Pengalaman Buka Rekening Online Bank BTPN Jenius

Memiliki rekening bank sudah menjadi kewajiban di era serba digital seperti sekarang ini, semua transaksi pembayaran hampir semuanya menggunakan pelantara bank, mulai dari membayar cicilan, belanja online, membayar tagihan listrik dan internet dan kegiatan lainya. Namun, banyak orang yang merasa awam dan menganggap bahwa membuka rekening bank itu ribet, mengeluarkan biaya serta menghabiskan banyak waktu.

Advertisement

Saya sebelumnya sudah pernah membuat rekening bank lain, misalnya seperti BCA, Mandiri, BRI serta Bank Mega. Rata-rata bank tersebut mewajibkan kita untuk datang ke kantor cabang. Selain itu, biasanya kita diminta untuk setor tunai atau deposit awal. Besaranya memang kecil, mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu, tergantung kebijakan bank.

Namun, ada yang unik dari bank btpn jenius. Kita tidak perlu setor tunai ataupun pergi ke kantor cabang, ternyata cukup dengan smartphone, kita bisa membuka rekening secara online dari rumah dan tanpa biaya sepeserpun (gratis). Lantas, bagaimana caranya? simak artikel berikut ini…

Cara Buka Rekening Jenius Online Gratis

Pengalaman Buka Rekening Online Bank BTPN Jenius 1

Alasan saya membuka rekening jenius yaitu karena jenius BTPN sudah mendung VISA, yang artinya bisa digunakan untuk transaksi internasional, misalnya membayar hosting, belanja di marketplace luar dan transaksi lainya. Cara membuka rekening jenius sangatlah mudah, berikut adalah langkah-langkahnya…

1. Persiapkan persyaratan

Semua bank pasti meminta kita untuk mempersiapkan persyaratan karena ini merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah (OJK). Untuk membuat rekening jenius, cukup menyiapkan :

Advertisement
  • KTP atau e-KTP
  • Tanda tangan di kertas putih
  • Dokumen pendukung

Bagaimana jika tidak punya ktp? anda bisa menggunakan SUKET (Surat Keterangan) dari kecamatan, namun anda tidak bisa registrasi online, wajib registrasi offline jika tanpa ktp.

2. Registrasi akun jenius

Setelah itu, download aplikasi jenius di playstore atau appstore. Kemudian buka aplikasinya dan lakukan register. Anda akan diminta :

  • Mengisi data pribadi (Nama, Email, No Handphone Aktif, Alamat)
  • Foto KTP Asli
  • Dokumen pendukung (SIM, Passport atau NPWP)
  • Membuat Cashtag (username unik untuk akun anda)
  • Memilih nama di kartu
  • Membuat Password dan PIN

Nah, setelah berhasil registrasi, maka selanjutnya kita wajib mengaktivasi akun agar bisa melakukan transaksi. Caranya cukup mudah, ada dua cara, yaitu :

  • Aktivasi via online dengan Video Call
  • Aktivasi offline dengan datang ke cabang bank BTPN / Booth Jenius

Disini saya akan membahas cara termudah, yaitu lewat videocall. Lanjut ke step berikutnya…

3. Aktivasi Akun Jenius agar di Approve

Agar anda bisa menggunakan jenius, anda wajib melakukan registrasi. Nah, jika di approve dan diterima, maka kartu debit akan dikirim ke alamat anda dalam waktu 1-3 hari setelah aktivasi.

Namun, kebanyakan dari sobat septian mengaku gagal saat aktivasi via video call, setelah video call selesai, mereka langsung mendapat email penolakan. Setelah itu, mereka tidak bisa lagi melakukan login di aplikasi jenius dan menampilkan keterangan akun error / kata sandi salah.

Nah, agar diterima, anda jangan asal-asalan ketika melakukan registrasi. Saya juga gagal waktu pertama kali mencoba, setelah beberapa bulan berikutnya, saya mencoba lagi dan akhirnya berhasil. Tips dari saya yaitu :

  • Pastikan internet stabil
  • Gunakan Smartphone dengan kamera depan yang bagus
  • Gunakan pakaian yang meyakinkan (Rapi dan Elegan), jangan pakai pakaian asal-asalan, apalagi koloran hehe
  • Lakukan video call di tempat yang terang serta tidak berisik
  • Ramahlah ketika berinteraksi dengan Costumer Service

Nah, setelah melakukan aktivasi, tunggulah beberapa jam, nanti akan ada email pemberitahuan aktivasi berhasil atau ditolak.

Jika ditolak, saya sarankan untuk datang langsung ke cabang genius atau bank BTPN.

Review Jenius BTPN

Saya sudah menggunakan jenius kurang lebih 6 bulan saat artikel ini ditulis, dari perjalanan tersebut saya mendapatkan keuntungan dan tentunya keluh kesah.

Cara membuka rekening bank online jenius btpn 1

Kelebihan Jenius

Menurut saya, ada beberapa kelebihan jenius, antara lain :

1. Banyak Gratisan

Salah satu keunggulan jenius BTPN yaitu banyak sekali biaya yang di gratiskan, misalnya seperti biaya admin, tidak ada minimum saldo, gratis biaya transaksi (sesuai ketentuan) serta banyak reward promo yang bisa didapatkan.

Tipe TransaksiBiaya PersonalBiaya Bisnis
Biaya administrasi bulananGratisGratis
Biaya pembukaan rekeningGratisGratis
Biaya penutupan rekeningGratisGratis
Biaya akun dormant (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan)GratisGratis
Biaya di bawah saldo minimum bulananTidak ada saldo minimumTidak ada saldo minimum
Saldo awal saat pembukaan rekeningRp0Rp0
*kebijakan mungkin dapat berubah

Misalnya, saya mendapatkan promo cashback Rp.100.000 ketika saya topup 1 juta. Tentu ini sangat menguntungkan bagi mahasiswa seperti saya. Kini saya dibebaskan biaya admin yang biasanya lumayan menguras saldo atm.

2. Suku Bunga Tinggi

Selain itu, salah satu kelebihan Jenius BTPN yaitu memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari rata-rata bank lain, bahkan hampir setara dengan bunga deposito.

Tentu ini sangat menguntungkan bagi anda yang suka menabung. Uang anda akan bertambah seiring berjalanya waktu.

Untuk mendapatkan bunga maksimal, kita bisa menyimpan uang di fitur yang telah disediakan, yaitu Flexi Saver, Dream Saver atau Maxi Saver. Ini mirip seperti reksadana.

3. Bisa digunakan untuk transaksi luar negeri (VISA)

Jenius mempunyai fitur mirip virtual credit card yang ditanaman e-card. Kita bisa menggunakan 3 kartu dalam satu akun, yaitu m-card (fisik), e-card (virtual) dan m-card bisnis.

Jika kurang, kita juga bisa request untuk menambah kartu. Tentu ini sangat berguna bagi kita yang sering transaksi internasional, misalnya saya yang menggunakanya untuk belanja online, membayar tagihan hosting, dan sebagainya.

4. Fitur Aplikasi Melimpah

Banyak sekali fitur yang bisa anda dapatkan di aplikasi jenius. Kita bagi saja jadi lima kategori, yaitu :

  • Pay (e-wallet, jenius pay, split bill, send it, dan pay me)
  • Save (Maxi saver, dream saver, dan Flexi saver)
  • Fund (Flexi cash)
  • Control (Moneytory, e-statement, card center, dan in out
  • Accessibility (Jenius Keyboard)

Jika dijelaskan, mungkin akan panjang lebar, anda bisa baca di web resmi jenius atau mencoba aplikasinya langsung.

Kelemahan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, salah satunya jenius yang satu ini. Salah satu pengalaman yang pernah saya alami yaitu saldo tidak muncul setelah topup. Entah kenapa, setelah saya menghubungi CS akhirnya saldo saya muncul di aplikasi.

Selain itu, fitur keamananya sedikit rentan. Aplikasinya kurang sempurna, misalnya seperti login dengan fingerprint, saya tidak sengaja membuka aplikasi jenius dengan tangan selain jari yang digunakan untuk login, ternyata bisa login.

Kadang, aplikasi juga crash dan lag ketika digunakan. Inilah salah satu kelemahan-kelemahan yang mungkin harus diperbaiki oleh pihak bank BTPN.

Kesimpulan

Itulah pengalaman saya membuat rekening gratis secara online dengan aplikasi jenius btpn. Ternyata, membuka akun rekening kini semakin mudah, tidak perlu pergi ke kantor cabang sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Selain itu, biaya pembuatanya gratis, tanpa di pungut biaya sepeserpun. Cocok bagi anda yang ingin berhemat atau mencoba membuka rekening.

Menurut saya, jenius ini cocok bagi anak muda dengan produktifitas tinggi, sering transaksi online atau pelajar yang ingin berhemat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda bisa meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

1 thought on “Pengalaman Buka Rekening Online Bank BTPN Jenius”

  1. Hai Bro

    Setuju, aku juga pakai jenius. Sekarang ada fitur baru namanya moneytory. Jadi lebih gampang melihat pengeluaran kita.

    Reply

Leave a Comment