Review Polytron PMA 9310, Speaker Murah Super Ngebass

Sebelumnya, saya sudah mengulas speaker semi audiophile seperti Thonet Vander Kurbis dan Edifier R980T. Keduanya unggul jauh jika soal clarity dan kualitas suara di frekuensi tinggi, namun tidak ada yang sempurna di dunia ini termasuk speaker. Ternyata speaker tersebut tidak cocok bagi sebagian orang, khususnya basshead karena bass nya dinilai kurang menggelegar. Nah untuk itu, di artikel kali ini saya akan mengulas salah satu speaker murah dibawah 1 juta yang memiliki bass yang sangat poll untuk menggetarkan kaca rumah anda, speaker ini yaitu Polytron PMA 9310 Multimedia Speaker, lantas bagaimana ulasanya? simak artikel berikut ini…

Advertisement

Review Polytron PMA 9310

Awalnya, saya penasaran kenapa speaker buatan lokal yang bernama polytron ini sangat laris dan banyak di gandrungi, hampir setiap rumah memiliki audio merk polytron, entah itu home teather, multimedia speaker atau hanya sekedar speaker radio biasa. Maka dari itu saya pun memutuskan untuk membeli speaker ini langsung secara online. Saat itu saya mendapatkanya di harga 500rb kurang sedikit. Setelah sampai, saya pun melakukan beberapa pengujian, berikut adalah ulasanya…

Unboxing

Dari sisi packaging, kemasanya mungkin tidak sebagus brand luar negeri, box nya hanya terbuat dari kardus biasa, namun tidak melupakan sisi keamanan karena di sekeliling speaker sudah di beri styrofoam agar speaker aman dalam pengirimanya.

Selain itu, bagian depan speaker juga dilapisi oleh plastik agar body tidak mudah tergores mengingat material utamanya terbuat dari plastik glossy.

Paket penjualan :

  • 1 Pasang speaker satelit
  • 1 Buah subwoofer
  • Remote + Baterai
  • Buku panduan
  • Kartu garansi

Desain

Untuk desainya sendiri, menurut saya tampilanya lumayan elegan. Apalagi bagian depanya dihiasi warna gold yang dipadu dengan hitam glossy menjadikan speaker ini tampak lebih premium. Namun jujur, speaker ini tidak se elegan brand luar seperti edifier atau thonet vander. Mengingat material nya masih berbahan plastik saya rasa masih wajar.

Advertisement
Subwoofer Polytron PMA 9310 compressed

Namun, PMA 9310 menurut saya sudah lebih baik dan lebih elegan dari speaker PMA tipe lain yang menurut saya terlihat norak dan kurang elegan. Bagian yang paling saya suka yaitu pada desain subwoofer yang di bagian depan, tepatnya di bagian knob volume yang di kelilingi oleh cekungan ring. Ketika menyala, knob akan menyala berwarna kuning agak ke emasan. Ini menambah kesan futuristik dan mewah.

Speaker Satelit Polytron PMA 9310 compressed

Speaker satelit nya memiliki ukuran 11.5 x 12 x 19 cm, sedangkan ukuran subwoofer nya memiliki ukuran 17 x 30.5 x 27.3 cm. Ukuranya cukup ringkas untuk di simpan di samping monitor pc atau di jadikan speaker TV.

Material & Build Quality

Hampir keseluruhan speaker pma 9310 terbuat dari plastik. Mungkin untuk menekan budget produksi mengingat speaker ini harganya sangat murah. Yang membedakan yaitu bagian belakang terbuat dari plastik doff yang agak tebal, dan di bagian depan terbuat dari plastik glossy.

Untuk masalah build quality, saya merasa bagian speaker satelit memiliki finishing yang pas-pasan, terlihat kurang rapi dan solid. Begitupun kabel-kabelnya yang hanya memiliki kualitas standar, bukan gold plate ataupun kabel studio monitor grade, ya lagi-lagi budget adalah penyebabnya.

Fitur

Walaupun murah, PMA 9310 ternyata membawa banyak fitur yang bahkan lebih banyak dari speaker edifier R980T dan Thonet Vander Kurbis yang saya review sebelumya, yaitu…

  • Bluetooth
  • LED Indicator
  • Remote Control
  • Function Button
  • Knob Volume, Bass dan Treble
  • Equalizer
  • Bazzoke
  • USB MP3 Player
  • SD / MMC Player
  • USB Input
  • Line in support
  • AUX in support

Pengalaman Pribadi

Setelah beberapa hari menggunakan spaker ini sebagai speaker komputer, saya merasa spaker ini sangat boomby dan keras. Walaupun kecil, suaranya dapat terdengar ke seluruh ruangan rumah, bahkan ke luar rumah.

Subwoofer nya mengeluarkan bass yang sangat bombastis, hingga kaca rumah pun bergetar. Namun, saya kurang menyukai speaker ini karena tidak cocok dengan tipe saya yang lebih menyukai speaker dengan clarity yang baik dan bass yang bulat.

PMA 9310 memiliki kelemahan di sektor high. Clarity nya sangat kurang, dan jika di geber di volume agak tinggi, suara agak distorsi dan pecah. Jika yang terbiasa dengan speaker semi monitor, mungkin telinga anda akan sedikit kesakitan. Wajar memang karena speaker ini hanya dibuat untuk multimedia, seperti menonton film atau mendengarkan lagu-lagi bergenre dangdut atau EDM yang memiliki bass dominan.

Selain itu, hal yang menurut saya agak mengganggu yaitu suara desis yang dihasilkan oleh speaker satelitnya, dalam keadaan standby, suara desis sangat jelas terdengar dan mengganggu, walaupun di volume rendah. Tentu ini sangat tidak cocok bagi kalian yang menjadikan PMA 9310 sebagai speaker desktop.

Namun, di harga hanya 500 ribuan, speaker ini mungkin cocok bagi sebagian orang yang ingin memiliki speaker dengan bass kuat dan harga terjangkau.

Kelebihan

  • Desain lumayan menarik
  • Bass sangat powerfull
  • Cocok untuk genre : dangdut, EDM atau lagu-lagu warm
  • Harga terjangkau
  • Fitur sangat lengkap

Kelemahan

  • Detail suara kurang
  • Audio Stagging sempit
  • Suara desis pada speaker satelit sangat mengganggu
  • Build quality standar

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Polytron PMA 9310 compressed
Audio System2,1
Front Output2 X 2,5 Wrms
Subwoofer20 WRMS
Bazzoke1 Level 
FEATURES 
BluetoothYes
Apk SupportPolytron Audio Connect
USBYes
SD/MMCYes
Aux In / Gadget InYes
Line InYes
FM RadioNo 
MicrophoneNo
POWER 
Power Source220V~ 50/60Hz
Power Consumption10 W
Power SwitchRocker switch
DIMENSION 
Main Unit168 x 320 x 273 mm
Front115 x 122 x 168 mm
WEIGHT 
Main Unit3.1 kg
Front2×0.65 kg

Harga

Harga Baru : Rp. 506.000 (saat artikel ini ditulis)

Kesimpulan

Review polytron PMA 9310 compressed

Walaupun harganya murah, speaker polytron PMA 9310 menawarkan fitur yang lengkap dengan bass yang powerfull. Desain yang lumayan menarik dan elegan menjadi nilai plus bagi PMA 9310. Namun, karena harganya murah, tentu ada sesuatu yang harus dikorbankan.

Build quality masih standar, dan kualitas suara masih di bawah standar speaker pada umumnya, terutama di bagian med dan high. Clarity yang kurang menjadikanya kurang cocok bagi seorang audiophile. Wajar memang karena polytron menyasar pasar umum, atau masyarakat yang hanya memerlukan speaker multimedia.

Sekian review mengenai Polytron PMA 9310, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment