Mengatasi Ikon Kotak Hitam di Heading Microsoft Word

Ketika sudah susah payah menyusun skripsi, ketika saya membuka file .docx untuk melanjutkan, saya kaget karena ternyata nomor heading dan subheading hilang. Format heading 1, 2, 3 dan seterusnya berubah jadi kotak persegi panjang berwarna hitam.

Advertisement

Saya sudah coba mengulik sana sini, menghapus dan mengubah format heading, namun heading tidak kunjung muncul. Setelah saya mencari informasi kesana kemari, ternyata ini merupakan bug microsoft office.

mengatasi format heading dan subheading jadi kotak garis hitam

Ini disebabkan oleh file .doc yang bermasalah pada kompatibilitas. Misalnya anda pertama kali membuat dokumen di microsoft word 2007, kemudian membukanya di word 2010, 2013 atau 2016. Ini sering terjadi masalah yang microsoft menyebutnya bug black heading word.

Nah, di artikel kali ini saya akan share bagaimana cara mengatasi permasalahan heading yang menjadi kotak hitam di ms.office semua versi, cara ini juga bisa anda praktekan sendiri di laptop atau komputer anda, berikut adalah tutorialnya…

Cara Menghilangkan Kotak Hitam di Heading Word

Untuk menghilangkan dan mengembalikan heading seperti semula, kita tidak perlu membuat ulang heading dari awal. Tentu ini akan menghabiskan banyak waktu. Anda cukup mencoba cara berikut ini…

Advertisement
  • Pertama, buka dokomen yang ingin di edit
  • Kemudian arahkan kursor ke block hitam (heading) dan double klik kanan hingga berubah menjadi warna abu seperti gambar berikut
arahkan kursor dengan double klik hingga menjadi warna abu
  • Jika tidak berubah, anda bisa geser navigasi kiri hingga heading tertutupi.
  • Setelah itu tekan Ctrl + Shift + S secara bersamaan
  • Kemudian akan muncul kotak dialog Apply Style > klik Reappy
kemudian setelah menu apply style muncul klik reapply
  • Taraa… maka heading yang hilang akan kembali seperti semula.

Jika setelah menekan reapply kotak hitam tetap ada, berarti anda salah saat melakukan tahap ke 2, pastikan dulu heading berubah jadi abu sebelum menekan Ctrl + Shift + S.

Itulah cara singkat mengenai cara mengatasi heading yang error. Cara diatas dapat mengatasi error black box heading sementara. Suatu saat bisa terjadi lagi karena ini merupakan bug dari microsoft office versi terdahulu.

Agar microsoft office anda lebih stabil dan minim bug, anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini…

  1. Lakukan Update ke versi terbaru
  2. Selalu gunakan versi original
  3. Jangan berganti versi office ketika mengerjakan tugas, seperti skripsi atau tugas akhir.

Semoga bermanfaat…

Share jika suka!

Leave a Comment