Perbedaan Work from Home dan Freelance

Saat ini kata Work from Home (WFH) sangat populer dan banyak di gunakan oleh semua orang. Banyak dari mereka yang masih bingung apa itu work from home, apa kelebihan dan kekuranganya serta apa bedanya dengan freelance. Nah untuk menjawab semua itu, di artikel kali ini saya akan jelaskan satu-satu, mari simak artikel berikut ini.

Pengertian Work From Home

Work from home atau biasa di singkat WFH adalah singkatan dari bahasa inggris yang artinya Bekerja dari rumah. Jadi karyawan dapat bekerja tanpa harus ke kantor. Karyawan bisa kerja di mana saja yang penting bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh kantor.

Perbedaan Work from Home dan Freelance

Perbedaan WFH dengan Freelance

Sebelum mengetahui perbedaan work from home dengan freelance, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian Freelance.

Pengertian Freelance

Freelance adalah kata dari bahasa inggris yang berarti Pekerja Lepas. Freelancer yaitu seseorang yang bekerja sendiri tanpa melakukan penjanjian panjang (kontrak) dengan pemberi pekerjaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, perbedaan work from home dengan freelance adalah sistem kontrak nya. Pekerja WFH itu merupakan karyawan yang terikat komitmen dengan perusahaan, namun bekerja di rumah seperti freelance (Work Remotely).

Sedangkan Freelance yaitu pekerja lepas yang bekerja sesuai keinginan, tanpa perlu melakukan ikatan komitmen dengan perusahaan. Jadi bebas menerima pekerjaan dari siapa saja dan bebas menentukan peraturan pekerjaan sesuai kesepatakan dengan klien.

Perbedaan lainya yaitu biasanya WFH dibayar dengan Gaji bulanan, sedangkan freelance dibayar per project.

Walau sama-sama bekerja dari rumah, namun ternyata wfh dan freelance itu jauh berbeda.

Kelebihan Work from Home

Apapun jenis pekerjaan, tentu ada kelebihan dan kekuranganya. Nah, berikut adalah kelebihan-kelebihan WFH di bandingkan pekerjaan kantoran biasa :

1. Hemat Biaya

Ketika kita bekerja dirumah, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin, menyewa kendaraan, jajan di kantin atau biaya lainya. Hal ini dapat menghemat pengeluaran bulanan hingga 30%.

2. Fleksibel

Ketika kita bekerja tanpa ke kantor, kita bisa kerja dimana saja sesuai keinginan, entah itu di rumah, di co-working space, di cafe atau bahkan di warnet. Yang penting kita memiliki alat penunjang seperti laptop, internet dan alat penunjang pekerjaan lainya.

3. Lebih Produktif

Ketika kita berangkat ke kantor, tentu waktu kita akan banyak terganggu dijalan, entah itu terjebak macet, jalan kesana kemari, berinteraksi dengan rekan lain dan sebagainya. Itu akan menguras waktu anda sehingga mengurangi jam kerja anda.

Namun, jika bekerja dirumah, semua itu tidak akan terjadi sehingga anda dapat meluangkan waktu yang lebih untuk bekerja.

4. Bisa dekat dengan keluarga

Salah satu kekurangan pekerjaan kantoran yaitu jauh dari keluarga. Kita biasanya pergi pagi hari dan pulang sore hari. Waktu untuk keluarga begitu sedikit. Namun, jika kita bekerja dirumah, kita bisa kapan saja berinteraksi dengan keluarga.

5. Bebas dari gangguan kantor

Biasanya, di kantor kita sering tergaggu dari interupsi-interupsi rekan kerja atau bahkan atasan. Belum lagi jika kita memiliki masalah dengan rekan kerja lain, maka rasanya bekerja jadi tidak nyaman.

Nah, jika kita WFH, kita bisa lebih bebas dari gangguan tersebut sehingga bekerja lebih menyenangkan.

6. Lebih Bahagia

Bekerja dirumah sangatlah menyenangkan. Kita bebas dari macet, panas, gangguan teman kantor, hingga masalah-masalah lainya. Sehingga bekerja dari rumah dinilai lebih bahagia bagi sebagian orang.

7. Santai

Bekerja dirumah sangatlah santai. Kita tidak perlu terburu-buru berangkat karena kesiangan, panik terjebak macet dan lupa karena tidak membawa kartu identitas. Bekerja dirumah yang penting yaitu bekerja sesuai jam kerja dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai arahan.

Kekurangan Work from Home

Walaupun wfh memiliki banyak kelebihan, ternyata pekerjaan jenis ini juga memiliki kekurangan, antara lain

1. Masalah Teknis

Kadang kita akan terganggu dengan masalah-masalah teknis, seperti koneksi internet, komputer bermasalah dan data yang hilang. Kita tidak dapat meminta bantuan orang IT sehingga harus menyelesaikan masalah yang muncul sendirian.

2. Gangguan Keluarga

Jika kita telah memiliki anak, maka biasanya mereka akan mengguanggu kita di saat bekerja. Entah itu ingin jajan, ingin diperhatikan, ingin bermain games dan sebagainya.

Selain gangguan itu, masih banyak gangguan keluarga lain yang mungkin bisa terjadi.

3. Kurang Motivasi

Ketika kita sudah lama bekerja dari rumah, biasanya kita akan sedikit bosan dan kurang memiliki motivasi. Tidak ada lagi saingan kerja ataupun orang yang bisa memberi motivasi.

Kita harus memotivasi diri sendiri agar bisa tetap produktif saat bekerja.

4. Sulit Berkomunikasi

Ketika kita bekerja dari rumah, maka secara otomatis kita harus berkomunikasi lewat online. Entah itu teleconference, video conference, chat pribadi dan komunikasi jarak jauh lainya.

Kadang dengan komunikasi seperti ini kita akan sedikit kesulitan memahami maksud atau brief yang diberikan atasan. Sehingga dapat terjadi mis komunikasi yang mengganggu pekerjaan.

5. Jam Kerja tidak Teratur

Karena tidak ada yang mengawasi, kadang kita akan merasa bebas dan bangun seenaknya. Jam kerja biasanya akan berantakan seiring berjalanya waktu. Karena deadline yang tidak selesai maka kita akan sering bergadang hingga akhirnya jam tidur ikut terganggu.

Ini menyebabkan pola kerja yang kurang efektif sehingga kita bekerja secara tidak teratur dari waktu ke waktu.

Tips Work from Home agar lebih Produktif

Agar anda dapat bekerja lebih produktif, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini

1. Atur ruang kerja

Ketika kita memutuskan untuk bekerja dirumah, yang perlu diperhatikan pertama kali yaitu ruang kerja. Kita harus menyiapkan ruang khusus untuk bekerja dan menyusunya senyaman mungkin.

Kenali tubuh anda dan buat anda merasa nyaman dan rileks dalam bekerja. Anda dapat mengatur hal-hal sederhana seperti pencahayaan, tempat duduk, kursi, posisi duduk dan kerapihan meja kerja.

2. Buat Jadwal harian

Agar anda selalu produktif setiap hari, anda wajib menyusun time schedule setiap pagi agar anda memiliki panduan untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini sangat penting karena jika tidak mengatur waktu, anda akan mudah terganggu dengan hal-hal lain ketika dirumah.

3. Biasakan Mandi di pagi hari

Agar anda produktif, maka anda wajib mandi setiap pagi agar tubuh anda terasa fresh dan bugar. Selain itu, utamakan untuk melakukan sarapan pagi agar anda siap melakukan pekerjaan.

Selain faktor produktifitas, mandi pagi juga dapat menjaga kesehatan anda.

4. Olah raga rutin

Ketika bekerja dirumah, maka ruang gerak anda akan semakin sedikit. Anda akan jarang berjalan atau melakukan aktivitas fisik karena sebagian waktu anda habis di depan komputer.

Jika ini terus dibiarkan, maka akan berdampak pada kesehatan anda. Agar anda terhindar dari masalah-masalah kesehatan, biasakan untuk melakukan olahraga rutin sebelum kerja atau sesudah kerja.

Anda bisa jogging, melakukan senam pagi, jalan-jalan santai atau melakukan aktivitas lainya yang anda senangi.

5. Siapkan perangkat kerja

Setiap anda ingin bekerja, pastikan anda telah menyiapkan segala perangkat kerja yang dibutuhkan. Mulai dari laptop, komputer, catatan, data dan sebagainya. Jangan sampai waktu anda habis karena anda lupa menyiapkan perangkat yang dibutuhkan.

6. Hindari kontak keluarga di jam kerja

Tantangan bekerja dirumah salah satunya yaitu kontak keluarga. Jika anda berada dirumah, mungkin istri anda akan menyusuh sesuatu, anak anda akan merengek minta perhatian dan sebagainya.

Maka dari itu, anda perlu ruangan khusus ketika anda bekerja. Selain itu, minta istri atau orang tua anda untuk tidak mengganggu selama jam kerja. Hal ini penting agar anda dapat bekerja secara efektif.

7. Acak rutinitas dan kebiasaan kerja

Jika anda sudah bekerja dari rumah dalam waktu yang lama, biasanya akan ada rasa bosan dan malas yang muncul. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu sesuatu yang baru, salah satunya mengacak rutinitas.

Misalnya anda biasanya melakukan makan pagi pada jam 7 dan olah raga pada jam 8. Maka anda dapat menukar jadwal tersebut dan mengubah jam istirahat.

Ini akan membantu anda dalam mengurangi kejenuhan dalam bekerja.

Kesimpulan

Bekerja dirumah memang dambaan bagi setiap orang. Banyak sekali kelebihan yang bisa kita dapatkan jika dibandingkan bekerja di kantor. Work from home dinilai lebih produktif dan efisien. Namun, dibalik itu semua banyak sekali tantangan yang siap menunggu anda.

Jadi, jenis pekerjaan manakah yang cocok bagi anda? Bekerja di kantor, Work from Home atau Freelance?

Share jika suka!

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Saya merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment