Mengatasi Traffic Blog Anjlok di Awal Tahun

Di awal tahun, biasanya Traffic blog akan sedikit menurun. Hal ini akan berdampak pada penghasilan blog yang anjlok secara drastis. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum hal itu terjadi. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut ini…

Advertisement

Penyebab Traffic dan Penghasilan Blog Anjlok di Awal Tahun

Di awal tahun, biasanya pengunjung blog akan turun secara drastis. Ini menyebabkan penghasilan adsense akan sedikit menurut, bahkan beberapa orang melaporkan bahwa penghasilan mereka merosot tajam.

Mengatasi Traffic Blog Anjlok di Awal Tahun
Mengatasi Traffic Blog Anjlok di Awal Tahun

Ternyata, itu normal. Hal tersebut terjadi karena :

  • Awal tahun merupakan musim liburan, sehingga orang lebih jarang membuka internet
  • Ada beberapa niche yang populer di awal tahun, namun ada juga niche yang menurun
  • Biasanya awal tahun ada beberapa update algoritma mesin pencari sehingga berdampak pada traffic
  • Budget pengiklan di awal tahun sedikit, bahkan jarang yang beriklan di awal tahun sehingga menyebabkan CPC turun dan penghasilan adsense pun anjlok.
  • Artikel tergeser dengan artikel-artikel baru, terutama artikel musiman

Mengatasi Traffic dan Penghasilan Blog yang Anjlok

Nah, untuk mengatasi semua itu, kita perlu persiapan dan rencana yang matang agar blog atau website kita siap untuk memasuki awal tahun. Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan.

1. Siapkan Artikel Fresh

Ketika berganti tahun, maka artikel yang kita buat pun akan secara otomatis tergeser oleh artikel-artikel yang lebih baru. Apalagi jika artikel yang kita buat bukan merupakan artikel abadi (evergreen) yang lekang oleh waktu.

Advertisement

Jadi sebelum awal tahun tiba, siapkanlah beberapa artikel untuk yang di prediksi akan populer di awal tahun. Misal seperti Niche wisata, tiket, liburan, dan sejenisnya.

Jadi, ketika awal tahun tiba, kita bisa santai menikmati liburan tanpa perlu memikirkan traffic yang terus menurun.

2. Perbaharui Artikel yang ada

Ini sangatlah penting bagi anda yang memiliki blog niche musiman. Misal jika anda membuat konten tentang “tempat wisata terpopuler 2019”, maka anda perlu memperbaharuinya karena tahun depan sudah memasuki tahun 2020 yang otomatis tidak akan ada lagi orang yang mencari artikel tahun lalu.

Anda jangan hanya merubah judul saja, anda juga perlu sedikit memperbaharui isi artikel dan mengupdate informasi yang tidak relevan lagi.

Hal ini untuk meminimalisir artikel anda tergeser atau ditendang dari halaman pertama google.

3. Analisa Keyword Awal Tahun

Tips ini merupakan “Jangkar” yang biasa saya gunakan untuk mengatasi traffic yang anjlok di awal tahun. Sebelum awal tahun tiba, kita analisa dan riset keyword yang kira-kira bakal trend dan banyak dicari.

Banyak sekali keyword-keyword populer awal tahun yang bisa digunakan, misalnya sebagai contoh keyword tentang wisata, tiket, liburan, ucapan selamat dan sebagainya.

Coba anda kembangkan keyword yang sesuai niche website anda. Untuk risetnya sendiri, anda bisa menggunakan tools gratis seperti ubersuggest atau google trend.

4. Promosi di Sosial Media

Walaupun awal tahun merupakan musim liburan, tentu semua orang masih menggunakan sosial media bukan? Entah itu untuk update status, pamer foto liburan dan sebagainya.

Nah, moment itu kita bisa manfaatkan untuk mempromosikan artikel atau blog kita. Selain via feed, kita bisa promosi di grup-grup facebook atau grup whatsapp.

Namun, jangan sampai kita SPAMMING dan menggangu orang ya!

5. Update Info terbaru Tentang SEO

Memantau perkembangan SEO merupakan hal wajib bagi seorang pemilik blog atau website. Nah, biasanya, di awal tahun akan anda beberapa update algoritma.

Agar taffic blog anda tetap stabil, maka anda harus mengikuti update yang ada dan secara berkala anda harus memperbaiki SEO onpage maupun offpage.

Dengan begitu traffic blog anda akan terjaga.

6. Konsisten Mengelola Blog

Karena traffic blog yang anjlok, biasanya pemilik blog berubah menjadi malas. Belum lagi awal tahun yang merupakan musim liburan membuat rasa malas itu bertambah.

Justru itulah yang menyebabkan blog anda terpuruk hingga anjlok. Nah untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda tetap konsisten dan update konten secara berkala walaupun traffic sedikit menurun.

Hal ini agar blog anda tidak terpuruk terlalu jauh yang akhirnya menyebabkan kita menjadi putus asa.

7. Blogwalking

Jika anda memiliki komunitas atau teman sesama blogger, tidak ada salahnya kita berkunjung ke blog mereka. Hal ini juga dapat menjadi nilai tambah selain silaturahmi agar traffic blog kita tetap stabil.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang positif yang saling membangun.

Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan komentar dibawah.

Share jika suka!

2 thoughts on “Mengatasi Traffic Blog Anjlok di Awal Tahun”

  1. Aduh, terima kasih infonya. Blog aku juga baru mengalami penurunan traffic. Tidak tahu nih. Apa karena pandmi, blog saya turun banyak. Atau ada up date dari Google. Yang penting tetap semangat dan mempelajari penyebabnya.

    Reply

Leave a Comment