2,2 juta untuk versi bluetooth. Namun, untungnya saya mendapatkan promo di salah satu marketplace indonesia, saya mendapatkanya hanya setengah harga. Setelah barang sampai, saya mengujinya selama beberapa hari. Berikut adalah ulasanya…

Unboxing

Seperti speaker premium pada umumnya, packaging dari thonet & vander kurbis sangatlah menarik dan berkesan mewah. Kardusnya tebal, dan di dalamnya dilengkapi gabus dan plastik yang lumayan tebal. Kurbis yang saya beli merupakan produksi lama, yaitu tahun 2018, jika versi yang baru itu Kurbis BT yang memiliki packaging jauh lebih keren.

Advertisement

Jika anda membeli speaker ini, pastikan membeli yang garansi resmi. Distributornya yaitu Mahadaya group, dengan begitu, jika ada masalah bisa mengklaim nya dengan mudah. Kita mendapat garansi resmi 1 tahun, dan garansi internasional tambahan selama 3 tahun.

unboxing thonet vander kurbis 2.0 compressed

Paket penjualan :

  • 1 Set Speaker (Aktif dan Pasif)
  • Kabel RCA to mini jack 3.5mm (AUX)
  • Kabel penghubung antar speaker
  • Kabel Power
  • Buku Manual dan Garansi

Desain

Salah satu nilai jual thonet & vander selain dari suara yaitu desainya. Desainya sangat elegan dan mewah, ketika di jadikan setup desktop dirumah, maka akan terlihat lebih elegan dan mewah.

Warna hitam yang solid serta aksen kuning cerah pada woofer merupakan suatu ciri khas dari speaker keluaran jerman ini.

desain thonet vander kurbis

Dimensinya ringkas, namun tergolong bongsor untuk speaker komputer. Memiliki dimensi 276 x 181 x 222 mm sangat pas jika disimpan di samping monitor atau di meja kerja. Desain yang klasik dengan aksen kayu yang kokoh ditambah dengan warna kuning merupakan perpaduan yang sangat pas dan mewah.

edifier r980t vs thonet vander kurbis 2.0 compressed
Depan Kurbis, Belakang Edifier

Di paket penjualanya, speaker ini telah dilengkapi mesh pelindung sehingga speaker anda akan terlindungi dari goresan yang tidak di inginkan. Namun, jika anda mengutamakan style dan tampilan, maka saran saya lepas saja mesh pelindungnya agar detail speaker dan warna khas nya terlihat.

woofer thonet vander kurbis

Saya rasa, desain merupakan salah satu kelebihan unggul yang jarang ditemukan di speaker merek lainya, seperti yamaha atau sejenisnya.

Fitur

Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Thonet Vander Kurbis 2.0. Misalnya seperti…

  • Crystal Clear Sound = menghasilkan suara sejernih kristal berkat tweeter yang dibuat dari bahan silk terbaik dan komponen unggulan hasil kerja keras engineer jerman.
  • Sound Control = Jika dirasa kurang pas dengan selera, kita dapat mengatur Volume, Treble dan Bass lewat knob di bagian samping
  • Bass Boost with Reflex = Bass reflex di bagian belakang menjadikan resonansi optimal, bass respons efisien dan low frequensi jernih
  • TRS = Mendukung kabel dengan port TRS (versi BT)
  • RCA Stereo = Mendukung kabel AUX / RCA Stereo
  • 300/340 Watt Peak Power = Powernya sangat besar, hingga 340W Peak dan 68W RMS (versi BT)

Pada versi bluetooth, thonet vander memiliki spesifikasi lebih tinggi dengan pembaharuan miror. Walaupun tidak selengkap speaker merk lokal, namun fitur yang ditawarkan kurbis patut diacungi jempol.

Material dan Build Quality

tampilan depan thonet vander kurbis 2.0 compressed

Ada harga tentu ada kualitas, begitupun dengan T&V Kurbis. Bahan utama yang digunakan yaitu Kayu HDAA, yang merupakan nama yang diberikan khusus oleh thonet vander. Kayu ini sangat kokoh dan padat, lebih padat dari kayu MDF pada umumnya. Dengan begitu, getaran dari power speaker kurbis yang besar dapat diredam dengan baik sehingga meminimalisir distorsi, dan suara tetap jernih.

Di bagian depan terdapat mesh yang terbuat dari kain lembut namun kuat untu melindungi bagian driver.

tweeter thonet vander kurbis

Drivernya sendiri dibuat dari bahan kelas premium, untuk tweeter yang berukuran 1 inch dibuat dari serat sutra yang lembut sehingga sensitif dan ringan dalam menghasilkan suara frekuensi tinggi. Ini merupakan salah satu jantung yang membuat kurbis bisa mengeluarkan suara murni sejernih kristal.

woofer thonet vander kurbis

Sedangkan untuk bagian woofer yang berikuran 5,25 inch dibuat dari serat aramid dengan warna kuning yang berkarakter. Di bagian cincin terbuat dari karet elastis berkualitas yang menjadikan sensitifitas frequensi rendah dan medium sangat baik.

Tak heran, suara kurbis sangatlah lantang dan tidak mendem.

tampilan panel belakang thonet vander kurbis 2.0 compressed

Lanjut kebagian belakang, terdapat beberapa komponen mulai dari tombol power, power source, input dan port penghubung antar speaker. Lubang port nya cukup berkualitas, namun masih dibawah kualitas port speaker monitor studio. Maklum, harganya cuma 2 jutaan.

panel pengaturan suara thonet vander kurbis 2.0 compressed

Lanjut kebagian samping, ada knob pengaturan volume, treble dan bass yang mudah dijangkau oleh tangan. Kualitas KNOB nya pun terbilang baik dan kokoh.

kabel thonet vander kurbis 2.0 compressed

Untuk bagian perkabelan, kini mengalami upgrade dari batch awal-awal. Kabel Jack nya kini sudah gold platted sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih jernih.

Bagitupun kabel penghubung antar speaker yang kini memiliki serat kabel lebih tebal. Namun, jika anda ingin suara yang lebih maksimal, saya sarankan menggantinya dengan merk lain seperti bose, mogami, rodhium atau vermouth.

Kelebihan

  • Suara sangat jernih seperti yang di klaim
  • Cocok untuk genre : akustik, rock, metal dan jazz
  • Audio stagging dan detail bagus
  • Build quality mewah
  • Kokoh dan kuat
  • Tampilan elegan
  • Kualitas kabel lumayan baik
  • Harga terjangkau

Kelemahan

  • Sulit di cari
  • Speaker 2 sedikit lebih pelan
  • Bass standar, tidak cocok bagi anda seorang basshead
  • Kabel power bawaan pendek

Baca Juga :

Spesifikasi

Output Data50W RMS (25W + 25W), Versi BT 68W RMS
Peak Power300W, 340W (versi BT)
Respons Frekuensi50 Hz – 20 kHz
Distorsi<0,1% – 1W
Jarak TransmisiExtended 65ft – 100ft
S / N65dB, + 4dBu
Separasi-40dB
Bahan KotakHDAA Wooden box
Dimensi276 x 181 x 222 mm
Ukuran Tweeter1″ inch
Ukuran Woofer5.25″ inch
Material TweeterSerat Sutra
Material WooferGlass – Serat Aramid
Impedansi / Daya4 Ohms 20W (tweeter)
Impedansi / Daya6 Ohms 30W (woofer)
PelindungPerisai Antimagnetic
KontrolVolume, Treble dan Bass
Input2 RCA (Ada juga versi Bluetooth)
AdaptorMV
Varian WarnaHitam dan Putih

Review Pengalaman Pribadi

suara thonet vander kurbis 2.0 compressed

Pengalaman saya bersama T&V Kurbis cukup berkesan. Speaker ini sangat cocok dijadikan speaker PC dan menemani setup yang minimalis serta terlihat elegan. Desainya yang khas membuat siapa saja yang melihat akan terpana akan tampilanya.

Selain memiliki desain yang indah, suara yang dihasilkan pun sangatlah premium. Jernih dan stagging yang luas. Tidak ada suara desis saat komputer diam. Begitupun dengan bass nya, sangat bulat dan pas, tidak memekikan telinga.

Power 50W RMS sangatlah besar untuk ukuran speaker monitor, cukup untuk disimpan di kamar atau ruangan indoor dirumah. Tak hanya kencang, kurbis juga sangat baik ketika digunakan untuk mendengarkan lagu vokal dan akustik, serasa konser live di depan kita.

Mungkin belum ada brand lokal yang bisa menandingi kejernihan suara speaker dari jerman ini. Walaupun thonet vander lebih condong ke treble, namun ketika dipakai mendengarkan lagu rock dan R & B, bass yang dikeluarkan cukup bulat, namun perlu sedikit penyesuaian pengaturan agar suara bass nya lebih keluar.

Untuk mendapatkan suara maksimal, saya sarankan anda untuk menggunakan volume diatas 40%, idealnya antara 50-60% dengan pengaturan treble dan bass di arah jam 12.

Jika anda mencari speaker dengan separasi frequensi mid dan high baik, maka thonet vander sangat cocok karena dari hasil percobaan beberapa hari, karakter suaranya sangat istimewa.

Speaker ini mungkin akan menjadi speaker utama saya untuk beberapa waktu kedepan.

Harga

  • Versi Standar = 1,9 – 2 juta
  • Versi BT (Bluetooth) = 2,1 – 2,3 juta

Kesimpulan

Bagi anda seorang audiophile pemula yang ingin merasakan kualitas suara jernih dengan harga yang murah, Thonet & vander kurbis bisa menjadi pilihan. Selain menawarkan kualitas suara kelas premium, kurbis juga memiliki build quality yang baik serta desain yang menawan. Keindahan fisik senada dengan keindahan suara yang dihasilkan.

Itulah review mengenai thonet and vander kurbis, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment