Review Bareksa, Aplikasi Investasi Reksadana Paling Lengkap

Jika berbicara investasi reksadana online, mungkin top of mind nya adalah aplikasi Bareksa. Hal ini karena Bareksa merupakan pionir investasi mudah lewat aplikasi dan website sejak 2013 dan merupakan yang pertama pada saat itu. 

Bertahun-tahun berlalu, kini Bareksa sudah bertransformasi menjadi super app yang menyediakan investasi lengkap selain reksadana, misalnya seperti investasi emas, SBN, hingga umroh. Karena para kaum muda saat ini makin melek investasi, di artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya berinvestasi reksadana di Bareksa. Simak artikel berikut ini

Fitur Unggulan Bareksa

Ada beberapa keunggulan aplikasi Bareksa yang saya rasakan, antara lain sebagai berikut

1. Mudah Memantau Portofolio dalam Satu Halaman

tampilan depan bareksa

Sebelumnya saya mengeluh karena aplikasi Bareksa zaman dulu itu terlalu rumit untuk pemula. Nah, di versi aplikasi terbaru, semua sudah diperbaiki. Tampilannya hampir 100% lebih fresh dan baru. Bahkan kini lebih ramah pemula karena user interface dan experience nya sangat mudah dipahami oleh semua kalangan. Berikut saya jelaskan beberapa fitur favorit yang saya sukai:

a. Laporan Portofolio Terintegrasi

Di halaman depan, kita bisa memantau semua portofolio yang kita miliki. Semua investasi pribadi sudah terintegrasi mulai dari investasi reksadana, SBN, emas ataupun tabungan umrah. Dengan sekali buka aplikasi, kita bisa mengetahui performa investasi kita. Bahkan, karena fitur ini, saya menjadi kecanduan untuk membuka aplikasi setiap hari.

b. Bisa Menyembunyikan Nilai

Jika kamu tipe orang yang tidak suka pamer, nah fitur ini sangat cocok karena kamu bisa menyembunyikan angka investasi kamu. Jadi disini yang tampil hanya persentase imbal hasilnya saja.

menyembunyikan nilai investasi bareksa

Tentu ini lebih aman dan nyaman untuk di share ke media sosial. Karena mayoritas orang hanya ingin membagikan pengalaman investasi, bukan untuk pamer nilai investasi.

c. Bisa Milih Reksadana dengan Bantuan Filter dan Sort

Di toko online, biasanya orang menggunakan fitur ini untuk mencari barang termurah, terlaris atau terbaik. Nah, fitur ini mirip seperti itu. Kita bisa mencari rincian semua data dari masing-masing jenis investasi yang kita miliki.

memilih reksadana terbaik di bareksa

Filter bisa digunakan untuk melihat jenis reksadana atau menyaring manajer investasi. Sedangkan sort bisa digunakan untuk mengurutkan produk terbaru, keuntungan paling tinggi dan rendah, atau mengurutkan sesuai abjad A-Z.

d. Rangkuman Portofolio

rangkuman portofolio bareksa

Jika kamu suka data, nah fitur ini mungkin akan menjadi fitur favorit karena disini semua portofolio reksadana akan ditampilkan dalam visual yang cantik berupa grafik dan presentasi. 

Dengan fitur ini, kita bisa melihat bagaimana komposisi reksadana yang kita miliki, sehingga kedepannya kita bisa mengatur apakah kita ingin memperbesar reksadana tipe high risk, medium ataupun low risk. Ini berkaitan dengan tipe investor yaitu agresif, moderat dan konservatif. Bagaimana kita mengetahui tipe investor? kita bisa menggunakan fitur unggulan bareksa yaitu Robo Advisor.

e. Tampilan Robo Advisor

robo advisor bareksa

Pada saat pertama kali menggunakan Bareksa, pasti teman-teman akan mengisi sedikit pertanyaan untuk mengetahui karakter berinvestasi atau biasa disebut tipe investor. Nah hasil dari Robo Advisor ini akan terlihat di halaman depan, di sini akan ditampilkan indikator (chart) sesuai alokasi reksadana yang direkomendasikan sesuai profil kamu.

2. Produk Investasi Pilihan yang Beragam

Selain tampilan yang baru, kini Bareksa jauh lebih lengkap dari beberapa tahun yang lalu. Dari dulu Bareksa terkenal dengan marketplace reksadana paling lengkap, nah sekarang lebih lengkap lagi karena selain reksadana juga mencakup investasi emas, surat berharga negara (SBN) dan juga tabungan umroh. Lebih dari 150+ produk reksadana pilihan tersedia mulai dari reksadana konvensional maupun reksadana syariah.

3. Robo Advisor Pertama yang Berlisensi

Mungkin bareksa bukan yang pertama yang menerapkan fitur Robo Advisor, namun Bareksa merupakan yang pertama yang mendapatkan lisensi resmi dari otoritas jasa keuangan (OJK). Mereka mendapatkan izin penasihat sehingga lebih terpercaya dalam mengatur investasi para membernya.

Robo Advisor ini rutin mendapatkan update sesuai market update di pasar terkini sehingga bisa memberikan rekomendasi lebih akurat.

4. Partner Terpercaya

Karena Bareksa sudah lama berdiri, perusahaan ini juga sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar, misalnya seperti Grab, OVO, Tokopedia, Bukalapak, dan Pegadaian. Jadi selain lewat aplikasi, kita juga bisa bertransaksi reksadana lewat partner tersebut. Selain lebih fleksibel juga lebih memudahkan para pengguna yang telah berlangganan di platform partner.  

5. Komunitas yang Membangun

Bareksa sepertinya tidak hanya membantu penggunanya untuk berinvestasi reksadana, namun juga membantu mereka dalam sukses berinvestasi. Nah, selain disediakan berita dan analisis terbaru, juga ada komunitas yang bisa diikuti oleh para member yang disebut “Bareksa Community”.

Di sini kita bisa upgrade ilmu, bertanya maupun berkonsultasi dengan para member lainnya. Dengan begitu siapapun bisa menjadi investor yang cerdas dan bijak. Para pemula tidak kebingungan lagi ketika mencari produk mana yang cocok ataupun komposisi investasi yang ideal sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Review Jujur Bareksa

Nah, setelah mengenal fitur-fitur unggulannya, saatnya saya sharing bagaimana pengalaman saya menggunakan Bareksa untuk berinvestasi.

1. Ramah Pemula

Tampilan yang sederhana dengan bantuan lengkap sangat memudahkan pemula, bahkan sepertinya orang yang belum pernah investasi reksadana pun langsung mengerti bagaimana cara membeli dan memilih reksadana terbaik.

Fitur komparasi produk yang lengkap dengan bantuan Robo Advisor sudah cukup untuk membuat portofolio kita hijau. Selain itu, artikel bantuan yang disediakan juga sangat lengkap dan mudah diakses. Jika pengguna masing bingung, bisa melakukan live chat dengan customer service Bareksa langsung lewat aplikasi ataupun website.

2. Super App nya Aplikasi Investasi

Mungkin saat ini Bareksa hanya satu-satunya marketplace reksadana dengan produk yang lengkap, tersedia lebih dari 150+ reksadana terbaik dari manajer investasi pilihan yang ada di pasaran. Saya sangat mudah menemukan produk yang ingin dicari, membandingkannya satu sama lain serta membeli dalam satu aplikasi.

Selain reksadana, juga tersedia tabungan logam mulia emas, surat berharga negara dan tabungan umroh. Tentu, ini menjadi primadona bagi pengguna yang hanya ingin berinvestasi dalam satu platform terintegrasi.

3. Paling Terpercaya dan Berpengalaman Saat Ini

Bareksa hadir sejak 2013 dan terus berkembang hingga saat ini dengan pengguna lebih dari 2,5 juta investor. Mereka yang paling pertama hadir di pasaran sehingga dari sepak terjang tentu mereka paling berpengalaman. 

Selain mendapatkan izin dari OJK, mereka juga telah mendapatkan beberapa penghargaan unggulan seperti Mitra Distribusi SBSN Fintech Terbaik dari Kemenkeu RI, Platform Investasi Terbaik di Indonesia dari The Asian Banker juga Tokoh Pionir Penyedia Layanan Transaksi Online Reksadana dari Majalah Investor.

4. Banyak Promo Menarik

Karena sudah bekerjasama dengan banyak platform lain, ini menjadikan sebuah keuntungan bagi pengguna karena akan banyak promo yang bisa didapatkan, misalnya promo pembayaran, cashback, voucher gratis, undian hadiah langsung atau potongan harga. 

Ini yang paling saya suka dari Bareksa, jika kita memanfaatkan promo setiap kali top up, maka keuntungan investasi akan semakin besar. Selain mendapatkan return juga mendapatkan promo tambahan lain.

Kesimpulan

Tampilan baru Bareksa memanjakan setiap pengguna, terutama pengguna pemula yang belum pernah berinvestasi reksadana sebelumnya. Fitur Robo Advisor di Bareksa memudahkan pengguna untuk memiliki porsi jenis investasi serta produk terbaik yang bisa dipilih secara otomatis. 

Selain reksadana, pengguna juga bisa berinvestasi emas, SBN hingga menabung untuk ibadah umroh. Bagi anda yang mencari aplikasi investasi reksadana lengkap, cocok untuk pemula, aman dan banyak promo maka Bareksa bisa Anda pertimbangkan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Apakah Bareksa Aman?

Tentu, karena Bareksa sudah mendapatkan izin resmi beroperasi di Indonesia. Mulai dari izin OJK, sertifikat Robo Advisor dan juga telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi.

Reksadana Bagus di Bareksa?

Itu tergantung preferensi pengguna, semua produk reksadana yang disediakan merupakan produk terbaik yang sudah di seleksi, namun jika ingin menemukan produk yang sesuai bisa menggunakan fitur Robo Advisor.

Syarat Mendaftar Bareksa?

Usia 17 tahun keatas, memiliki identitas e-KTP, resi KTP atau Paspor dan juga rekening bank atas nama pribadi.

Apakah Uang Aman disimpan di Bareksa?

Tentu, karena Bareksa hanyalah sebuah platform marketplace. Mereka tidak menyimpan uang pengguna melainkan meneruskannya ke para manajer investasi di Bank Kustodian, SBN ataupun Perusahaan Partner. Dana hanya bisa dicairkan ke rekening atas nama investor.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment