Perbedaan HP Flagship, Gaming, Mainstream, Premium dan Biasa

Di era modern seperti sekarang, hampir setiap orang memiliki ponsel pintar (smartphone), hal ini dikarenakan hampir setiap pekerjaan dan kegiatan berhubungan dengan perangkat ini. Mulai dari komunikasi, pekerjaan, hiburan, media sosial, belajar dan hal lainnya. Dulu handphone identik dengan ponsel kotak yang berat dengan fungsi hanya telepon dan sms saja, namun kini hp lebih di identikan sebuah smartphone canggih dengan layar sentuh dan fitur yang lengkap.

Advertisement

Handphone sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa kategori, secara umum handphone dapat digolongkan menjadi featured phone, entry level (budget), middle level (mainstream), high end (flagship), Premium, dan Gaming. Nah di artikel kali ini, mimin akan menjelaskan masing-masing kategori dan perbedaanya. Simak artikel berikut ini…

Klasifikasi Jenis HP berdasarkan Kategori Umum

Nah, bagi anda yang ingin mengenal beberapa istilah kategori hp dari yang biasa hingga kelas premium, simak penjelasan berikut ini

Handphone

handphone biasa
Source : computerworld

Handphone atau telepon genggam adalah sebutan umum untuk semua jenis perangkat telekomunikasi elektronik yang menggunakan jaringan seluler dan memiliki kemampuan dasar seperti telepon konvensional (telepon rumah), ukurannya kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Namun, jika dilihat dari sejarah, handphone merupakan ponsel generasi awal yang hanya memiliki fungsi dasar yaitu telepon dan sms.

Advertisement

Contohnya misalnya seperti nokia 3310, 3210, siemens c35, motorola L2000, Ericsson R310 dan sejenisnya.

Ciri Handphone

LayarUkuran layar 3 inch kebawah dengan warna monochrome
PenyimpananTerbatas
BateraiDibawah 1000 mAh.
ProcessorMicroprocessor (basic).

Feature Phone

feature phone
Source : TuxPhones

Featured phone adalah handphone yang lebih canggih dari handphone biasa, berada di tengah-tengah antara basic handphone dan smartphone. Sesuai namanya yaitu “Featured”, yang bermakna diberi fitur, handphone jenis ini sedikit lebih berguna karena memiliki fitur-fitur tambahan, seperti kamera, games, media sosial, multimedia atau bahkan web ringan (wap).

Namun, fitur dan spesifikasi masih terbatas, misal hanya memakai sistem operasi dengan dukungan java, penyimpanan dibawah 8 GB, resolusi layar kecil, dan masih menggunakan tombol fisik atau layar sentuh resistive.

Contoh featured phone misalnya seperti Nokia C3, Samsung Champ, Nokia 150, Samsung c3322, dan sejenisnya.

Ciri Feature Phone

LayarTFT atau IPS LCD Berwarna, Ukuran 2 sampai 5 Inch, Resolusi Rendah
Penyimpanan8 MB – 4 GB
Fitur (yang biasanya hadir)Kamera, multimedia, web, media sosial, 2G atau 3G, games, java, radio, microSD, infrared, bluetooth
BateraiDibawah 1500 mAh.
ProcessorARM Processor (low entry)

Smartphone Entry Level (Budget)

smartphone terbaik 1 jutaan
Source Giztop

Generasi selanjutnya setelah feature phone yaitu smartphone. Smartphone sendiri dibagi menjadi beberapa kelas, yang paling rendah yaitu smartphone kelas entry level atau biasa disebut budget smartphone.

Smartphone sendiri mulai booming ketika nokia memperkenalkan sistem operasi Symbian OS, Blackberry dengan BB OS, Microsoft dengan Windows Mobile, Palm OS dengan WebOS, Samsung dengan Bada serta Tizen OS dan Iphone dengan iOS nya. Kemudian menyusul smartphone bersistem operasi Android yang kini telah diakuisisi oleh Google.

Smartphone generasi awal yang populer misalnya seperti Nokia E63, Nokia NGage, N95, Iphone 3G, Blackberry Gemini, Samsung Omnia, HTC S710 dan sebagainya.

smartphone jadul
Sumber symbiantechnology

Namun, di era sekarang smartphone sudah didominasi oleh dua raksasa besar, yaitu Google dkk dengan Android, dan Apple dengan iOS nya.

Kelas ini masih banyak diperdebatkan, ada yang bilang entry level itu dibawah 1 juta, ada juga yang bilang antara 1 sampai 2 juta. Namun, yang jelas HP Entry Level memiliki ciri yaitu paling murah di kelasnya. Misal, samsung J Series, entry level nya yaitu seri J1, J2 dan J3, mid levelnya yaitu J5 keatas. Jika di iphone yaitu iPhone SE.

Contoh lain smartphone entry level misalnya seperti xiaomi redmi 2, samsung a10, oppo A15, sony xperia L3, vivo Y20, poco M3, asus zenfone 4, realme c17, infinix smart 5, dan sejenisnya.

Sasaran targetnya biasanya yaitu anak usia remaja atau orang tua yang tidak terlalu membutuhkan fitur lebih dari sebuah smartphone.

Ciri Smartphone Entry Level (Low End)

Layar5 inci ke bawah. Resolusi Sedang dengan Teknologi TFT atau IPS.
RAM512MB sampai 2GB.
Baterai1500 sampai 3000 mAh.
InternalKurang dari 32 GB
KameraSingle atau Dual Kamera dengan Kualitas Standar
ProcessorDual-core atau Quad-core (kelas entry level).
KelasTerendah dari seri masing-masing pabrikan
PerformaTerbatas, hanya untuk penggunaan biasa, media sosial, multitasking sederhana atau gaming ringan.
HargaKurang dari 2 Juta

Smartphone Middle Class (Mainstream)

smartphone kelas menengah terbaik
Source Indianexpress

Selanjutnya yaitu kelas menengah (middle class/mid end) atau biasa dikenal dengan kelas mainstream, yaitu kelas pertengahan antara kelas low end dengan high end.

Kelas ini juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kelas Menengah Kebawah (2-5 Juta) dan Kelas Menengah Keatas (5-10 Juta).

Smartphone mainstream banyak digemari orang karena menawarkan performa mirip dengan flagship namun dengan harga lebih terjangkau. Biasanya, di kelas ini pabrikan akan sedikit menyisipkan fitur-fitur dari flagship mereka, misalnya samsung di seri A, huawei di seri honor dan nova atau xiaomi di seri note nya.

Karena range harga yang sangat luas, biasanya pabrikan memiliki banyak tipe smartphone di kelas ini, untuk mengisi dari kelas menengah bawah hingga menengah atas. Smartphone di kelas ini berfungsi sebagai pengisi gap antara smartphone entry dengan flagship.

Contoh smartphone middle class misalnya seperti Samsung A51, Huawei Nova 5T, Realme 6, Xaomi Note 9 dan sejenisnya.

Sasaranya biasanya anak muda atau orang dewasa yang memiliki budget pas namun menginginkan performa terbaik di kelasnya.

Ciri Smartphone Middle Class (Mainstream)

Layar5-7 inci. Resolusi Tinggi dengan Teknologi IPS, Oled hingga Amoled dengan Refresh Rate 60-120Hz, Dilengkapi Pelindung Layar Bawaan
RAM4GB sampai 8GB.
Baterai2500 sampai 7000 mAh.
Internal32 GB – 128 GB
KameraDual Kamera hingga Quad Kamera dilengkapi dengan AI dengan kualitas lumayan baik.
ProcessorQuad-core hingga Octa Core (kelas mid level) dilengkapi GPU yang lumayan powerful.
KelasMenengah dari seri masing-masing pabrikan
PerformaSeimbang antara harga dan kualitas, mendukung hampir setiap pekerjaan, gaming, photography, multitasking hingga perkerjaan yang memanfaatkan fitur khusus,
Harga2-5 Juta (Menengah Kebawah), 5-10 Juta (Menengah Atas)

Smartphone High End (Flagship)

smartphone flagship highend terbaik
Source Fonpit

Smartphone selanjutnya yaitu smartphone kelas high end atau biasa disebut flagship. Smartphone flagship adalah produk unggulan atau terbaik yang ditawarkan oleh pabrikan smartphone. Bisanya serinya terus dikembangkan dan dirilis setiap satu tahun sekali.

Karena produk ini merupakan produk unggulan maka tiap pabrikan biasanya memberikan fitur-fitur terbaik dan terkini pada seri high end karena ini merupakan smartphone yang menjadi identitas dan tolak ukur di zamannya.

Contohnya seperti teknologi layar terbaik, teknologi pengisian daya cepat, koneksi 5G tercepat, desain yang elegan dan futuristik, serta dukungan fitur dan sistem operasi versi terbaru.

Contoh smartphone kategori ini seperti Samsung S Series, Iphone Pro Series, Huawei P dan Note Series, Google Pixel, Xiaomi Mi Series, Oppo Find Series, Vivo X Series, dan sejenisnya.

Ditujukan untuk para pekerja atau orang yang sudah mapan yang memerlukan smartphone dengan fitur terbaik.

Ciri Smartphone High End (Flagship)

Layar5-7 inci. Resolusi Tinggi dengan Teknologi Layar Terbaru seperti Dynamic Amoled atau Super Retina XDR dengan Refresh Rate diatas 120Hz, Dukungan HDR, DCI-P3 dengan Color Gamut Luas, Pelindung Layar Premium
RAM8 GB keatas.
Baterai3500 sampai 7000 mAh.
Internal64 GB – 1 TB
KameraDual Kamera hingga Quad Kamera dilengkapi dengan AI dengan kualitas terbaik di zamannya. Sensor kamera seri premium.
ProcessorOcta Core keatas (kelas high end) dilengkapi GPU yang powerful serta efisiensi daya yang baik.
KelasTerbaik dari seri masing-masing pabrikan
PerformaMenawarkan fitur dan performa terbaik, teknologi terbaru, desain premium, dan mendukung setiap pekerjaan, gaming berat, photography, hingga multitasking berat.
Harga10 Juta Keatas

Smartphone Premium

smartphone premium terbaik

Smartphone premium merupakan smartphone terbaik dengan fitur tambahan yang biasanya lebih spesifik dan menonjol. Selain itu biasanya juga menawarkan ekslusivitas atau bahkan jumlahnya terbatas (limited edition).

Misalnya seperti galaxy z fold yang menawarkan layar lipat yang luas, galaxy note yang mendukung layar lebar serta stylus atau iphone custom grafir emas yang menawarkan ekslusivitas.

Smartphone kategori ini ditujukan untuk orang-orang yang membutuhkan fitur tambahan atau orang yang ingin mencoba fitur baru tanpa memperdulikan lagi harga.

Contohnya seperti Samsung Galaxy Note Series, Samsung Galaxy Z Fold, iPhone Custom Edition, dan sejenisnya.

Ciri Smartphone Premium

  • Memiliki fitur tambahan
  • Spesifikasi setara dan bahkan lebih dari seri flagship
  • Menawarkan ekslusivitas
  • Harga diatas flagship

Smartphone Gaming

hp gaming terbaik saat ini

Smartphone kategori terakhir yaitu smartphone gaming. Sesuai namanya, smartphone gaming yaitu smartphone khusus yang dirancang untuk menghasilkan performa tinggi saat digunakan untuk bermain game.

Biasanya smartphone gaming dilengkapi chipset terbaik dan terkencang, refresh rate layar tinggi, dukungan teknologi pendingin bawaan, ukuran baterai besar, serta fitur tambahan yang memudahkan kita untuk bermain game agar lebih kompetitif.

Smartphone gaming sendiri tidak memiliki standar khusus jika dilihat dari harga, karena masing masing pabrikan bisa memasukanya ke kategori flagship, mainstream atau bahkan low end. Namun, kini banyak pabrikan yang menggunakan istilah smartphone gaming hanya untuk “gimmick marketing”.

Contoh smartphone gaming misalnya seperti Asus ROG Phone, Xiaomi Black Shark, atau Razer Phone.

Ciri Smartphone Gaming

  • Menggunakan chipset seri tertinggi
  • Teknologi layar dengan refresh rate diatas 120Hz
  • RAM diatas 8 GB
  • Teknologi Audio yang canggih
  • Ukuran layar lebar dengan resolusi tinggi
  • Dukungan teknologi pendingin
  • Ukuran baterai besar
  • Teknologi jaringan cepat dan minim latensi
  • Aksesoris gaming tambahan lengkap
  • Memiliki software pendukung khusus gaming

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan masing-masing kategori smartphone dari mulai handphone biasa hingga smartphone paling mahal dan canggih. Kesimpulannya yaitu…

  • HP Biasa : handphone dengan fitur basic yang hanya mendukung telepon dan sms, biasanya memiliki layar monochrome
  • Feature Phone : handphone yang memiliki fitur tambahan seperti kamera, radio, internet, multimedia, media sosial hingga game, namun terbatas
  • Smartphone Entry Level : smartphone dengan fitur seadanya dengan harga yang murah, hanya mendukung fungsi-fungsi dasar seperti browsing, media sosial, multitasking dan gaming ringan
  • Smartphone Mid Class (Mainstream) : smartphone kelas menengah dengan fitur dan harga yang terbaik, dilengkapi beberapa fitur flagship namun dengan harga terjangkau.
  • Smartphone High End (flagship) : smartphone seri terbaik yang dikeluarkan vendor, menawarkan spesifikasi, teknologi dan fitur terbaru di zamannya.
  • Smartphone Premium : smartphone dengan fitur khusus dengan teknologi dan fitur baru yang revolusioner. Harganya lebih tinggi dari flagship.
  • Smartphone Gaming : smartphone khusus yang dirancang dan dioptimalkan untuk bermain game, menggunakan chipset seri tercepat dengan fitur penanunjang gaming yang memadai mulai dari layar, manajemen panas hingga software.

Sekian artikel mengenai perbedaan dan jenis-jenis smartphone yang ada saat ini.

Saya harap, artikel ini dapat menambah wawasan anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment