Mengenal Apa itu Google Nest?

Beberapa waktu yang lalu, Google resmi merilis Google nest di Indonesia. Perangkat Google nest yang diperkenalkan yaitu Google Nest Mini yang merupakan sebuah Speaker Pintar dengan Kecerdasan Buatan (AI) yang dikombinasikan dengan Software dan Hardware buatan Google.

google nest adalah

Google Nest mini berwujud sebuah Speaker Pintar Kecil yang dapat mengontrol Smart Home cukup dengan perintah suara lewat Google Assistant. Perangkat yang dapat di kontrol di klaim mencapai ribuan, dari berbagai merek di Dunia. Contohnya seperti lampu, saklar, mesin, kamera, router, speaker, Chromecast, Termostat dan sebagainya.

Harga Google nest mini di bandrol sekitar Rp. 925.000. Dan sudah bisa terintegrasi dengan layanan streaming seperti Youtube Music, Netflix, Spotify dan Joox.

Spesifikasi Google Nest Mini

DimensiDiameter: 3.85 in (98 mm)
Height: 1.65 in (42 mm)
Power cable: 1.5 m
Berat181 g
Dukungan Format AudioHE-AAC, LC-AAC, MP3, Vorbis, WAV (LPCM), Opus, FLAC with support for high-resolution streams (24-bit/96KHz)
Koneksi Wireless802.11b/g/n/ac (2.4 GHz/5 GHz) Wi-Fi, Bluetooth 5.0, Chromecast
Koneksi KabelDC power jack
SensorCapacitive touch controls, 3 far-field microphones
Audio360-degree sound with 40 mm driver
Microphone3 far-field microphones, Voice Match technology
Daya15 W power adapter
OS yang didukungAndroid, iOS
Pilihan WarnaChalk, Charcoal, Coral, Sky

Mengenal Lebih Jauh tentang Google Nest

Google Nest adalah salah satu anak perusahaan Google LLC yang memproduksi dan memasarkan produk smart home seperti Speaker, Smart Display, Chromecast, Thermostat, Security System, Smoke Detector, Router, Smart Door, Camera dan Sebagainya.

apa itu google nest

Nama Google nest sebenarnya berasal dari nama Nest Labs yang dulu ditemukan oleh mantan petinggi Apple yaitu Tony Fadell dan Matt Rogers pada 2010. Kemudian, pada tahun 2014 google mengakuisisi perusahaan ini dan dari sinilah Nest Labs berkembang pesat dan memiliki banyak karyawan dan produk-produk baru.

Pada tahun 2018, Nest Lab di gabung dengan divisi Smarthome Google yang sebelumnya sudah ada.

Jadi, Google Nest Mini hanya merupakan salah satu tipe produk yang dikeluarkan Google. Ternyata ada perangkat Google Nest lain yang sudah dipasarkan seperti Nest Thermostat, Nest Protect, Nest Cam Indoor dan Outdoor, Nest Cam IQ, Nest Secure, Nest Hello, Nest Wifi, dan Next x Yale.

Semua perangkat diatas merupakan perangkat smart home yang saling terintegrasi dalam satu ekosistem yang saling terhubung satu sama lain dan dapat kita kontrol melalui Perangkat Nest.

Jika anda mendambakan rumah pintar seperti di film-film yang bisa membuka bagasi, menyalakan lampu, mematikan mesin pencuci, memutar musik, mengunci pintu dan kegiatan lain hanya dengan perintah suara, maka Google Nest dapat mewujudkanya.

Share jika suka!

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Saya merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment