Review Logitech G103, Mouse Gaming RGB Murah Terbaik

Sebenarnya, Logitech G103 Prodigy Programmable RGB Gaming Mouse sama saja dengan Logitech G203, G102 dan G101. Yang membedakan yaitu negara tujuan dimana mouse itu akan di jual. Logitech G103 merupakan versi rilisan yang terbaru dan masih sama dengan generasi sebelumnya. Mouse ini terbukti tangguh dan banyak digemari sejak beberapa tahun lalu karena dinilai memiliki durabilitas yang baik, response time yang cepat serta dukungan LED RGB yang menambah estetika dan ciri khas gaming tersendiri.

Walau sudah lama rilis, saya pun berniat untuk mengulas secara langsung mouse ini, nah bagi anda yang penasaran silahkan simak review singkat Logitech G103 berikut ini…

Review Logitech G103

review logitech g103 mouse gaming rgb murah terbaik compressed

Dalam ulasan ini, saya akan membagi dalam beberapa sisi penilaian, mulai dari desain, kualitas material, fitur serta spesifikasi. Langsung saja ke point pertama

Unboxing

review logitech g103 mouse gaming rgb murah terbaik 5 compressed

Dalam paket penjualanya terdapat :

  • Mouse yang sudah include kabel (tidak bisa di lepas)
  • Sticker Berlogo Logitech G
  • Buku Panduan
  • Lembaran Promosi

Paket kemasan ternyata lebih baik dari mouse-mouse logitech seri biasa. Didalam paket mouse seri G ini, kemasan lebih premium walaupun harganya hanya 200 ribuan. Didalamnya kita mendapatkan beberapa kertas serta stiker berlogo Logitech G. Mouse ketika dibuka dibalut dengan sebuah pelindung seperti kertas yang berwarna putih.

Desain

review logitech g103 mouse gaming rgb murah terbaik 2 compressed

Mouse ini mengadopsi desain mouse klasik dan terinspirasi dari mouse legendaris logitech yaitu G100s. Mouse tersebut sangat digemari oleh para atlit gaming e-sport, maka dari itu dibuat versi regenasi yang murah namun tetap memberikan sensasi yang mirip.

Menurut saya pribadi, mouse ini memang terlihat elegan. Tidak terlalu garang seperti mouse gaming pada umumnya sehingga bisa masuk pada setup PC rumahan maupun kantor.

Namun, dari sisi grip, sepertinya tangan saya yang besar sepertinya kurang pas dan kurang nyaman ketika memegang mouse ini. Ukuran tangan yang lebar tidak menumpu dengan baik karena mouse ini berukuran ramping namun panjang.

review logitech g103 mouse gaming rgb murah terbaik 3 compressed

Sehingga membuat jempol dan kelingking saya lelah dan keram ketika menggunakan mouse dalam jangka waktu panjang.

Namun, bagi anda yang memiliki ukuran tangan standar, sepertinya mouse ini sangat cocok. Menganut desain ambidextrous, mouse ini nyaman digunakan oleh tangan kiri maupun kanan. Jadi orang kidal pun bisa menggunakan mouse ini layaknya orang normal.

Kualitas Material

Dari sisi material, logitech memang selalu memberikan kualitas diatas rata-rata. Plastik mouse logitech g103 terasa solid, keras, rapi namun lebih ringan dari mouse gaming high end.

review logitech g103 mouse gaming rgb murah terbaik 4 compressed

Ketika saya mengetuk-ngetuk body nya, terdengan suara per. Mungkin per ini berasal dari tombol mechanical yang menggunakan spring agar ketika tombol di klik, lebih terasa smooth dan ringan.

Ketahanan tombol di klaim mampu mencapai 10 juta klik pada tombol kiri dan kanan.

Namun, yang saya sayangkan, kabel masih telanjang, belum braided serta usb yang belum memakai gold plated. Mungkin hal ini untuk menekan biaya produksi agar mouse ini tetap terjangkau.

Fitur

Walaupun mouse ini menyasar segmen low end, tapi fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan mouse-mouse gaming mahal. Inilah beberapa fitur unggulan dari mouse logitech G103 Prodigy.

Sensor Baru

sensor mouse logitech

Mouse ini memiliki fitur yaitu menggunakan sensor terbaru yang bernama optic mercury. Diklaim memiliki performa 8x lebih cepat dari mouse biasa. DPI dapat diatur sendiri hingga 8000 dpi.

setting dpi via software logitech

Pengaturan DPI dapat diatur dengan mengklik mouse atau di kustomisasi lewat Logitech Gaming Software.

Programmable Lightsync RGB

setting lampu rgb logitech mouse

Salah satu keunggulan G103 di range harganya yaitu memiliki RGB yang bisa di program melalui software Logitech Gaming. Kita dapat mengubah warna hingga 16,7 Juta Warna pilihan. Anda bisa memilih lighting Effect seperti Color Cycle, Fixed Color atau Breathing Effect.

Kecerahan dan kecepatanya pun dapat diatur dengan mudah via software yang disediakan. Fitur lainya yaitu anda dapat mengatur mode lighting sleep timer sehingga RGB akan mati dalam beberapa menit setelah tidak digunakan.

Programmable Button

setting macro mouse logitech

Dalam mouse ini anda dapat mengatur macro. Seperti pada mouse gaming pada umumnya, anda dapat mengatur fungsi masing-masing pada setiap tombol dengan mudah. Selain pada game, anda dapat mengatur fungsi pada windows atau mac anda seperti next track, volume, mute dan sebagainya.

Total tombol yang dapat anda atur adalah 6 buah tombol.

Onboard Memory

logitech gaming software

Walaupun Logitech G103 termasuk mouse murah, tapi logitech tidak meninggalkan fitur penting seperti Onboard Memory untuk menyimpan konfigurasi kita. Jadi Profile akan tetap aktif walaupun kita merestart PC. Selain itu, mouse ini juga dibekali microprosesor ARM 32bit sehingga dapat dengan lancar melakukan perintah dan konfigurasi yang telah diatur sebelumnya melalui logitech gaming software.

Mechanical Button

machanical mouse button

Salah satu keunggulan mouse G103 yaitu pada tombolnya yang sudah menganut semi mechanical menggunakan spring. Jadi ketika ditekan, tombol lebih ringan, konsisten dan responsif. Selain itu, dengan fitur ini logitech mengklaim bahwa tombol lebih awet dan cepat.

Spesifikasi

Ukuran MouseKecil
DesainKlasik
Max. DPI8000
Onboard MemoryYa
Daya Tahan10 Juta Klik
Microprosesor32bit ARM
Lebar Grip 5.6cm | 2.2 inches
Lebar Hump6.05cm | 2.38 inches
Posisi HumpBelakang
Panjang11.6cm | 4.57 inches
Tinggi3.76cm | 1.48 inches
Berat85g
Sensor yang digunakanMercury
Jenis KabelMedium Rubber
Bentuk ShapeSymmetrical
Latency1ms
Polling Rate1000Hz
Jumlah Tombol6
Tinggi Tombol2.2 cm
Letak tombol sampingKiri (dua buah)
Dukungan SoftwareYa
Garansi2 Tahun

Kelebihan

  • Best Choice di harganya
  • Memiliki fitur Programmable RGB
  • Memiliki 6 Tombol mendukung Macro
  • Build Quality yang solid
  • Garansi Panjang
  • Sudah terbukti selama bertahun-tahun

Kelemahan

  • Kualitas kabel standar, tidak braided
  • USB belum Gold Plate
  • Bentuk kurang lebar bagi yang memiliki tangan besar
  • Body gampang kotor jika terkena keringat
  • Tidak ada rubber di sisi mouse sehingga cengkraman agak licin

Harga

Retail : Rp. 379.000
Pasaran di toko online : Rp. 200 – 300 ribu
Harga yang saya dapatkan : Rp. 172.000 (Promo di salah satu marketplace)

Kesimpulan

Mouse Logitech G103 menawarkan beberapa sisi kelebihan di berbagai aspek. Mulai dari desain yang populer, durabilitas yang baik, fitur yang lengkap serta RGB yang menambah estetika menjadikan mouse ini menjadi best choice di range harga 200 ribuan.

Mungkin tidak ada yang lebih baik dari mouse ini di range harga tersebut saat ini. Selain itu, ketangguhan mouse ini sudah terbukti karena mouse ini sudah lama dirilis namun tetap laris dan diburu oleh para gamers kere hore.

Jadi, jika anda mencari mouse yang keren, tahan lama namun low budget, mouse ini bisa menjadi pilihan. Namun perlu diperhatikan bahwa bentuk mouse yang klasik tidak cocok bagi semua orang, teturama bagi yang memiliki tangan terlalu kecil dan tangan yang tergolong besar.

Share jika suka!

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Saya merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment