Mengatasi Sinyal iPhone Hilang (No Service)

Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan sinyal hilang setelah update iOS terbaru yang resmi diperkenalkan Apple, lebih tepatnya ios versi 14.7 keatas dengan perangkat internasional yang bukan resmi dan belum di daftarkan pajak di kemenperin. hal ini disebabkan karena beberapa faktor.

Penyebab Sinyal iPhone No Service

sinyal iphone hilang no service

Kenapa Hal Ini Bisa Terjadi? ini disebabkan karena beberapa hal berikut ini…

  • iPhone bukan resmi (ilegal) dan belum terdaftar di kemenperin
  • iPhone ex internasional yang dibawa dari luar negeri namun tidak didaftarkan pajak
  • IC Baseband iPhone hilang dan rusak
  • IC atau antena lepas dan rusak karena benturan atau terjatuh
  • Tidak ada sinyal operator di daerah Anda (sedang gangguan)

Hal ini tentu berhubungan dengan pemberlakukan peraturan baru di Indonesia dimana ponsel ilegal yang beredar dan imei nya tidak terdaftar di kementrian perindustrian akan di blokir.

Selain itu, kabarnya pemerintah melakukan pembersihan (cleansing) IMEI pada mesin Central Equipment Identitiy Register (CEIR), hal ini menyebabkan beberapa perangkan ilegal / black market (BM) terkena dampak, bahkan yang resmi pun ada yang terkena pembersihan.

Kenapa Sebelumnya iPhone Luar Negeri Aman Saja Digunakan di Indonesia?

Sebelumnya, Kominfo telah menyampaikan bahwa ponsel dengan International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang tidak terdaftar di database kemenperin akan di blokir. Namun ini berlaku untuk perangkat baru setelah 18 April 2020. Jika perangkat dibeli sebelum tanggal tersebut maka kemungkinan akan tetap bisa digunakan. Jadi itulah mengapa perangkat luar negeri banyak yang lolos dan aman digunakan di Indonesia walaupun belum terdaftar di kemenperin.

Namun ternyata, walaupun iPhone yang dibeli diatas 18 April 2020, beberapa orang ternyata masih bisa menggunakannya dengan normal dan mendapat sinyal layaknya seperti iPhone resmi.

Namun, tahun 2021, mulai banyak pengguna yang terkena pemblokiran imei. Karena pemblokiran berbarengan dengan rilis update iOS maka banyak pengguna yang menyangka ini disebabkan oleh update, padahal tidak demikian.

Cara Mengatasi Sinyal iPhone Hilang

1. Coba Reset Network Settings

Bagi yang terkena masalah sinyal searching terus, atau no service tidak permanen kemungkinan itu hanyalah masalah ringan, bukan karena di blokir. Cara mengatasinya cukup mudah,

image 6
  • Masuk ke Settings > General > Reset
  • Klik Reset Netwok Setting
  • Lalu Restart Perangkat

Cek juga slot simcard anda, jika kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu kemudian pasang kembali. Ini bisa mengatasi sinyal yang kadang mencari terus karena pengaturan jaringan yang error atau sedikit gangguan.

2. Gunakan Operator Lain

Jika perangkat anda benar-benar terblokir, bisa menggunakan operator Indosat atau Smartfren. Banyak yang melaporkan bahwa operator ini tetap menerima sinyal, sedangkan operator lainnya no service.

Hal ini juga bisa dilakukan jika anda merasa iphone memiliki sinyal yang lemah atau kartu sim tidak terbaca sama sekali.

3. Menghubungi Penjual untuk Registrasi Ulang

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan menghubungi penjual tempat anda membeli iPhone. Biasanya mereka memiliki alat atau kenalan untuk membuka blokir imei pada perangkat iPhone Anda.

Namun, hal ini tentu tidak akan permanen dan hanya berlaku sementara, hanya beberapa bulan saja. Jika ingin permanen bisa dengan cara selanjutnya.

4. Mengubungi Operator

Beberapa operator memiliki akses untuk mengelola mesin CEIR, maka dari itu anda bisa mengunjungi gerai operator dan meminta mereka untuk mendaftarkan IMEI anda sehingga perangkat yang anda gunakan bebas dari pemblokiran.

5. Daftarkan Beacukai

Jika operator di daerah anda tidak bisa melakukan pendaftaran IMEI, anda bisa mendaftarkannya sendiri secara mandiri lewat

Silahkan anda isi form data yang disesiakan dan lakukan pendaftaran. Jika anda bingung, bisa meminta bantuan dengan menghubungi pihak beacukai di kontak berikut

  • Telepon: 1500225
  • Facebook: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
  • Instagram: beacukairi
  • Twitter: @beacukaiRI

Dengan mendaftarkan imei secara resmi maka status “Tiada Layanan” bisa diperbaiki secara permanen dan tentunya perangkat anda jadi berstatus resmi diakui oleh negara.

6. Join Komunitas iPhone

Jika budget anda terbatas dan ingin meminta saran kepada teman-teman lainnya, bisa join ke komunitas iphone indonesia di media sosial seperti Facebook. Disana anda akan mendapatkan berbagai macam ilmu dan cara untuk mengatasi permasalahan yang sedang anda alami.

7. Jual dan Beli Unit Resmi

Jika anda ingin cara cepat, sebaiknya jual saja perangkat iphone anda dan beli unit resmi. Hal ini tentu akan lebih baik dan aman sehingga terbebas dari masalah “no service” karena pemblokiran IMEI.

Walaupun harga unit resmi lebih mahal, namun ini jauh lebih aman dan worth it dari pada membeli unit non resmi yang belum terjamin keamanannya.

Tips Membeli iPhone agar Terhindar dari Masalah No Service

Jadi, bagi anda yang berminat ingin meminang iPhone sebaiknya anda harus teliti dan hati-hati. Jangan tergiur harga murah atau promo diskon yang menggiurkan. Pastikan anda selalu membeli iPhone di toko Authorized Reseller Resmi, sebagai contohnya seperti

  • Digimap atau iBox
  • Erafone
  • Story-i
  • ME Gallery

Premium Reseller

  • Infinite
  • Emax
  • eStore

Walaupun membeli iphone bekas, pastikan unit yang anda beli yaitu ex-resmi atau barang yang dibeli dari beberapa toko diatas. Cirinya yaitu memiliki kode negara PA/A di pengaturan dan di dusbox nya. Untuk mengecek kode negara iphone, bisa baca artikel berikut.

Kesimpulan

Mengatasi sinyal iphone yang hilang setelah update versi sistem operasi ke ios terbaru sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu mendaftarkan IMEI secara resmi lewat website atau aplikasi beacukai. Namun bagi anda pengguna iPhone resmi namun terkena issue ini, bisa menghubungi penjual dimana anda membeli iphone.

Cara ini berlaku untuk iPhone seri iPhone 6, 6s, 6s plus, 7, 7 Plus, 8, X, Xs, XR, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, 12, 12 Pro, 12 Pro Max dan seri iPhone terbaru yang akan dirilis berikutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, bisa meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment