Pentingnya Menjaga Kesehatan Lutut bagi Pekerja WFH

Semenjak pandemi menyerang dunia, banyak kantor dan perusahaan yang memberlakukan sistem kerja dirumah atau biasa disebut dengan Work from Home (WFH). Hal ini bertujuan agar interaksi dan kerumunan massa dapat dikurangi demi penekanan penyebaran virus yang semakin masif. Namun, WFH ini juga menimbulkan dampak positif maupun negatif.

Salah satu dampak negatifnya yaitu kurangnya gerak badan, sehingga membuat tubuh semakin lemah dan kemampuan fisik menurun. Hal ini dapat semakin parah seiring dengan waktu jika kita jarang berolahraga.

Salah satu keluhan yang paling sering dialami ketika wfh, termasuk saya pribadi yaitu keluhan pada sendi lutut yang sering nyeri dan sakit. Rasa nyeri ini timbul di sekitar lutut terutama dibagian tempurung, sendi atau tulang rawan.

Bagi yang usianya masih muda tentu ini merupakan sesuatu yang wajib diwaspadai. Apalagi untuk usia tua yang resiko nya lebih tinggi. Maka dari itu kita wajib mengetahui informasi mengenai gejala ini agar lebih waspada dan dapat mencegah sedari dini.

Gejala Awal Nyeri Lutut

Pengetahuan tentang radang sendi sangat jarang kita temukan, kita mungkin baru mencarinya ketika sudah mengalami atau merasakan sakit di area lutut. Ada beberapa gejala yang akan timbul ketika mengalami radang rendi lutut. Ciri-cirinya dapat kita kenali secara mandiri dengan merasakan gejala dan melihat bentuk lutut.

Berikut adalah beberapa gejala awal dari radang sendi lutut,

1. Lutut Terlihat Bengkak

Gejala yang biasanya timbul paling awal dan mudah dikenali yaitu timbulnya bengkak pada area lutut. Bengkak ini jika ditekan akan terasa sakit dan ngilu. Selain itu biasanya timbul ruam kemerahan di sekitar pembengkakan.

Pada umumnya bengkak ini berlangsung lama lebih dari satu hari, jika anda mengalaminya sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

2. Bentuk Lutut Berbeda dari Biasanya

Karena pembengkakan dan radang, biasanya bentuk lutut akan berubah dari biasanya. Area sekitar tempurung terlihat cekungan karena pelemahan otot, dan area lain tampak bengkak karena radang.

3. Mengeluarkan Suara ketika Digerakan

Gejala lainnya yang mungkin timbul yaitu munculnya suara ketika lutut digerakan. Ini disebabkan karena tulang rawan yang mulai berkurang sehingga gerakan sendi menjadi sedikit kasar. Ini menyebabkan suara serta rasa sakit di area lutut.

4. Sulit Digerakan

Radang sendi (osteoarthritis) menyebabkan sendi sedikit kaku dan sulit digerakan. Walaupun bisa digerakan biasanya akan terasa sakit dan tidak nyaman. Hal ini dikarenakan tulang rawan yang sudah berkurang sehingga menyebabkan pergerakan sendi menjadi kaku.

5. Kemampuan Otot Melemah

Selain sulit digerakan, gejala radang sendi lainnya yaitu lutut menjadi lemah dan truktur tulang sendiri mulai goyah dan kurang stabil. Hal ini terjadi jika peradangan dan kemampuan tulang rawan sudah berkurang secara drastis.

Lantas, apa saya penyebab radang nyeri lutut?

Penyebab Nyeri Lutut

Gejala radang lutut yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan tulang rawan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Selain lutut, ini juga bisa terjadi di bagian sendi lain misalnya seperti jari, tulang punggung, sendi tangan dan sebagainya.

Beberapa faktor penyebab masalah nyeri lutut ini antara lain sebagai berikut:

  • Jarang berolah raga
  • Faktor usia
  • Wanita yang sudah menopause
  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Cedera atau pernah melakukan operasi sendi
  • Riwayat turunan
  • Kelainan bawaan sejak lahir
  • Pengaruh dari efek samping obat atau penyakit tertentu

Cara Mencegah Radang Sendi Lutut

Agar kita terhindar dari bahaya radang sendi lutut, terutama bagi kita yang jarang melakukan aktivitas fisik dan bekerja wfh, ada beberapa tips untuk mengurangi resiko penyakit ini. Antara lain sebagai berikut:

  • Rajin berolah raga dan aktif melakukan aktivitas fisik sesuai dengan anjuran dokter
  • Lakukan peregangan otot lutut secara rutin
  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Jangan bergadang, istirahat yang cukup
  • Rajin minum air putih
  • Jaga postur tubuh saat bekerja, entah dalam posisi duduk atau berdiri
  • Rutin mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, terutama suplemen untuk tulang dan sendi

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi singkat mengenai pentingnya menjaga kesehatan lutut bagi para pekerja rumahan agar tetap sehat dan fit. Pastikan anda rutin menyempatkan waktu untuk berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dan menjaga pola hidup agar fisik kita tetap prima walaupun bekerja didepan komputer setiap hari.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment