Mengatasi Powerpoint yang Error Keluar Sendiri

Powerpoint merupakan aplikasi pembuat slide presentasi yang paling populer di dunia. Jumlah penggunanya mengalahkan Google Slide dan Keynote milik Apple. Powerpoint merupakan salah satu keluarga microsoft office yang tersedia di berbagai sistem operasi seperti Windows dan MacOS. Telah hadir sejak lama dan mulai populer sejak versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 dan yang terbaru yaitu Office 365 Series.

Advertisement

Namun, kadang kala kita mengalami banyak masalah yang menyebabkan kita kesal karena slide kita keluar dengan sendirinya sehingga kita harus mengembalikan powerpoint yang belum di save tersebut.

Penyebab Powerpoint Error

  • Powerpoint crash karena kegagalan sistem
  • Powerpoint not responding dan hang
  • Ada file konfigurasi powerpoint yang hilang
  • Powerpoint terkena virus atau malware
  • Karena menggunakan versi gratis yang tidak resmi

Nah maka dari itu ada beberapa cara untuk mengatasi powerpoint yang error seperti sering keluar sendiri, program menutup tiba-tiba, hang atau crash. Mari simak artikel berikut ini…

Mengatasi Powerpoint yang Error

1. Repair Powerpoint lewat Control Panel

Cara termudah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki powerpoint yang error yaitu dengan cara memperbaikinya via menu repair.

Dengan cara ini, microsoft office anda termasuk word dan excel akan kembali seperti baru. Semua file konfigurasi atau library yang hilang akan dikembalikan. Cara ini dapat memperbaiki berbagai macam masalah seperti powerpoint has stopped wordking, force close, not responding, can’t save dan sebagainya. Caranya cukup mudah,

Advertisement
cara repair powerpoint
  • Pertama buka Control Panel > Programs > Programs and Features > Cari Microsoft Office
  • Kemudian Klik Kanan > Change
  • Pilih Quick Repair dan klik Repair
Cara mengembalikan powerpoint ke pengaturan pabrik

Anda bisa melakukan repair secara offline atau online. Jika ada koneksi internet saya sarankan untuk melakukan repair secara online.

2. Update Powerpoint ke Versi Terbaru

Microsoft selaku pemilik software office selalu melakukan pembaharuan terkait keamanan, bug, fitur serta stabilitas secara berkala. Maka dari itu, pastikan anda mengupdate office ke versi terbaru dan mengeceknya secara berkala.

Untuk melakukan update caranya cukup mudah,

cara update powerpoint ke versi terbaru
  • Anda buka program ms. powerpoint
  • Kemudian klik Account > Update Options > klik Update Now
  • Pastikan anda memiliki koneksi internet yang stabil

3. Restart Komputer sebelum membuka Program Powerpoint

Sebelum anda membuat slide presentasi, alangkah baiknya untuk memaksimalkan PC ke performa tertinggi. Salah satu caranya yaitu merestart komputer terlebih dahulu.

Dengan begitu, program-program lain yang sedang berjalan akan berhenti dan beban memory dan CPU akan berkurang, sehingga komputer memiliki performa yang lebih cepat dan stabil.

Hal ini berlaku juga ketika anda melakukan pekerjaan lain, misalnya browsing dengan banyak tab sekaligus, editing foto di photoshop, edit video di premiere pro atau pekerjaan berat lainya.

4. Scan Menggunakan Antivirus

Jika anda mencurigai microsoft office anda terkena virus, maka alangkah baiknya untuk melakukan full scan.

Anda bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Avast, Bitdefender, AVG atau menggunakan antivirus bawaan seperti Windows Defender.

Pastikan antivirus anda sudah diperbaharui ke database versi terbaru. Hal ini bertujuan agar virus dan malware yang menyerang di hapus dan dikarantina sehingga program powerpoint dapat berjalan normal kembali.

Terkadang virus dapat menyusup dikarenakan kita lalai dan asal-asalan ketika menginstal program di sistem operasi windows pada Komputer atau Laptop yang kita miliki.

5. Hapus Add in terlebih dahulu

image 12

Powerpoint memiliki fitur yaitu Add Ins yang berfungsi untuk menambahkan fitur baru atau fungsi baru yang berguna untuk mempermudah pekerjaan kita.

Namun kadang kala, add ins yang di instal tidak kompatibel dan menyebabkan powerpoint menjadi error dan bermasalah.

Maka dari itu untuk memperbaiki hal ini, kita bisa menghapus add ins sementara. Caranya

  • Buka Powerpoint > Masuk ke tab Insert > My Add-ins
  • Kemudian hilangkan centang atau hapus add ins yang terinstal

Cara ini efektif jika anda mengalami masalah ketika sudah selesai menginstal dan menggunakan add ins pada powerpoint.

6. Instal ulang Powerpoint

Cara paling mudah dan simple untuk memperbaiki powerpoint yang error yaitu dengan cara menginstal ulang. Anda dapat mendownload instalan software powerpoint kemudian menginstalnya kembali.

Namun, pastikan untuk mendownload microsoft office di situs resmi microsoft, agar aman dan tidak terjangkit virus atau malware berbahaya.

Anda dapat mendownloadnya di situs resmi microsoft. Anda bisa memilih dalam bentuk ISO atau Online Installer.

Sebelum menginstal, pastikan anda menghapus microsoft office yang lama terlebih dahulu agar tidak terjadi bentrok dan crash.

7. Gunakan versi asli dan original

Hal classic yang menyebabkan powerpoint error dan sering keluar sendiri biasanya karena kita menggunakan versi tidak resmi.

Maka dari itu belilah microsoft office original. Walaupun tidak murah, namun versi original dijamin aman dan memiliki stabilitas yang baik serta di update secara berkala oleh microsoft.

Bagaimana Cara Mengembalikan Powerpoint yang belum di Save?

Jika anda terlanjur mengejakan slide powerpoint kemudian keluar sendiri sebelum di save, maka anda bisa mengembalikanya jika sebelumnya powerpoint anda sudah mengaktifkan fitur auto recover.

Caranya

Pertama

  • Buka Powerpoint > Recent > klik Recover unsaved presentations

Kedua

  • Buka Windows Explorer
  • Masuk ke c:\Users\Nama User\AppData\Roaming\Microsoft\Powerpoint
  • Ganti “nama user” dengan user windows anda

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengatasi powerpoint yang error dan sering keluar sendiri. Cara diatas sudah saya praktekan sendiri dan akhirnya berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment