Mengatasi Komputer Hidup tapi Tidak Tampil di Monitor

Ketika kita menghidupkan PC, kadang CPU hidup namun tidak menampilkan apa-apa di monitor. Hal ini biasa di sebut Blank Screen atau Black Screen. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor sehingga monitor tidak menerima input gambar dari CPU.

Advertisement

Blank screen biasanya memiliki ciri CPU yang menyala, mulai dari LED, Suara Kipas Berputar atau Bunyi Beep. Namun, di monitor tampil “no display”, “no input” atau “no signal”.

Nah di artikel kali ini, admin akan membahas secara khusus tentang cara mengatasi komputer yang tidak tampil di monitor. Mari simak artikel berikut ini

Cara Memperbaiki Komputer Blank Screen

cpu nyala tapi tidak tampil di monitor blank 1

Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan cpu tidak tampil di monitor, namun biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut…

1. Kabel Monitor tidak Terpasang dengan Benar

Hal yang paling classic dan sering terjadi yaitu karena kabel monitor yang longgar atau lepas. Hal ini bisa disebabkan oleh tergesernya kabel, ulah tikus atau cicak, atau karena kesalahan pribadi karena tidak memasang kabel monitor dengan benar.

Advertisement

Biasanya kabel monitor ada beberapa jenis, mulai dari HDMI, Displayport, USB C, Thunderbolt, atau D-Sub (VGA). Nah, jenis kabel D-Sub (VGA) biasanya gampang lepas jika kita tidak memutar mur baut pengunci nya.

gambar colokan kabel monitor 1

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek kabel terlebih dahulu. Jika terlihat kotor, bersihkan juga dengan blower atau kuas yang lembut.

2. Salah Pasang Kabel Monitor

Jika anda baru merakit komputer dan pas di nyalakan tidak muncul apa-apa di monitor bisa jadi anda salah pasang kabel monitor.

Komputer modern biasanya memiliki 2 port monitor. Pertama yaitu port monitor yang langsung terhubung ke motherboard. Yang kedua yaitu port monitor yang terhubung ke VGA.

Nah anda harus bisa mengenali dulu apakah komputer anda memiliki kartu VGA (GPU)?

Jika iya, maka anda harus memasang kabel monitor ke VGA, namun jika tidak maka anda harus memasang kabel monitor ke motherboard.

Contoh port monitor di motherboard yaitu ditunjukan oleh nomor 7

vga port 1
VGA Port di Motherboard

Jenis lainya seperti berikut

jenis colokan monitor vga hdmi dan displayport 1
Monitor Port di VGA

Jadi pastikan mencolok kabel monitor yang benar ya… Jika tidak ada VGA ya pasangkan di motherboard, jika terpasang VGA ya pasang ke VGA.

3. RAM Kotor atau Rusak

Penyebab selanjutnya yaitu biasanya terletak pada komponen Random Access Memory (RAM) yang error karena kotor atau rusak.

Komponen ini sangatlah penting dalam sebuah komputer, jika tidak bekerja maka menyebabkan monitor blank dan tidak tambil apa-apa.

Cara mengatasinya yang termudah yaitu membersihkanya dengan penghapus.

mengenali ram yang rusak 1

Selain itu, bersihkan juga dengan menggunakan kuas yang lembut. Kemudian pasang kembali.

Jika masih tetap blank screen, coba anda tukar posisi ram. Biasanya Slot ram terdiri dari 2 atau 4 slot.

Coba juga untuk hanya memasang 1 keping ram, dan tukar dengan keping lain untuk mengecek apakah ada salah satu ram yang rusak.

slot ram 1

Anda juga bisa mengecek apakah ram rusak atau tidak dengan mencobanya di komputer lain, entah komputer kantor atau komputer teman untuk memastikan.

4. Salah Settingan BIOS

Jika kipas komputer menyala namun tidak tampil di monitor biasanya salah di settingan BIOS. Ada beberapa hal yang biasanya sering terjadi, seperti :

  • Salah memilih VGA yang digunakan (Apakah Onboard atau PCIE – VGA External)
  • Salah pengaturan timing RAM
  • Salah konfigurasi CPU setelah melakukan Overclock
  • Processor tidak didukung motherboard karena belum update BIOS
  • Dan sebagainya

Cara mudahnya yaitu dengan mereset BIOS ke pengaturan default. Ada beberapa cara, yaitu dengan

  • Melepas dan memindahkan jumper dari posisi 0 X X ke posisi X X 0
bios reset 1
Contoh Jumper
  • Melepas baterai CMOS
baterai cmos komputer 1
Yakumo Notebook 536S – CR2032 backup battery on motherboard
  • Reset Bios via Pengaturan
reset bios ke pengaturan awal 1

Nah, anda bisa mencoba salah satu cara diatas. Pilih cara yang menurut anda paling memungkinkan dilakukan.

5. Baterai CMOS Rusak

Pengalaman saya yang paling berkesan yaitu rusaknya baterai cmos karena PC tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Sehingga motherboard tidak memiliki daya untuk menyimpan konfigurasi BIOS. Hal ini menyebabkan bios selalu melakukan konfigurasi awal sehingga menyebabkan komputer blank screen.

Cara ini cukup mudah, anda hanya tinggal mengganti baterai cmos dengan yang baru. Anda bisa membelinya di toko jam tangan atau via ecommerce (toko online).

6. Power Supply Tidak Ngangkat

Jika listrik dirumah anda tidak stabil dan sering mati lampu, bisa jadi penyebab komputer blank yaitu rusaknya power supply.

power supply

Biasanya power supply dengan merk tidak terpercaya gampang sekali rusak, apalagi jika komponen komputer yang digunakan cukup banyak.

Langkah awal untuk mengenalinya yaitu cek bagian fisik, apakah ada ciri-ciri bekas terbakar atau ledakan. Kemudian cium apakah ada bau-bau sangit.

Selain itu, biasanya powersupply rusak tanpa memberikan ciri. Tampilanya masih bagus namun nyatanya rusak.

Anda harus mencobanya dengan powersupply lain.

7. VGA Bermasalah

VGA Rusak 1

Dan penyebab yang paling sering terjadi yaitu VGA Rusak.

Hal ini disebabkan karena kita sering bermain games, kerja berat, faktor usia VGA atau melakukan overclock.

Jika motherboard anda miliki VGA Onboard, saya sarankan cabut dulu VGA kemudian pasangkan kabel monitor ke motherboard. Jika nyala, bisa dipastikan VGA anda rusak dan minta diganti.

Selain itu, bisa saja VGA anda masih normal, namun anda salah memasang driver VGA atau ada kabel yang tidak terpasang dengan baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki komputer yang hidup tapi tidak tampil di monitor. Sebenarnya penyebabnya hanya dua, yaitu ada sesuatu yang salah pasang (konfigurasi) atau ada komponen PC yang rusak.

Disini anda harus pintar mengenali penyebab dan mengatasinya dengan tepat sesuai dengan beberapa langkah diatas. Jika anda belum pernah merakit atau memasang komponen komputer, alangkah baiknya anda belajar merakit komputer terlebih dahulu. Bisa lewat game atau aplikasi virtual.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment