Monitor Kedua Mati ketika Mac Ditutup?

Kita sering lihat para pekerja profesional atau youtuber yang menggunakan Macbook sebagai Komputer utama yang dilipat dan ditutup dan menggunakan Monitor kedua sebagai tampilan utama. Namun, ketika kita mencobanya sendiri, ketika layar macbook ditutup maka eksternal monitor juga ikut mati. Nah, di artikel kali ini admin akan menjelaskan cara menggunakan Macbook dalam mode layar tertutup atau biasa disebut clamshell mode. Simak artikel berikut ini…

menggunakan mac dalam mode tertutup dengan external monitor 1
source : OSXDaily

Cara Menghubungan Macbook dengan Eksternal Monitor

Sebelum menggunakan macbook dalam mode clamshell, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan agar ketika layar mac ditutup, monitor kedua tidak ikut mati, alat yang harus disiapkan yaitu :

  • Adaptor layar (konverter)
  • Magsafe (Charger macbook)
  • Mouse dan Keyboard Eksternal
  • Dock (opsional)

Jika semuanya sudah siap, maka anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  • Nyalakan macbook seperti biasa
  • Kemudian koneksikan charger (magsafe), ini bertujuan agar macbook tetap menyala ketika digunakan.
  • Lalu Hubungkan monitor dengan mac hingga berhasil menampilkan layar di monitor eksternal
  • Setelah itu, koneksikan mouse dan keyboard eksternal
  • Lalu, tutup mac maka secara otomatis mac akan masuk ke mode clamshell dan layar utama akan berpindah ke monitor eksternal
  • Jika anda memiliki tempat menyimpan mac (dock), maka simpan mac dalam posisi berdiri agar terlihat lebih elegan dan rapi.

Mengatasi Masalah Monitor Eksternal mati Ketika Mac ditutup

Masalah ini biasanya muncul karena beberapa hal berikut :

1. Anda mengaktifkan Saving Mode

Agar mac dapat berjalan dalam mode clamshell, pastikan anda menonaktifkan terlebih dahulu mode energy saver. Caranya masuk ke System Preferences > Energy Saver.

Kemudian hilangkan centang pada semua opsi seperti, put harddiss to sleep dan geser bar mentok ke kanan sampai mode Never.

2. Magsafe, Keyboard dan Mouse belum Terhubung

Jika magsafe, keyboard dan mouse eksternal tidak terhubung, maka mac tidak akan mengenali dan mengaktifkan mode clamshell. Maka dari itu sebelum layar mac ditutup, koneksikan terlebih dahulu perangkat eksternal tersebut, setelah itu baru menutup mac.

3. Adaptor tidak Mendukung

Jika adaptop monitor, khususnya adaptor HDMI to USB C tidak mendukung mode clamshell, maka ketika layar ditutup, monitor kedua akan mati karena tidak menerima output data dari macbook anda.

Pastikan adaptor yang anda beli mendukung. Lebih aman untuk membeli adaptor original di Official Store seperti Ibox. Ini juga berlaku bagi adaptor lain seperti mini display port to VGA, dan USB C to VGA.

Itulah cara mengatasi monitor eksternal yang mati ketika ditutup. Cara diatas telah saya coba di Macbook Pro dan Macbook Air pribadi, Kini anda dapat menggunakan macbook layaknya PC pribadi. Anda tidak perlu membuka layar sehingga lebih hemat energi dan hemat tempat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment