Pengalaman Menghasilkan Uang dengan Shopee Affiliate

Banyak sekali orang yang penasaran bagaimana cara promosi shopee affiliate yang cepat untuk menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah. Mereka mungkin sering melihat screenshoot para influencer atau bahkan teman yang memamerkan hasil komisi shopee affiliate yang nilainya menggiurkan.

Banyak sekali pemula hingga pakar digital marketing yang akhirnya bermain shopee affiliate karena menawarkan komisi besar dengan usaha yang kecil nyaris tanpa modal.

Hanya dengan smartphone dan internet, kita bisa mulai menghasilkan uang tanpa modal dan keahlian khusus. Itulah mengapa, sejak diluncurkan, jumlah member shopee affiliate terus bertambah dan makin populer hingga saat ini.

Nah bagi Anda yang baru mengenal shopee affiliate dan penasaran bagaimana cara kerjanya, anda bisa menyimak artikel berikut ini

Sebaiknya Anda membaca dan memahami seluruh artikel agar Berhasil

Apa itu Shopee Affiliate?

Shopee affiliate adalah program khusus dari shopee untuk para pengguna yang ingin mendapatkan komisi dari setiap produk yang dipromosikan lewat internet.

Shopee affiliate program menawarkan komisi hingga puluhan juta per bulan. Komisi yang diberikan bervariasi mulai dari 2,5% hingga 10%. Bahkan untuk produk tertentu, para affiliater bisa mendapatkan komisi hingga 100%.

besar komisi shopee affiliate

Cara Daftar Shopee Affiliate Agar Diterima

Siapapun dapat melakukan registrasi pendaftaran shopee affiliate. Shopee affiliate sendiri terbagi menjadi tiga kategori, yaitu

  • Shopee Affiliate: Semua pengguna tanpa persyaratan khusus
  • Shopee Influencer: Minimal memiliki 2.000 followers atau subscriber di media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter atau Youtube
  • Shopee Partner: Influencer terpilih yang memiliki 2.000 followers atau subscriber di media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter atau Youtube dan aktif mencapai target

a. Syarat Pendaftaran Shopee Affiliate

  • Memiliki akun media sosial
  • Memiliki minimal 1 followers, teman atau subscriber di Facebook, Instagram, TikTok, Twitter atau Youtube
  • Aktif di media sosial
  • Memiliki konten yang original
  • Tidak di privat dan terbuka untuk umum
  • Akun media sosial merupakan akun pribadi, bukan akun toko atau jualan
  • Akun bebas dari unsur SARA (Suku, Ras, Agama) dan hal lain yang tidak sesuai dengan peraturan di Indonesia
  • Bukan produk terlarang

b. Langkah Registrasi Shopee Affiliate

kode tim shopee affiliate

Agar anda mulai bisa mendapatkan komisi, anda bisa bergabung dengan salah satu tim. Berikut adalah cara daftarnya

cara daftar shopee affiliate agar diterima
  • Pertama buka halaman registrasi shopee affiliate
  • Kemudian login menggunakan akun shopee yang sudah Anda miliki, jika belum anda bisa membuatnya terlebih dahulu
  • Selanjutnya isi formulir pendaftaran dengan lengkap
  • Jika ingin daftar lewat referensi saya, bisa masukan kode referral L758WTV
  • Setelah itu klik daftar dan tunggu pengumuman penerimaan paling lama 3 hari kerja.
  • Pengumuman akan dikirim lewat email, silahkan cek folder Kotak Masuk, Promotion atau SPAM secara berkala

Cara Kerja Shopee Affiliate

Cara kerja shopee affiliate sangat sederhana. Shopee atau para seller ingin produknya banyak dilihat dan dibeli oleh orang lain. Nah, inilah tugas para affiliate yaitu membagikan link produk sebanyak-banyaknya.

Setiap orang yang mengklik maka akan terekam, jika orang yang mengklik tersebut membeli produk maka komisi akan masuk ke affiliate yang membagikan link.

Yang menguntungkan dari shopee yaitu, walaupun orang tidak membeli produk yang Anda bagikan, Anda bisa tetap mendapatkan komisi dari pembelian lain yang dilakukan.

Yang terpenting, Anda sudah menarik orang untuk mengklik link yang Anda bagikan.

Contoh:

  • Anda membagikan link affiliate produk sepatu. Ada teman anda yang penasaran dan klik link tersebut. Tapi karena harganya mahal teman anda tidak jadi membeli.
  • Tiga hari kemudian, teman Anda membuka shopee dan membeli sebuah tas. Nah Anda tetap mendapatkan komisi karena cookies Anda masih tersimpan di aplikasi shopee teman Anda.

Cara Membagikan Link Affiliate Shopee

Mungkin banyak orang yang masih belum paham dari mana link shopee affiliate didapatkan. Hal ini penting karena jika link tidak dibagikan dengan benar maka komisi tidak akan masuk.

Perlu di ingat, link bukan berasal dari menu bagikan pada halaman produk!

Melainkan harus di convert terlebih dahulu di menu “Saya” > “Shopee Affiliates Program”

Caranya:

  • Cara produk atau halaman shopee yang ingin Anda bagikan
  • Copy link nya
  • Masuk ke menu Saya > Shopee Affiliate Program > Akun > Ubah Link
  • Paste link produk di kolom link shopee
  • Kemudian klik “Link”
  • Nah, link inilah yang harus Anda bagikan ke teman atau followers di media sosial agar mendapatkan komisi

Selain produk yang Anda pilih, Anda juga bisa langsung mendapatkan link produk secara cepat di menu “Shopee Affiliates Program”

cara membagikan link shopee affiliate

Bukti Bayaran Shopee Affiliate

Shopee affiliate terbukti membayar dan fair kepada para affiliate-nya. Saya dan istri saya juga memiliki akun shopee affiliate. Penghasilan tertinggi yang pernah didapat yaitu sekitar 8 juta rupiah ketika moment ramadhan dan idul fitri.

bukti penghasilan shopee affiliate

Itu termasuk sedikit, bagi orang-orang yang rajin dan memiliki banyak followers, mereka bahkan ada yang tembus ratusan juta per bulan. Sangat menggiurkan.

Namun, akhir-akhir ini saya jarang melakukan promosi. Namun istri saya masih aktif sehingga penghasilan tidak sebesar sebelumnya.

Namun, sangat lumayan karena penghasilan tetap masuk jika ada orang yang klik link yang sudah dibagikan di media sosial.

statistik shopee affiliate

Ini cukup menguntungkan, seperti passive income yang terus berjalan walaupun kita berhenti melakukan promosi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa shopee affiliate sangat direkomendasikan bagi anda yang membutuhkan uang tambahan tanpa harus mengeluarkan modal. Cukup dengan HP dan Internet anda bisa menghasilkan uang.

Baca Juga:

Nah berikut saya share pengalaman saya meningkatkan penghasilan shopee affiliate hingga tembus jutaan rupiah.

Pola Promosi Shopee Affiliate Gratisan (Step by Step)

Sebelum promosi, anda harus sedikit belajar tentang pola marketing. Dalam dunia marketing dikenal dengan istilah funneling.

Nah, anda tidak perlu repot belajar funneling, cukup pahami pola berikut ini.

Buat Akun > Membuat Konten > Mengumpulkan Database > Promosi

  • Buat akun: Menyiapkan akun berbagai media sosial untuk digunakan promosi
  • Membuat konten: Siapkan konten yang bisa menarik orang, contohnya video unik, meme, foto produk, sharing ilmu, ebook gratis, giveaway dan lain sebagainya
  • Mengumpulkan Database: Ajak semua orang untuk follow, masuk ke grup, berteman atau subscribe
  • Promosi: Setelah Anda memiliki akun dengan teman, kontak, subscriber atau follower banyak. Saatnya promosi dengan cara halus dan elegan.

Tips Promosi Shopee Affiliate yang Menguntungkan

Ada beberapa cara dalam mempromosikan link shopee affiliate mulai dari yang organik (gratis) hingga berbayar, berikut saya bagikan cara nya

1. Promosi di Grup Racun Shopee

rekomendasi grup racun shopee

Di facebook atau telegram banyak sekali grup racun shopee. Grup racun shopee adalah suatu kumpulan orang yang membagikan rekomendasi produk yang unik atau menarik untuk dibeli.

Nah, disini ada ratusan ribu anggota yang berpotensi untuk mengklik link yang Anda bagikan. Anda bisa bergabung ke semua grup racun shopee yang ada dan melakukan promosi di sana.

2. Promosi di Grup Facebook

image 11

Selain di grup racun shopee, Anda juga bisa melakukan promosi di grup yang spesifik. Misalnya Anda ingin promosi link produk HP, nah Anda bisa mencari forum jual beli elektronik dan mempromosikannya disana.

Jika Anda ingin membagikan link sepatu, bisa di forum jual beli sepatu. Ini akan meningkatkan peluang orang mengklik link yang Anda bagikan.

Namun, yang perlu di ingat Anda harus membaca peraturan grup terlebih dahulu agar Anda tidak di keluarkan. Selain itu hindari promosi secara terus menerus atau spamming agar akun facebook Anda tidak di banned.

3. Membuat Fanspage Khusus Racun Shopee

image 12

Facebook fans page juga bisa dimanfaatkan untuk promosi link affiliate shopee. Contohnya seperti akun diatas yang membuat fans page rekomendasi produk pribadi.

Anda hanya perlu mengajak teman menyukai fanspage kemudian rajin membagikan produk berkualitas sehingga mereka tertarik membeli lewat link yang Anda bagikan.

4. Memperbanyak Kontak WhatsApp dan Rajin Update Status

Salah satu cara paling efektif dan cepat yaitu lewat WhatsApp. Pasti hampir setiap orang memiliki akun WhatsApp. Nah ini bisa kita manfaatkan untuk share link shopee affiliate.

Sebelum melakukan share, pastikan Anda rajin memperbanyak kontak, Target dalam sebulan minimal 1000. Anda bisa cari di grup alumni, grup kerja, atau grup lain yang Anda ikuti.

Setelah itu, Anda bagikan foto produk berkualitas atau video unik di story. Di slide selanjutnya baru bagikan link pembeliannya.

5. Membeli Akun Instagram

Jika Anda memiliki budget dan ingin investasi untuk dijadikan akun promosi. Ada cara cepatnya yaitu dengan membeli akun instagram yang sudah banyak followers aktif.

Akun tersebut bisa disesuaikan dengan produk yang ingin kita promosikan. Misal kita fokus di produk unik, nah kita bisa membeli akun instagram niche produk unik.

Setelah dibeli, kita bisa manfaatkan untuk promosi. Kriteria akun instagram yang baik agar bisa melakukan swipe up link yaitu:

  • Minimal 10.000 Followers
  • Interaksi tinggi (like, view story)
  • Followers naik secara organik
  • Rajin update konten
  • Bukan followers suntikan

6. Beriklan di Media Sosial

Jika Anda tidak memiliki followers atau ingin cepat menghasilkan. Cara paling cepatnya yaitu dengan strategi make money with money.

facebook ads to shopee affiliate

Strategi ini yaitu dengan cara beriklan di media sosial. Kenapa di media sosial? Karena biayanya sangat murah, 100.000 kita bisa menjangkau ribuan orang dalam sehari.

Dan jika kita pintar membuat konten iklan menarik, maka biaya nya akan semakin murah.

Apakah tidak rugi?

Tentu tidak, saya pernah mencoba dengan beriklan di facebook dan instagram Rp. 200.000, dan saya berhasil mendapatkan komisi Rp. 550.000. Untuk Rp. 350.000 dengan cepat.

Namun Anda perlu belajar digital marketing dasar agar Anda bisa membuat iklan yang murah dan efektif.

7. Upload Konten di Youtube

Youtube bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan klik yang banyak. Tidak perlu pusing memikirkan subsciber ataupun konten yang bagus.

Karena kita bukan mencari Adsense, melainkan views yang banyak. Kita hanya perlu upload video sebanyak-banyaknya, entah itu video produk, slide show foto, video lucu atau apapun itu.

image 14

Di deskripsi kita bisa cantumkan link shopee. Agar banyak orang yang klik, tambahkan kata-kata yang unik dan mengundang banyak penarasan orang.

8. Manfaatkan Blog Gratisan

Jika Anda lebih senang menulis, Anda bisa membuat blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com, Disini anda bisa menulis konten mengenai review produk, pengalaman menggunakan produk, tips and trik ataupun konten lain yang bisa menarik pembaca.

Contohnya seperti saya yang membagikan tips shopee affiliate. Tentu jika kita membagikan sesuatu yang bermanfaat, akan ada orang yang senang dengan tulisan kita dan akhirnya mengklik link affilate yang dibagikan sebagai tanda terima kasih.

9. Menggunakan Email Marketing

Bagi Anda yang memiliki kontak banyak di email, bisa dimanfaatkan untuk promosi. Email masih menjadi media yang efektif untuk digital marketing.

Kita bisa membuat konten mengenai review produk, rekomendasi produk, info promo terbaru dan membagikannya ke list email yang kita punya.

10. Membuat Grup WhatsApp, Facebook atau Channel Telegram

Agar Anda lebih leluasa dalam promosi, dibandingkan Anda promosi di grup milik orang lain lebih baik Anda membuatnya sendiri.

Membuat grup sangatlah mudah, Anda cukup mengundang teman atau orang lain untuk gabung dengan memberikan manfaat kepada mereka.

Contohnya seperti Giveaway rutin, bagi-bagi pulsa, ebook gratis, produk gratis atau lain sebagainya. Selain materi, Anda juga bisa membagikan ilmu yang bermanfaat untuk menarik orang ke dalam grup.

Rahasia Mendapatkan Komisi Besar di Shopee Affiliate

Banyak orang yang merasa mereka berhasil mengundang banyak pembeli namun komisi yang diberikan sangat kecil.

Nah mungkin mereka melakukan strategi yang kurang tepat. Perlu diketahui, agar kita mendapatkan komisi besar, kita harus tahu terlebih dahulu toko atau produk mana yang memberikan persentase komisi yang paling besar.

Anda akan mendapatkan komisi maksimal Rp.10.000 dari toko berlabel Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+ dan Star Seller.

Jika ingin komisi lebih besar dari itu, Anda bisa mempromosikan produk “komisi tertinggi” yang ada di menu “Shopee affiliates program

produk shopee affiliate komisi tinggi

Selain lewat aplikasi, bisa juga lewat browser dengan masuk ke halaman Penawaran > Komisi Ekstra Penjual.

menemukan produk komisi besar di shopee affiliate

Tips selanjutnya yaitu bagaimana cara mengundang banyak orang untuk tertarik mengklik link yang kita bagikan.

Voucher shopee terbaru

Dari pengalaman saya, membagikan info voucher shopee terbaru merupakan cara paling berhasil. Banyak orang tertarik untuk klaim voucher shopee.

Kesimpulan

Itulah pengalaman saya bermain shopee affiliate. Banyak sekali cara untuk mengundang orang sebanyak-banyaknya. Kita hanya tinggal memanfaatkan channel marketing gratis yang tersedia seperti media sosial

Kita hanya perlu berstrategi untuk membuat sesuatu yang unik, berbeda dan mengundang banyak orang tertarik untuk mengklik link yang kita bagikan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Apa tugas shopee affiliate?

Mempromosikan produk shopee kepada orang lain sehingga mendapatkan imbalan komisi dari setiap penjualan produk yang terjadi.

Apakah daftar shopee affiliate harus banyak followers?

Tidak, dengan 1 teman atau followers pun Anda bisa melakukan pendaftaran shopee affiliate.

Berapa minimal followers shopee affiliate?

1 followers, teman atau subscriber

Cara cek shopee affiliate

Dengan membuka aplikasi shopee kemudian masuk ke menu “Saya” dan cari menu “Shopee Affiliates Program“. Bisa juga lewat browser dengan masuk ke halaman https://affiliate.shopee.co.id/dashboard

Minimal pencairan dana shopee affiliate?

Minimal Rp. 10.000

Berapa lama komosi shopee affiliate dibayarkan?

Paling cepat 2 (dua) minggu sekali setiap periode.

Apakah shopee affiliate membutuhkan NPWP?

Tidak wajib

Tanda lolos shopee affiliates program?

Di Aplikasi shopee akan ada menu “Shopee Affiliates Program” di bagian menu “Saya”

Cara melihat shopee affiliate di laptop atau komputer?

Buka browser dan masuk ke halaman https://affiliate.shopee.co.id/dashboard

Share jika suka!

2 thoughts on “Pengalaman Menghasilkan Uang dengan Shopee Affiliate”

  1. Makasih atas sharingnya kak, aku nerapin cara 4, 5 sama 7, dalam seminggu komisi shopee affiliate tempus 13 juta. Modal awal cuma 500 ribu. Ternyata keuntungan shopee affiliate sangat menggiurkan

    Reply
  2. Cara nomor 6 tetep jadi Andalan. Iklan di fb ads dan tiktok ads. Modal 100rb bisa jadi 2 juta haha. Pinter2 aja bikin iklan yg menarik biar CPM/CPC nya murah dibawah 2 perak

    Reply

Leave a Comment