Mengenal Istilah AN, DB, CB dan CR pada Mutasi Rekening Bank

Dalam dunia transaksi perbankan terutama transaksi jual beli online, kita kadang menemukan istilah seperti AN, DB, CB atau CR. Kita sering melihatnya saat chat dengan seseorang, di komentar sosial media atau di sebuah deskripsi postingan.

Advertisement

Lantas apa sih artinya? Istilah AN DB CB dan CR umumnya berhubungan dengan mutasi rekening bank. Berikut penjelasan lengkapnya…

Arti Singkatan AN, DB, CB dan CR pada Transaksi Rekening Bank

Nah, disini saya akan menjelaskanya secara singkat mengenai arti istilah-istilah diatas. Simak artikel berikut ini…

Arti istilah AN

AN, a.n atau A/N artinya Atas Nama. Yaitu nama pemilik rekening.

Misalnya gini, kita ingin beli sesuatu ke Andi. Kemudian andi memberikan rekeningnya.

Advertisement

Oke gan, transfer aja ya ke rekening 10101010 an Andi Jack.

Arti istilah DB atau DR

Dalam istilah akutansi atau mutasi bank, DB artinya Debit. Dalam latin bisa juga disebut DR yaitu debere. Debit yaitu uang yang masuk atau keluar dari rekening untuk membiayai suatu transaksi. Bisa juga berarti uang yang diambil atau di setor dalam sebuah rekening.

Perlu diperhatikan, dalam transaksi ini uang yang digunakan merupakan uang kita sendiri (uang yang ada dalam saldo).

Jika kita menarik uang misalnya Rp. 500.000, maka dalam mutasi rekening bank akan tertulis – DB 500.000. Artinya uang berkurang secara debit sebesar 500 ribu. Atau jika kita mendapat transferan dari orang lain 500 ribu, maka akan tertulis DB 500.000 (tanpa tanda -).

Arti Istilah CR

CR merupakan kebalikan dari DB, arti CR yaitu Credit atau Kredit. Berbeda dengan Debit yang menggunakan saldo atau uang yang ada, kredit menggunakan dana talangan yang nilainya sesuai dengan yang kita inginkan.

Jadi misalnya kita membayar barang, namun menggunakan kredit. Berarti uang yang digunakan menggunakan uang dari bank terlebih dahulu, bukan uang kita. Namun biasanya setelah beberapa waktu uang talangan ini harus diganti oleh kita.

Arti Istilah CB

Dalam dunia transaksi perbankan, CB artinya Cabang. Yaitu tempat kita membuat rekening bank. Misalnya kita membuat rekening bank mandiri di cabang buah batu, bandung. Maka CB rekening kita yaitu Mandiri CB buah batu.

Arti istilah Rek

Rek. artinya yaitu Rekening. Yaitu akun yang berfungsi untuk mencatat kepemilikan kita di bank. Bisa itu uang, saham, utang, simpanan, emas dan sebagainya.

Arti Istilah DR

DR artinya Dari. Misalnya nanti saya transfer ya, nomimalnya 1 juta dr rek. an syifa.

Artinya Dari rekening atas nama syifa. DR juga bisa digunakan untuk menyebut nama. misalnya dr mas agung.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Kenapa kita melakukan pembayaran menggunakan saldo atau menerima pembayaran langsung dari saldo tapi yang ditulis dimutasi CR, bukan DB?

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Perlu teman-teman ketahui, ketika kita melakukan transfer atau menerima pembayaran melalui layanan perbankan, uang kita itu tidak bisa langsung berpindah dari cabang ke cabang bank.

Disini memerlukan proses terlebih dahulu, maka dari itu agar uang cepat diterima, bank melakukan talang dana sementara sesuai nominal yang ditransfer.

Itulah mengapa istilah dalam mutasi yang ditulis yaitu CR.

Tapi tidak perlu khawatir, dalam transaksi ini kita tidak akan dikenakan bunga. Itulah mengapa beberapa bank menerapkan biaya transaksi.

Kesimpulan

Itulah beberapa istilah yang sering muncul dan digunakan dalam transaksi perbankan atau transaksi jual beli online. Para pebisnis online biasanya menggunakan istilah itu agar lebih singkat dan cepat dalam mengetik. Namun dilapangan, masih banyak orang yang belum mengetahui dari arti istilah-istilah tersebut.

Selain itu istilah tersebut juga sering diketik pada buku rekening atau mutasi bank yang muncul pada mbanking (mobile banking), internet banking ataupun sms banking.

Umumnya istilah ini berlaku pada seluruh bank di indonesia, mau itu BCA, Mandiri, BRI, Permata, Mega, BNI, BTN, BJB, dan sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment