Pengalaman Update iOS di HP iPhone ex Inter

Seperti yang kita tahu, rata-rata iPhone bekas yang beredar di pasaran saat ini merupakan garansi internasional atau biasa disebut iphone ex inter.

iPhone ex inter sangat diminati karena harganya sangat murah, jauh lebih murah dari iPhone garansi resmi. Perbedaanya cukup signifikan, bisa sampai 2-3 juta.

Namun, rata-rata HP ex Inter memiliki kekurangan yang krusial, yaitu IMEI nya tidak terdaftar resmi di database kemenperin. Ini menyebabkan sinyal bisa di blokir sewaktu-waktu oleh pemerintah.

Apa Hubungan antara Update iOS dan HP iPhone Garansi Internasional?

Seperti di singgung sebelumnya, iPhone ex Inter rata-rata IMEI nya tidak terdaftar di database kemenperin. Jika ini dibiarkan, maka sewaktu-waktu sinyal bisa di blokir.

Namun, para pebisnis jual beli iphone ex inter biasanya mengakali hal tersebut dengan membayar pelaku jasa imei.

Lewat jasa mereka, IMEI yang semula di blokir bisa lolos, bahkan bisa langsung terdaftar di database kemenperin.

Namun, hal ini bersifat sementara. Biasanya selang beberapa bulan atau tahun, IMEI bisa kembali terbaca oleh mesin milik pemerintah sehingga terkena blokir.

Apalagi jika pengguna melakukan update iOS ke versi terbaru, semua konfigurasi atau inject yang dilakukan bisa terhapus dan kembali ke setelan pabrik.

Inilah yang menyebabkan beberapa pengguna iPhone ex inter mengeluhkan sinyal hilang setelah upgrade iOS.

Pengalaman Upgrade iOS di iPhone Ex Inter

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah iPhone Inter bisa Update iOS?

Jawabanya, tentu bisa!

Karena iPhone garansi resmi dan ex inter itu sama saja, hanya beda jenis garansi saja.

Namun, iPhone ex inter yang tidak membayar pajak biasanya tidak terdaftar di database imei miliki pemerintah. Hanya iPhone bergaransi resmi yang terdaftar.

Ini menyebabkan iPhone ex inter bisa mengalami masalah no Service alias sinyal hilang.

Ini saya alami sendiri!

Pengalaman saya dulu, yaitu membeli iPhone X garansi inter. Saya memang terbiasa jual beli HP karena hobi. Dari mulai iPhone 6 hingga iPhone 13 Pro saya pernah memilikinya.

Nah, di kasus iPhone X ini, saya penasaran mencoba garansi ex inter. Secara fisik dan performa sama saja, namun harganya jauh lebih murah.

Namun, masalah baru muncul ketika saya melakukan update iOS. Waktu itu update dari iOS 12 ke iOS 15. Setelah update iOS 15 sinyal hilang!

Baca Juga:

Saya pun bertanya-tanya, apakah ini terjadi karena kegagalan update, atau IC baseband yang rusak.

Setelah bertanya di forum facebook, ternyata banyak juga yang mengalami hal serupa. Usut punya usut, IMEI saya suntikan alias inject.

Jadi ketika update iOS IMEI kembali ke semula yang akhirnya terdeteksi alat milik pemerintah dan ujung-ujungnya di blokir!

Namun, ini hanya terjadi di iPhone X saya, di iPhone 8 ini tidak terjadi walau sama-sama ex inter. Mungkin iPhone 8 ini sudah ada sebelum aturan IMEI diberlakukan.

Jadi, Apakah upgrade iOS di HP Ex Inter Aman?

Tergantung, apakah iPhone ex inter Anda membayar pajak atau tidak. Jika membayar pajak bisa dipastikan aman, karena IMEI anda sudah di daftarkan oleh pihak bea cukai.

Sebaliknya, jika iPhone ex inter Anda masuk lewat jalur ilegal dan tidak membayar pajak, bisa dipastikan akan di blokir, walau tidak dalam waktu dekat.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda minta penjual atau tempat Anda membeli iPhone untuk melakukan upgrade iOS. Biaya upgrade ios di konter bervariasi, antara 50 ribu hingga 500 ribu.

Selain lebih cepat, menggunakan jasa upgrade iOS juga merupakan salah saru cara agar update ios 15 agar tidak gagal, yang menyebabkan sinyal jadi no service.

Jangan Update iOS Jika Tidak Perlu!

Saran dari saya bagi Anda yang membeli iphone baru atau bekas ex inter, jika ada update iOS yang tidak perlu lebih baik jangan di update.

Selama perangkat aman dan nyaman digunakan, gunakanlah versi iOS bawaan. Kecuali Anda menemukan bug atau ada fitur baru yang berguna.

Resiko update ios sendiri salah satunya yaitu hilang sinyal, bahkan jika Anda melakukan update dengan sinyal pas-pasan, rawan terjadi corrupt yang bisa menyebabkan hp mati total.

Kesimpulan

Update iOS di iPhone Inter aman-aman saja dilakukan selama HP yang kita beli sudah membayar pajak. Namun, jika IMEI HP kita tidak terdaftar di database kemenperin, alangkah lebih bijak untuk menunda update iOS.

Solusi lebih aman yaitu melakukan update di tempat Anda membeli HP. Minta bantuan mereka, agar jika terjadi sesuatu Anda bisa mengajukan komplain.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment