Review Robot RS170, Speaker Paling Ngebass dibawah 100 Ribu!

Sebelumnya, saya mereview beberapa speaker terbaik di rentan harga 500 ribu hingga 2 juta, namun banyak juga yang menanyakan rekomendasi speaker di bawah 100 ribu. Nah, kali ini saya akan mengulas speaker komputer dari brand robot yaitu Robot RS170. Mungkin dulu kita mengenal brand robot dengan powerbank nya, namun nyatanya brand yang satu ini tidak hanya memproduksi aksesoris hp, namun juga speaker pc.

Advertisement

Lantas bagaimana impresinya? simak artikel lengkap berikut ini…

Review Speaker Robot RS170

Robot sebenarnya mengeluarkan beberapa seri speaker seperti RS200, RS 160, RB100, RB550, RB210, RB420 dan beberapa seri lain. Namun saya hanya fokus pada speaker untuk laptop dan komputer di bawah 100 ribu. Maka dari itu saya memilih RS170 sebagai bahan review kali ini.

Unboxing

Karena harganya dibawah 100 ribu, mungkin tidak banyak yang bisa kita harapkan. Namun ternyata robot cukup baik dalam mengemas produk ini. Dusnya terlihat lumayan elegan, kemudian didalamnya terdapat speaker yang telah dilindungi oleh buble wrap sehingga tidak mudah rusak ketika pengiriman. Selain itu ada juga buku panduan dan kartu garansi.

Paket Penjualan :

  • 1 Pasang Speaker + Subwoofer
  • Buku Petunjuk
  • Kartu Garansi

Desain

Review Robot RS170 Speaker Paling Ngebass dibawah 100 Ribu compressed

Bagi kalian yang pertama kali melihat speaker ini, mungkin first impressionya terletak pada desain yang unik. Bagaimana tidak, speaker ini merupakan jenis speaker 2.1 dengan tampilan sedikit elegan dan beraura speaker gaming.

Advertisement

Hal ini karena warnanya full hitam dengan aksen warna biru yang dihasilkan dari lampu LED didalamnya. Lampu ini akan nyala ketika kita menghubungkan kabel power usb ke komputer maupun laptop. Bagian yang menyala yaitu speaker tengah (subwoofer) dan knob volume.

Desain merupakan nilai jual dari speaker ini, selain ringkas tentu tampilanya yang menarik cukup membuat saya terkagum, mengingat harga speaker ini sangat murah. Yaitu sekitar 70 ribuan saja.

Fitur

Karena harganya murah, tentu tidak banyak fitur yang bisa kita dapatkan. Kita hanya dapat mengatur volume melalui knob yang berada pada subwoofer mini. Fitur pada speaker ini antara lain :

  • Stereo Speaker (Treble)
  • Subwoofer mini (Bass)
  • LED
  • Volume Control
  • USB Power

Material dan Build Quality

gambar robot rs170 compressed

Speaker ini terbuat dari balutan plastik berwarna doff yang dipadukan dengan plastik glossy di bagian depan subwoofer. Bahanya terkesan tipis dan mudah pecah. Namun, tidak dengan finishingnya. Speaker ini terlihat solid dan rapi, knob pun ketika saya pegang tidak kocak atau ringkih.

Namun, yang saya sayangkan yaitu kualitas kabelnya yang seadanya. Seperti kabel murahan yang gampang putus. Jack nya pun belum gold plate. Ya wajar saja, harganya murah, kita tidak bisa protes akan hal ini.

speaker pc terbaik 100rb compressed

Namun walaupun begitu, menurut saya standar yang dimiliki robot rs170 sedikit lebih baik dari harganya. Rata-rata spaker dibawah 100 ribu biasanya ringkih dan tidak serapi rs 170.

Kelebihan

  • Suara lumayan keras
  • Tweeter lumayan jernih
  • Bass yang powerfull, jauh dibanding speaker 2.0 di kelasnya
  • Build quality cukup rapi
  • Tampilan menarik dan ringkas
  • Harga sangat terjangkau

Kelemahan

  • Suara distorsi ketika volume di set diatas arah jam 12
  • Suara cenderung mendem dan tidak keluar terutama pada mid
  • Terdengar suara dengung yang lumayan keras ketika volume tinggi
  • Build quality kabel kurang baik

Spesifikasi

Output Power9W
SNR> 70 dB
Frequency Range60 Hz – 18 KHz
InputDC5V – 500 mA
Impedance4 Ω
Fitur2.1 Sound Channel with Subwoofer LED
Power & InputUSB 5V – AUX Jack 3.5mm

Review Pengalaman Pribadi

Saya cukup puas dengan performa speaker murah ini, walaupun harganya dibawah 100rb namun cukup memberikan impresi yang baik. Desain yang menarik dan ringkas menjadi kelebihan speaker ini. Kita dapat dengan mudah mengatur setup pc maupun laptop, atau sekedar membawanya kedalam tas.

Selain desain yang menarik, speaker ini juga menawarkan subwoofer mini yang menjadikan RS170 memiliki bass yang lumayan nendang dan powerfull di kelasnya. Namun, kita tidak bisa berharap banyak dari ukuran speaker mini, bass yang dihasilkanya mungkin tidak akan sebaik speaker monitor atau speaker multimedia yang ukuranya lebih besar.

Harga

  • Rp. 79.000 (saat artikel ini ditulis)
  • Garansi resmi, Distributor PT. WOOK GLOBAL TECHNOLOGY

Kesimpulan

Kesimpulanya, saya merekomendasikan speaker ini bagi anda yang ingin mencari speaker murah namun dengan bass yang mantap. Selain bass yang powerfull, desain yang menarik juga menjadi nilai jual lebih yang ditawarkan Robot RS 170.

Namun, saran saya, jika anda memiliki budget lebih, lebih baik anda membeli speaker yang lebih besar karena speaker ini hanya cukup sekedar untuk mendengarkan suara saja, jadi pengalaman ketika mendengarkan musik atau film akan berkurang dan tidak akan sebaik speaker yang saya review sebelumnya.

Itulah review singkat mengenai Robot RS 170, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya!

Share jika suka!

Leave a Comment