Mengintip Penghasilan Blogger Pemula hingga Profesional

Ketika kita menggunakan internet, kita sering mencari informasi di mesin pencari seperti Google untuk menemukan hal yang ingin kita ketahui. Misalnya seperti Tutorial, Berita, Review, Harga Barang dan sebagainya. Saat kita mulai mengetikan Keyword di google, maka kita akan dihadapkan dengan beberapa website dan blog yang menyajikan informasi terkait.

Advertisement

Kadang kita bertanya-tanya, kenapa ada orang yang menulis konten di blog? apa untungnya memiliki blog? apakah blog menghasilkan uang? berapa penghasilan rata-ratanya?

Itulah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di benak pemula yang belum mengetahui dunia blog. Maka dari itu, di artikel kali ini saya akan membahas mengenai penghasilan blogger indonesia dan dari mana mereka mendapatkan gaji.

Mengintip Penghasilan Blogger

penghasilan adsense blog 1

Artikel yang saya tulis disini murni dari pengalaman saya sebagai blogger dan hasil menimba ilmu bersama komunitas dan teman-teman sesama blogger lainya, jika penasaran. Mari simak aritkel berikut ini…

Penghasilan Rata-rata Blogger Pemula

Dalam dunia blogger tentu ada tingkatan-tingkatanya. Seperti hal nya youtuber yang di ukur dari jumlah subscriber, blogger diukur dari jumlah visitor. Semakin tinggi visitor maka semakin besar pula penghasilan yang bisa didapatkan.

Advertisement

Namun perlu di perhatikan bahwa penghasilan blog indonesia dan blog luar negeri itu berbeda. Sebagai contoh, 100 pengunjung luar negeri dapat menghasilkan uang hingga ratusan ribu, sedangkan untuk blog indonesia, perlu ribuan visitor untuk bisa mencapai penghasilan ratusan ribu dalam sehari.

Nah, untuk blogger pemula indonesia yang memiliki visitor dibawah 1000 per hari, biasanya penghasilanya sangat pas-pasan. Saya sendiri memiliki blog dengan visitor 700 – 800 / hari hanya bisa menghasilkan uang paling besar 50 ribu. Kadang hanya 10 ribu, kadang 30 ribu, itu tidak tentu.

Dalam sebulan, biasanya hanya mampu menghasilkan uang ratusan ribu saja, namun jika sedang ramai bisa mencapai ambang batas pembayaran (adsense) yaitu 1,3 Juta.

Selain dari faktor visitor, niche (tema) dan keyword blog juga berpengaruh. Blog bertema bisnis tentu berpotensi memiliki penghasilan besar dibandingkan dengan blog dengan tema campuran (gado-gado).

Penghasilan Blogger Profesional

Blogger profesional disini merupakan blogger yang bisa dikatakan sudah mampu membangun blog dengan traffic hingga puluhan ribu visitor per hari. Biasanya para blogger profesional sudah rutin mempublikasikan artikel yang berkualitas.

Agar konsisten, biasanya blogger profesional sudah memiliki tim penulis hingga ahli Search Engine Optimization (SEO) agar dapat menyajikan konten yang konsisten serta muncul di pencarian google paling atas.

Penghasilan blogger profesional biasanya bisa mencapai penghasilan ratusan ribu per hari dan dalam perbulan dapat menghasilkan uang hingga 10 juta.

Diatasnya lagi, ada blogger yang sudah besar dengan puluhan penulis dan tim aktif. Dengan begitu, mereka bisa menulis konten lebih banyak dan mendatangkan visitor hingga ratusan ribu per hari.

Penghasilanya pun luar biasa, dalam sehari dapat menyentuh angka jutaan, dan dalam sebulan mampu mencapai ratusan juta rupiah. Biasanya blogger tipe ini tidak hanya mengandalkan 1 blog, melainkan memiliki beberapa blog yang dikelola sekaligus.

Cara melihat Penghasilan Blog

Untuk melihat penghasilan sebuah blog, kita dapat memanfaatkan tools berbasis web milik worth of web dan site worth traffic, walaupun tidak 100% akurat, namun situs ini dapat mengkakulasi perkiraan taksiran penghasilan sebuah website.

Caranya kunjungi situs berikut :

Kemudian, pada kolom pencarian, masukan url situs yang ingin dianalisa, tunggu beberapa saat maka akan tampil taksiran penghasilan blog yang anda masukan.

cara mengetahui penghasilan sebuah blog 1

Sumber Penghasilan Blogger

Sumber penghasilan blogger sebenarnya sangat banyak sekali, beberapa sumbernya sudah saya bahas di artikel sebelumnya tentang, Dari mana blogger menghasilkan uang?

Namun, pada intinya, blogger mendapatkan penghasilan dari program kerjasama periklanan dengan Google yang bernama Google Adsense. Jadi blogger dapat menampilkan iklan di blog, dan dari setiap orang yang melakukan klik atau melakukan pembelian maka blogger akan mendapatkan komisi uang.

penghasilan adsense blog per bulan 1

Selain dari google adsense, blogger bisa mendapatkan uang dari kerjasama dengan perusahaan yang ingin melakukan promosi di blog lewat banner, link atau artikel. Selain itu masih banyak lagi peluang penghasilan yang bisa di dapatkan seperti program affiliasi, membuka les privat blog, jual beli blog, Lomba Blog, Menjual Template dan sebagainya.

Cara agar blog mendapat iklan

Agar blog menarik minat orang lain untuk memasang iklan, tentu harus dikelola dengan baik. Banyak faktor yang harus diperhatikan jika ingin blog anda menghasilkan uang, faktor-faktor tersebut antara lain :

  • Tampilan blog
  • Kualitas konten dan artikel
  • Keaktifan blog
  • Alexa rank
  • Jumlah Traffic / Visitor
  • Domain Berbayar
  • Portofolio

Semua hal diatas tidak mudah untuk di sempurnakan. Butuh waktu hingga bertahun-tahun agar bisa membuat blog menjadi ladang uang yang maksimal.

Keuntungan Menjadi Blogger

Banyak sekali keuntungan menjadi blogger, saya pribadi sudah 8 tahun berkecimpung di dunia blog dan mengelola beberapa blog sendirian. Alhasil saya mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan antara lain :

  • Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
  • Menjadikan kita lebih produktif
  • Menambah teman, relasi dan silaturahmi
  • Kepuasan batin
  • Personal Branding menjadi lebih kuat
  • Mendapatkan portofolio untuk berkarir
  • Menghasilkan uang tambahan yang lumayan besar

Cara Menjadi Blogger

Untuk memulai menekuni bisnis blogger, sebenarnya kita hanya perlu niat dan kemauan yang tinggi. Kita dapat menghasilkan uang tanpa modal karena nyatanya cukup dengan modal Smartphone, kita dapat membuat blog di hp dengan mudah.

Cara gratis pertama yaitu bisa mendaftar di blogger.com. Kemudian membuat konten berkualitas dan original (tidak boleh sama dengan orang lain / copas). Kemudian posting secara rutin dan konsisten dibarengi dengan optimasi SEO.

Anda dapat belajar secara bertahap ilmu SEO dan bagaimana cara mengelola blog dengan baik. Sehingga akhirnya blog anda mampu mendatangkan traffic yang besar dan lolos untuk bergabung dengan program Google Adsense untuk mulai menghasilkan uang.

Syarat blog bisa menghasilkan uang tentu harus dipenuhi, misalnya blog harus memiliki konten yang baik, berkualitas dan original. Setelah kita mendapatkan penghasilan dari blog, alangkah baiknya kita menginvestasikan sedikit uang untuk upgrade ke domain berbayar dan membeli hosting sendiri.

Kesimpulan

Penghasilan blogger di Indonesia memang tidak sama antara satu dengan yang lainya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi, mulai dari niche blog, asal negara, jenis konten, hingga jumlah traffic. Namun, rata-rata blogger pemula dapat menghasilkan uang ratusan hingga jutaan dalam sebulan. Untuk blogger yang sudah lama dan memiliki traffic tinggi, biasanya mereka bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta dalam sebulan.

Tentu menjaid blogger merupakan salah satu pilihan yang menggiurkan bagi anda yang memang hobby menulis dan memiliki ketekunan dan keuletan dalam belajar.

Jika ingin menghasilkan uang dari blog, maka syarat yang paling pertama yaitu jangan pernah menyerah, karena 95% blogger pemula gagal karena mereka putus asa dan tidak mau belajar lebih keras dari blogger lain. Hanya beberapa persen dari mereka yang berhasil dan akhirnya mampu melewati seleksi alam yang ketat untuk menjadi blogger sukses.

Sekian artikel mengintip penghasilan blogger, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

1 thought on “Mengintip Penghasilan Blogger Pemula hingga Profesional”

Leave a Comment