Rekomendasi 5 Aplikasi Cek Kecepatan Internet Terbaik untuk Android

Kecepatan internet menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna gawai saat ini. Baik itu komputer, smartphone, ataupun tablet, kecepatan internet akan selalu menjadi aspek yang selalu dipertimbangkan. Ini tidak hanya penting untuk bekerja saja. Lalu, streaming dan bermain game secara online sangat membutuhkan koneksi internet yang sangat bagus.

Tidak hanya kecepatan untuk mengunggah dan mengunduh data, tapi ada juga aspek yang disebut ping. Ini sangat penting dalam bermain game khususnya karena menentukan kecepatan respon antara analog atau kontrol yang dilakukan oleh pemain dengan apa yang ditampilkan di dalam game. Oleh karena itu, para pengguna gawai berbasis Android tentu mencari aplikasi cek kecepatan internet terbaik di android. Aplikasi ini sangat penting untuk memantau kecepatan internet yang ada.  

Beberapa aplikasi memang tersedia untuk mengecek kecepatan internet yang ada. Beberapa aplikasi tampil dengan desain yang sederhana, dan bisa memunculkan ikon tambahan di bagian atas layar atau di bagian notifikasi agar nantinya pengguna gawai tetap bisa memantau kecepatan internet yang dimiliki saat ini.

Selain itu, ada aplikasi yang secara khusus menampilkan interface untuk mengecek jaringan internet yang ada. Sebelum menggunakan aplikasi ini sebaiknya cek terlebih dahulu pengguna wifi kita. Banyaknya pengguna Internet di Wifi kita sangat berpengaruh pada kecepatan internet kita. Untuk mengetahuinya silahkan baca lebih lanjut tentang cara mengetahui pengguna wifi indihome jika menggunakan koneksi IndiHome.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat kecepatan internet yang ada.

1. Speedtest.net

Aplikasi yang pertama adalah Speedtest.net. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ookla, dan ini menjadi salah satu aplikasi cek kecepatan internet terbaik di android yang paling banyak digunakan saat ini.

cara cek kecepatan internet terbaik

Salah satu yang membuatnya sangat digemari adalah interface yang sangat mudah digunakan. Dalam satu sentuhan saja, proses pengecekan bisa langsung berjalan, dan ini tidak memakan waktu yang terlalu lama. Setidaknya, 30 detik saja yang dibutuhkan untuk menampilkan hasil dari pengecekan kecepatan. Tidak hanya kecepatan untuk Wi-Fi saja, tapi juga kecepatan internet yang menggunakan paket data. Informasi yang ditampilkan meliputi kecepatan pengunduhan, pengunggahan, dan juga ping.

2. Internet Speed Test SPEEDCHECK

Yang kedua adalah SPEEDCHECK. Salah satu keunggulan dari aplikasi pengecek kecepatan internet yang satu ini adalah detail informasi yang disajikan bagi pengguna. Informasi seperti kecepatan unggahan, unduhan, dan ping tentu tersedia karena ini menjadi info utama yang selalu dicari.

aplikasi cek kecepatan internet akurat

Namun, selain itu ada juga detail informasi tentang kestabilan jaringan yang digunakan, sehingga pengguna bisa tahu bagaimana kondisi jaringan secara lebih rinci. Bahkan, pengecekan berkala bisa diatur agar nantinya pengguna bisa membandingkan kecepatan yang ada, khususnya ketika sering berpindah lokasi atau menggunakan jaringan yang berbeda-beda.’

3. V-SPEED Speed Test

Aplikasi ketiga yang bisa digunakan adalah Internet Speed Test yang dikembangkan oleh V-Speed.eu. Salah satu yang menarik perhatian dari aplikasi ini memang interface yang ditawarkan. Aplikasi ini menyajikan tampilan yang terlihat sangat modern dengan efek yang juga sangat menarik.

aplikasi cek kecepatan internet keren

Tentu saja, ini bukan satu-satunya pertimbangan yang membuat aplikasi ini layak dijadikan rekomendasi untuk mengecek kecepatan internet. Dari segi informasi yang disajikan, data yang dihasilkan terbilang lengkap dan semua disajikan dengan sangat informatif.

Lalu, mengecek lokasi dengan kualitas jaringan terbaik pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi ini. Bagi yang ingin membandingkan kecepatan jaringan internet, aplikasi ini sangat membantu dengan adanya fitur histori pengecekan dan fitur lainnya.

4. Simple Speedcheck

Lalu, ada juga aplikasi Simple Speedcheck. Dari namanya, barangkali orang beranggapan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi pengecekan kecepatan yang sangat sederhana. Dari segi tampilan, memang kesan yang biasa dan bersih dihadirkan dalam interface-nya.

aplikasi cek speed internet ringan dan hemat kuota data

Tidak ada efek yang terlalu berlebihan, tapi semua informasi tetap bisa tersaji dengan sangat baik dan mudah sekali untuk dipahami.

Namun, performa dari aplikasi ini tidak sederhana sama sekali. Data yang dihasilkan dari pengecekan kecepatan bisa dibilang cukup lengkap. Baik itu untuk mengecek jaringan yang menggunakan Wi-Fi ataupun paket data, semuanya bisa dilakukan dengan lancar. Histori atau rekaman pengecekan bisa ditemukan dan ini akan membantu pengguna yang ingin membuat perbandingan kecepatan.

5. Speedcheck by Etrality

Rekomendasi aplikasi terakhir adalah Speedcheck dari Internet Speed Test, Etrality. Sama halnya dengan aplikasi lainnya, fungsi utamanya bisa membantu pengecekan internet, baik itu yang menggunakan Wi-Fi ataupun dengan jaringan internet seluler atau paket data.

aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet

Tampilan pun sangat mudah dipahami dan informasi yang disajikan sangat lengkap. Fitur lalin yang membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi cek kecepatan internet terbaik di android adalah fitur untuk mencari jaringan Wi-Fi gratis, dan bahkan akan dimunculkan beberapa rekomendasi jaringan gratis terdekat. Hal ini tentu sangat berguna ketika sedang bepergian.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa dipasang di perangkat Android untuk mengecek kecepatan internet. Ada banyak aplikasi, dan masing-masing memiliki kekhasan masing-masing, dan fitur yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Ini memberikan referensi bagi para pengguna gawai yang selalu mengutamakan kecepatan jaringan internet. Baik itu sekedar untuk mengecek atau membandingkan kecepatan yang ada, beberapa aplikasi cek kecepatan internet terbaik di android ini bisa menjadi andalan. Ditambah lagi, aplikasi yang ada tersebut bisa diunduh dengan mudah dan tidak perlu takut dengan layanan berbayar.

Share jika suka!

Leave a Comment