Mengetahui Ukuran File Folder di Google Drive

Ketika kita ingin mensortir untuk mengetahui ukuran file terbesar di google drive, kita tidak menemukan keterangan size dan jumlah file yang ada pada setiap folder. Jadi kita bingung untuk menentukan file yang ingin dihapus.

Apalagi jika google drive kita sudah penuh sehingga menggangu fungsi aplikasi lain yang menggunakan layanan google seperti Gmail, Youtube, Google Contact, dan sebagainya.

Kenapa Google tidak memberikan fitur Sortir Ukuran File dan Folder?

Ternyata, itu bukan tanpa alasan. Google bukan tidak bisa memberikan fitur tersebut, ternyata itu ada tujuanya.

Tujuan utamanya yaitu agar kita membeli dan berlangganan google drive versi berbayar. Jika tidak ada fitur sortir maka kita akan kesulitan menemukan file dan folder berukuran besar sehingga kita tidak bisa mengelola file apa saja yang penting dan yang tidak. Dengan begitu, kita akan sulit untuk menentukan folder mana yang akan dihapus sehingga kapasitas google drive semakin menipis dan akhirnya mewajibkan kita untuk melakukan upgrade.

Pada umumnya, google drive versi gratis hanya diberikan ruang sebesar 15 GB. Jika ingin menambah kapasitas google drive, kita harus berlangganan dengan membayar biaya subscription.

Biaya Upgrade Kapasitas Google Drive

Berikut adalah harga subscription google drive saat artikel ini ditulis…

Biaya Upgrade Kapasitas Google Drive
  • 100 GB = Rp. 26.900 / bulan atau Rp. 269.000 / tahun
  • 200 GB = Rp. 43.000 / bulan atau Rp. 430.000 / tahun
  • 2 TB = Rp. 135.000 / bulan atau Rp. 1.350.000 / tahun
  • 10 TB = Rp. 1.350.000 / bulan
  • 20 TB = Rp. 2.700.000 / bulan
  • 30 TB = Rp. 3.900.000 / bulan

Cukup fantastis bukan?

Mungkin bagi profesional dan bisnis harga tersebut sangatlah worth it. Namun bagi pengguna biasa yang hanya menggunakan google drive untuk menyimpan data pribadi, harga tersebut terbilang lumayan mahal.

Untuk mengatasinya, tentu kita harus menghapus secara berkala file yang ada di google drive agar tidak penuh. Agar tidak salah hapus, ada beberapa trik agar kita dapat mengetahui ukuran file terbesar yang menghabiskan banyak ruang google drive anda. Berikut adalah tutorialnya

3 Cara Ketahui Ukuran Folder Google Drive

Ada beberapa cara untuk mengetahui ukuran folder dan file di google drive. Anda dapat mencoba cara-cara berikut ini…

1. Melihat Kapasitas Lewat Backup and Sync

Mengetahui Ukuran File Folder di Google Drive1

Backup and Sync merupakan software buatan google untuk mensinkronisasi google drive dengan komputer kita. Dengan software ini kita dapat melihat ukuran folder google drive maupun komputer kita.

Kita tidak perlu melakukan Backup & Sync yang menghabiskan kuota internet, cukup sampai tahap instalasi saja.

Caranya mudah,

  • Pertama, Download Aplikasi Backup dan Sync
  • Kemudian login dengan akun gmail anda
  • Ikuti tahapnya sampai tahap ke tiga
  • Lalu klik opsi Sync only these folders
  • Disana anda akan melihat seluruh folder yang ada di drive beserta ukurannya.

Anda tidak perlu mengklik Start. Setelah anda mengetahui kapasitasnya, anda cukup close program atau bisa anda hapus kembali lewat menu uninstal program.

2. Jika sudah menggunakan software Backup and Sync

Jika anda selama ini sudah menggunakan aplikasi tersebut, anda cukup melihat properties folder lewat windows explorer. Caranya

  • Buka Windows Explorer
  • Lalu masuk ke direktori C:\Users\Nama_Komputer\Google Drive atau bisa juga dengan klik folder Google Drive yang ada dibagian Quick access.
  • Klik kanan pada folder yang ingin dicek ukurannya.
  • Pilih Properties.
  • Dan lihat ukuranya pada menu Size.

3. Melihat File Terbesar di Google Drive via Menu Penyimpanan

Cara yang paling cepat untuk mengosongkan google drive yaitu menghapus file terbesar. Jika anda hanya ingin mengetahui ukuran file terbesar, anda tidak perlu menggunakan cara ke 1 atau cara ke 2. Dengan cara cepat ini, anda akan langsung mengetahui ukuran file terbesar yang maling memakan resource google drive anda. Caranya…

  • Buka Google Drive Anda
  • Klik Storage (Penyimpanan) di samping kiri bawah
Melihat File Terbesar di Google Drive via Menu Penyimpanan 1
  • Disana anda akan melihat file-file terbesar yang tersimpan di Google Drive
Melihat File Terbesar di Google Drive via Menu Penyimpanan 2

Kesimpulan

Agar fungsi layanan google kita aman, kita harus menjaga agar kapasitas quota google drive kita tetap lega dan aman. Kita harus rutin mengecek file mana yang menghabiskan banyak ruang. Perlu anda ketahui, google drive juga dapat penuh padahal kosong dan tidak ada file yang disimpan.

Hal ini karena selain drive, kouta penyimpanan dasar (15GB) juga digunakan oleh aplikasi lain seperti file email besar di gmail, google contact, google photos dan sejenisnya.

Sekian tutorial mengenai Cara mengetahui ukuran file dan folder di Google Drive. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment