Menghilangkan Mual Kehamilan Istri di Trimester Pertama

Hal yang membuat panik bagi sebagian suami mungkin melihat istri mual muntah ketika hamil untuk pertama kali. Kita sebagai suami pasti bingung dan tidak tahu harus melakukan apa karena sebelumnya belum memiliki pengalaman menangani ibu hamil. Termasuk saya, pada saat itu saya tidak bisa memberikan saran apapun karena kita tidak bisa merasakan rasa mual seperti apa yang dialami, obat apa yang tepat serta apakah ini pertanda baik atau buruk.

Penyebab Ibu Hamil Mual Muntah

Menurut dr. Allert yang saya kutip dari aladokter.com, ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil mual dan muntah, antara lain

  • Pengaruh hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotporin (HCH)
  • Peningkatan hormon esterogen
  • Peningkatan sensitivitas indra penciuman dan perasa

Nah, karena hal tersebut ternyata merupakan hal normal dan wajar, tidak membahayakan bagi ibu maupun janin yang berada di dalam rahim selama ibu tidak dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi mual muntah saat hamil? Nah, ada beberapa tips yang mungkin membantu, simak artikel berikut ini

Mengatasi Istri Mual Saat Hamil

Menghilangkan Mual Kehamilan Istri di Trimester Pertama
Park Joy Girl Pregnancy Pregnant Mom

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan suami saat istri sedang mengalami mual muntah,

1. Berikan dukungan

Peran suami sangat penting ketika istri sedang di masa-masa awal kehamilan. Suami bisa membantu dengan memberi dukungan dengan meringkankan pekerjaannya, melayani apa kebutuhannya dan selalu menanggapi segala hal dengan positif.

Jika ada sedikit permasalahan atau sifat yang berubah, itu wajar dan kita sebagai suami sebaiknya mengalah karena menurut pengalaman saya, ketika hamil istri jadi manja, pemalas dan kadang pemarah. Dari pada membalasnya, lebih baik mendukungnya demi kebaikan sang buah hati.

2. Biarkan istri istirahat dengan cukup

Sebelum hamil, biasanya istri memiliki waktu istirahat yang terbatas, karena harus menyiapkan dan mengurus segala hal, mulai dari menyiapkan makanan, mencuci pakaian, mengurus rumah hingga bekerja.

Nah sebaiknya, ketika hamil semua pekerjaan dibantu oleh suami sehingga istri dapat beristirahat lebih karena dalam masa kehamilan, kemampuan fisik istri pasti akan sedikit berkurang. Selain itu, dengan istirahat yang cukup maka diharapkan dapat mengurangi rasa mual dan pusing.

3. Tetap makan dan minum walau sedikit

Jika mual, tentu makan apapun tidak ada rasa nafsu. Makanan terasa bau dan akan muntah ketika mual sudah tidak tertahan sehingga makanan yang telah dimakan keluar. Walaupun begitu, usahakan untuk tetap makan dan minum agar tubuh tidak kekurangan cairan dan nutrisi.

Tidak perlu banyak, sedikit namun sering dapat memberikan nutrusi yang cukup untuk ibu maupun janin.

4. Hindari benda atau makanan yang dianggap bau

Penyebab mual dan muntah pada ibu hamil yaitu karena bau, entah itu bersumber dari benda ataupun makanan. Nah, kita sebagai suami dapat membantu dengan menghindarkan sumber bau tersebut.

5. Jaga agar istri tetap bahagia

Segala sesuatu bersumber dari pikiran dan ini juga berkaitan dengan emosi. Nah, sebaiknya suami selalu menjaga istri tetap bahagia, bisa dengan berbagai cara, misalnya membelikan makanan kesukaan, melalukan sesuatu yang konyol atau hal kecil lainnya karena poin yang kelima ini anda sebagai suami yang tahu.

6. Berikan nutrisi khusus hamil

Mual muntah menyebabkan makanan yang masuk selalu keluar, ini menyebabkan tubuh mungkin sedikit kekurangan nutrisi sehingga kita perlu memberikan asupan lain yang dapat menggantikan makanan yang hilang.

Salah satu cara cerdas masyarakat modern yaitu dengan memberikan susu khusus hamil. Karena perkembangan zaman, kini susu hamil bahkan ada yang bisa membantu meredakan mual sekaligus memenuhi nutrisi saat hamil. Salah satu susu yang saya percayai yaitu Annum Emesa.

Susu khusus ibu hamil ini memiliki kandungan vitamin dan protein yang cukup lengkap dan diformulasikan khusus secara klinis untuk mengurangi mual muntah. Jadi, untuk bapak yang bingung ketika istrinya hamil dan mengalami mual muntah, ini bisa menjadi salah satu solusi.

7. Konsultasi dengan dokter

Jika mual dan muntah yang dialami oleh ibu diluar batas wajar hingga menyebabkan gangguan serius, sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengatasi istri mual muntah ketika hamil berdasarkan pengalaman saya pribadi, kita sebagai suami tidak perlu panik, cukup memberikan dukungan dan mengusahakan yang terbaik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment