Mengatasi Layar HP Berbayang dan Berbekas (Shadow Burn In)

Layar berbekas dan berbayang sering dialami oleh beberapa pengguna smartphone, termasuk pemilik hp dengan jenis layar IPS LCD ataupun Amoled. Layar merupakan salah satu komponen ponsel yang penting karena semua proses output ditampilkan disini. Jika layar terlihat tidak normal, tentu akan mengganggu kenyamanan ketika menggunakan hp tersebut.

Masalah Penyakit Layar HP yang Sering Muncul

contoh gambar layar burn in shadow 1
Contoh layar burn in / shadow dimana tampilan logo CNN membekas dilayar

Ada beberapa masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna smartphone, antara lain sebagai berikut

  • Burn in : istilah lainnya yaitu shadow atau screen retention. Yaitu kondisi dimana tampil bayangan yang membekas dari tampilan sebelumnya di area tertentu. Misal gambar keyboard yang masih terlihat samar walaupun kita sudah menutup tampilan keyboard. Burn in bersifat permanen pada layar OLED atau AMOLED, namun dapat bersifat sementara pada jenis layar LCD atau IPS.
  • Green tint : ada juga yang menyebutnya green screen of death. Ini merupakan gejala dimana layar terlihat kehijauan pada sebagian atau keseluruhan layar.
  • Screen line : istilah lainnya vertical lines dan horizontal lines, yaitu suatu keadaan dimana tampil sebuah garis vertikal atau horizontal yang menggangu. Istilah sederhananya yaitu layar bergaris.
  • Screen flickering : istilah lainnya yaitu vibrating screen atau layar bergetar yaitu kondisi dimana layar menampilkan gambar yang berketip dan bergetar.

Beberapa masalah layar hp tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut

  • Terlalu sering dan lama menggunakan kecerahan maksimal
  • Menggunakan layar dengan tampilan statis dalam jangka waktu lama (misal membiarkan tampilan kalkulator selama berjam-jam tanpa perubahan)
  • Membiarkan hp overheat (panas berlebih)
  • Menggunakan hp sambil di charge
  • Siklus usia panel layar sudah menua
  • Terjatuh, tertekan atau kemasukan air dan cairan kimia
  • Bug sistem operasi
  • Cacat produksi

Gejala green tint, screen line atau screen flickering mungkin sulit atau bahkan mustahil untuk diperbaiki kecuali dengan ganti layar hp. Namun untuk kondisi layar burn ini, masih ada harapan untuk diperbaiki, terutama untuk jenis layar LCD seperti panel IPS.

Cara Mengatasi Layar HP Berbayang (Shadow) dan Burn In

Nah, ada beberapa cara untuk mengurangi dan mengatasi layar hp yang memiliki gejala burn in atau shadow, antara lain sebagai berikut

1. Memutar Video LCD Screen Burn In Fix

Video LCD Screen Burn In Fix

Cara paling ampuh dan sudah saya buktikan sendiri di iPhone 11 yang stuck pixel (shadow) yaitu dengan memutar video creen burn in fix selama berjam-jam, tepatnya 5 jam secara nonstop dari baterai penuh hingga habis dalam kecerahan maksimal. Video Screen Burn In Fix dapat ditemukan secara gratis di Youtube atau di website khusus yang bisa ditemukan di google.

Kenapa video ini bisa memperbaiki layar burn in?

Hal ini karena video yang diputar memiliki 3 warna dasar pada LCD yang diputar secara berulang, bergantian dan acak. Warna tersebut merupakan RGB (Red, Green dan Blue). Dengan menampilkan warna tersebut secara berulang, maka setiap pixel dalam layar akan terangsang dan berubah kembali ke warna aslinya sehingga shadow atau screen retention dapat berkurang hingga hilang.

Video ini juga dapat digunakan untuk mengatasi layar yang memiliki frozen pixel seperti dead pixel atau white pixel.

2. Mematikan dan Mendinginkan HP Seharian

Jika layar berbayang muncul setelah anda menggunakan ponsel dalam waktu lama, misal bermain game maka kemungkinan ini disebabkan karena masalah panas berlebih (overheat).

Untuk memperbaikinya, cukup dinginkan perangkat dan matikan dalam beberapa waktu. Jika baterainya bisa dilepas, lebih baik dilepas terlebih dahulu. Ini akan membuat layar beristirahat, setiap pixel mengosongkan listrik dan kembali ke semula. Sehingga burn in dapat menghilang.

3. Download Aplikasi Burn In Screen Fixer

image 1

Di Android atau iOS, ada beberapa aplikasi khusus untuk memperbaiki layar berbayang dan berbekas. Anda tinggal buka saja Play Store atau App Store dan cari aplikasi Screen Fixer.

Pada dasarnya, cara kerjanya sama dengan Video Burn In Fix, yang membedakan ini dalam bentuk aplikasi.

4. Menekan Layar

Layar bergaris atau bergetar (flicker) bisa disebabkan oleh flexible atau port layar yang longgar karena goncangan atau terjatuh. Untuk mengatasinya, kita bisa menekan layar, harapannya kabel LCD atau fleksibel kembali menyatu dengan papan sirkuit (motherboard).

Namun! Anda harus hati-hati dan memahami resikonya, selain dapat memperbaiki, ini juga berpotensi merusak layar HP, misalnya seperti pecah atau malah mati total. Jadi untuk cara yang ke empat ini harus lebih bijak.

5. Bawa ke Service Center

Jika cara pertama hingga terakhir tidak berhasil, kemungkinan sudah terjadi kerusakan hardware sehingga burn in permanen. Burn in atau layar berbayang ini normal jika usia hp anda sudah lama, misalnya 2 tahun keatas.

Jadi saatnya untuk mengganti layar dengan membawanya ke service center. Pastikan anda memilih service center resmi agar mendapatkan spare part layar original.

Tips Agar Layar HP Awet dan Terhindar dari Burn In / Shadow

Agar layar tahan lama, ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu

  • Mematikan auto brightness ketika pergi ke luar
  • Hindari mengatur brightness sampai full, maksimal di kecerahan 50%
  • Atur batas waktu layar dibawah 30 detik
  • Jangan membiarkan layar menampilkan gambar statis dalam waktu lama
  • Gunakan live wallpaper agar pixel layar berganti secara teratur
  • Ganti tema atau wallpaper secara rutin
  • Gunakan tema gelap (dark mode) dan tema terang (light mode) secara bergantian
  • Jaga agar perangkat tetap dingin
  • Jangan terlalu sering bermain game berat
  • Hindari menyimpan hp dibawah terik matahari
  • Jangan gunakan hp ketika di charge

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan dari pembaca setia septian.web.id yang sering ditanyakan

Apakah Burn in berbahaya?

Tidak, burn ini ini normal terutama pada layar berjenis amoled yang sudah berusia. Gejala burn ini hanya mengganggu kenyamanan penggunaan, tidak akan menimbulkan bahaya yang serius.

Apakah burn in dan shadow permanen?

Tergantung, pada jenis layar LCD seperti panel IPS burn ini bisa dihilangkan secara permanen dengan memutar video screen retention fix. Namun, pada beberapa kasus burn in bersifat permanen, terutama pada jenis layar OLED dan Amoled.

Apakah Burn in bisa hilang permanen?

Bisa pada jenis layar LCD.

Apakah Burn in menyebar?

Jika dibiarkan, burn ini bisa menyebar seiring dengan waktu hingga akhirnya bersifat permanen.

Kapan dapat terjadi burn in dan shadow pada layar?

Biasanya ketika hp overheat dan usia hp yang sudah lama diatas satu tahun.

Kesimpulan

Jenis layar terbaik sekalipun memiliki resiko terkena layar berbayang seperti burn in dan shadow. Entah itu dari merk hp terkenal seperti samsung, apple, huawei dan sony maupun brand pendatang baru seperti oppo, vivo, realme, xiaomi, asus, lenovo, infinix dan sebagainya.

Kuncinya ada pada perawatan dan perlakuan pengguna. Jika layar HP dirawat dengan baik, tidak dibiarkan overheat, rajin mengganti wallpaper dan tidak terlalu sering menggunakan kecerahan maksimal, penyakit burn in atau shadow dapat dikurangi sehingga usia layar dapat bertahan lebih lama.

Namun pada akhirnya, barang elektronik tetaplah sebuah barang yang memiliki usia pakai. Begitupun layar hp yang memiliki siklus tertentu dan akan mengalami masalah pada waktunya. Solusi akhir yaitu mengganti layar ataupun membeli hp baru.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment