Review Speaker Edifier R980T, Speaker Bookshelf Terbaik 1 Jutaan

Edifier merupakan salah satu brand besar di ranah audio, perusahaan asal tiongkok ini bahkan sering disandangkan dengan brand terkenal seperti yamaha, mackie, pioneer, adam, microlab, thonet & vander dan sejenisnya. Salah satu kelebihan dari speaker edifier yaitu keluaran suara yang jenis, bass yang bulat serta harga yang terjangkau.

Advertisement

Salah satu speaker yang laris manis selain kakaknya R1280T adalah seri R980T. Spesifikasi ukuran tweeter dan woofer nya sebenarnya hampir mirip, yaitu berukuran 13 mm dan 4″. Ini sama persis dengan kakak-kakaknya yaitu R1000T4 dan R1280DB. Namun, yang membedakan yaitu kualitas material dan amplifiernya.

Itulah mengapa, harga dan power outputnya sedikit lebih rendah. Speaker ini hanya memiliki power 2x12W RMS atau jika ditotal yaitu 24W RMS. R980T hanya di bandrol dengan harga Rp. 840.000 saat artikel ini ditulis. Lantas, bagaimanakah kualitas dari spekaer monitor murah ini? apakah layak dibeli? simak artikel berikut ini…

Review Edifier R980T

Saya mendapatkan speaker ini di salah satu marketplace lokal, saya membelinya di official akun edifier indonesia dan mendapatkan potongan harga sekitar 50 ribu dan gratis ongkir. Setelah sampai, saya langsung mencobanya untuk mengetahui bagaimana impresi awal dan menggunakanya selama beberapa hari. Hal ini bertujuan agar review yang saya lakukan lebih akurat sesuai dengan pengalaman yang di dapat.

Unboxing

box edifier r980t compressed 1

Didalamnya, hanya terdapat :

Advertisement
  • Speaker Aktif (kanan) dan Pasif (kiri)
  • Kabel audio untuk menghubungkan speaker aktif ke pasif
  • Kabel AUX 3.5mm to RCA
  • Kabel RCA to RCA
  • Buku Panduan dan Garansi
warna edifier r980t compressed

Box nya terbilang kecil dan ringkas, namun memberikan impresi pertama yang menyenangkan. Kualitas kemasanya baik dan lebih bagus dari speaker lokal pada umumnya yang biasanya hanya pakai kardus biasa. Paket penjualanya dirasa cukup lengkap, ada kabel untuk menghubungkan speaker ke DVD, TV, PC bahkan ke HP.

Edifier mengklaim bahwa dual RCA input memudahkan instalasi bagi sebagian orang karena lebih universal, tidak perlu amplifier atau receiver tambahkan, cukup plug and play.

Saya rasa, paketnya sudah cukup lengkap untuk speaker murah dibawah 1 juta.

Desain

Dari sisi desain, tampilan speaker ini sangat industrial dengan dibalut warna dominan hitam legam dan diberi akses silver pada bagian woofernya.

Ukuranya sangat ringkas dan compact, hanya memiliki dimensi lebar 14 cm, tinggi 22,6 cm dan panjang 19,7 cm. Tentu dimensi seperti ini sangat mudah untuk di tempatkan di meja yang terbatas sekalipun.

edifier r980t

Lanjut ke bagian depan, jika kita menggunakan mesh pelindung, maka tampilanya akan terlihat biasa saja, namun ketika mesh dibuka, maka akan terlihat tampilan yang sangar dan indah.

Secara desain, saya sangat suka karena minimalis dan tidak norak. Bisa masuk ke setup apapun, entah itu minimalis ataupun setup yang ramai.

Fitur

Edifier R980T memang dikhususkan sebagai speaker multimedia dengan kualitas mendekati spekaer studio 2.0. Namun, karakter dari speaker ini bukanlah flat, lebih ke warm dengan bass yang dominan namun tetap bulat dan enak didengar.

Fiturnya tidak sebanyak fitur speaker lokal. Karena speaker ini lebih mengejar kualitas suara, bukan fitur mengingat harganya sangat murah.

panel belakang edifier r980t compressed 1

Spekaer ini hanya dibekali adjuster volume dan bass, tanpa adanya adjuster treble. Disini tentu kita bisa menyimpulkan bahwa speaker ini hanya enhanced pada bass.

Selain itu, speaker ini memiliki fitur dual input entah itu via PC atau AUX. Jadi kita tidak perlu ribet ketika ingin mengubah sumber input yang berbeda. Menurut saya, fitur bukan keunggulan speaker ini, namun dengan adanya adjustable bass kita dapat meningkatkan kualitas suara pada bagian low.

Material dan Build Quality

Review edifier r980t compressed

Soal kualitas build dan material, edifier memang memiliki kelebihan. Biasanya speaker harga dibawah 1 juta menggunakan plastik, namun tidak dengan R980T. Dia menggunakan material kayu daur ulang (MDF) yang padat dan kokoh. Selain itu, detail seperti baut, material plastik pada kontrol belakang serta driver sangatlah baik dan rapi.

Tidak tajam atau terkesan acak-acakan. Saya acungi jempol untuk bagian pemilihan material, terlihat sangat premium dan berkelas seperti speaker harga 2 jutaan.

Dengan material MDF, tentu suaranya akan lebih nendang dan jernih dibanding menggunakan material plastik, getaran lebih bisa diredam dan menghasilkan treble jernih serta bass yang bulat.

Untuk material full range (tweeter), terbuat dari silk dome, dan untuk woofer terbuat dari material lembut (saya tidak menemukan jenis bahan yang digunakan). Tapi ketika saya sentuh, cukup mendekati material kain sutra.

Kelebihan

  • Suara sangat jernih
  • Bass bulat
  • Nyaris tidak ada suara desis yang menggangu
  • Sound stage lumayan luas
  • Build quality jempolan
  • Ukuran ringkas dan ringan

Kelemahan

  • Kualitas kabel biasa saja, jika di upgrade tentu lebih baik
  • Tidak ada pengaturan treble
  • Suara high frequency sedikit dibawah kakaknya R1280T

Spesifikasi

OUTPUT DAYA TOTAL :RMS 12W × 2, total 24W
THD + N :10%
SNR :≥85dBA
DISTORSI :≤0%
INPUT AUDIO :Input RCA ganda (RCA – RCA dan RCA ke AUX)
RESPON FREKUENSI :70 HZ-20 kHz +/- 9db
SENSITIVITAS INPUT :PC: 700 ± 50mV AUX: 550 ± 50mV (THD + N = 1%)
UNIT SUBWOOFER / BASS :4 inci (106mm), 6Ω
TWEETER UNIT :Φ13mm tweeter kubah sutra, 4Ω
DIMENSI :140 (W) × 226 (H) × 197 (D) mm

Harga

  • Harga baru : Rp. 840.000 (Saat artikel ini ditulis)
  • Harga bekas : Rp. 600 – 800 ribu

Review Pengalaman Pribadi

Pengalaman bersama R980T bagi saya cukup menyenangkan. Suara yang dihasilkan sangat jernih dan bass yang bulat tidak memekikan telinga. Selain itu, tampilanya yang elegan membuat setup desktop kita terlihat rapi. Menurut saya, speaker ini cocok bagi anda yang ingin merasakan speaker semi studio dan orang-orang audiophile berkarakter lebih ke warm.

Karakter dominan speaker vibrant dan jika digunakan mendengarkan lagi akustik, serasa lebih hidup dengan sensasi yang kaya (khas speaker warm).

Walaupun saya geber di volume 90%, speaker ini masih mengeluarkan suara yang baik walaupun sedikit distorsi.

Jika anda mencari speaker yang ringkas, tampilan elegan dan suara yang jernih, mungkin edifier R980T bisa menjadi pilihan.

Untuk harga dibawah 1 juta, menurut saya speaker ini salah satu pilihan terbaik.

Kesimpulan

kelebihan dan kelemahan edifier r980t compressed 1

Itulah sedikit review mengenai speaker monitor murah dari edifier. R980T cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi speaker audiophile dengan budget terbatas. Saya rasa 24 Watt RMS cukup untuk luas ruangan yang kecil seperti kamar atau ruang kerja. Walaupun murah, build quality nya tergolong baik. Namun, hal itu menyebabkan fitur sedikit dipangkas, seperti tidak adanya bluetooth dan knob treble.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika anda membutuhkan referensi lain, bisa membaca artikel mengenai Speaker Monitor Terbaik 1 Jutaan, disana saya memberikan beberapa alternatif yang bisa anda beli selain edifier R980T yang saya ulas disini.

Share jika suka!

Leave a Comment