Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi

Di pasaran, ada beberapa jenis headset, headphone dan earphone yang beredar. Ada yang menggunakan Jack 3,5mm, USB Type C, Lightning dan Juga Bluetooth. Nah, banyak dari teman kita yang mengalami headset type c tidak terdeteksi HP. Hal ini karena masalah kompabilitas atau pengaturan yang salah. Sebaiknya kita mengecek terlebih dahulu kompatibilitas dari sebuah headset untuk tipe hp apa saja dan mengikuti buku panduan yang diberikan.

Namun, bagi anda yang baru pertama kali menggunakan headset type C atau jenis lain dan masih bingung, di artikel kali ini kita akan membahas secara khusus bagaimana cara mengatasi headset yang tidak terdeteksi. Simak artikel berikut ini…

Penyebab Headset Tidak Terdeteksi

  • Port tidak terpasang sempurna
  • Port kotor
  • Salah pengaturan
  • Terjadi error atau bug
  • Kabel ada yang putus
  • Tidak kompatibel

Dari beberapa point diatas, kita masih bisa mengatasinya dengan beberapa cara, antara lain sebagai berikut

Cara Mengatasi Headset yang Tidak Terdeteksi

Silahkan anda coba beberapa tutorial berikut dari awal hingga akhir, semoga dapat mengatasi masalah headset di perangkat anda.

1. Restart HP

Headset yang tidak terbaca biasanya disebabkan oleh sistem yang eror yang tidak bisa mengenali perangkat output seperti headset atau earphone. Cara mengatasinya anda cukup matikan HP untuk beberapa saat dan coba hidupkan kembali.

Dengan merestart HP maka sistem akan kembali ke performa puncak, dengan begitu driver yang khusus menangani sistem earphone dapat bekerja kembali.

2. Aktifkan USB OTG dan Audio Routing

Di beberapa tipe HP, khususnya Android kita harus mengaktifkan terlebih dahulu USB OTG agar headset dapat terbaca. Caranya:

cara mengaktifkan otg headset
  • Masuk ke Pengaturan
  • Aktifkan Developer Options (klik info build number selama 8x di pengaturan)
  • Kemudian cari opsi OTG di Pengaturan lalu aktifkan (setiap tipe HP memiliki letak menu berbeda, anda harus mencarinya)
  • Setelah itu baru colokan headset

Selain itu, jika anda menemukan menu audio routing dan audio source form as USB. Anda wajib mengaktifkannya.

3. Bersihkan Port dan Jack Audio

Jika masih belum bekerja, silahkan bersihkan port headset dan port di hp anda. Bisa menggunakan cairan pembersih khusus, kayu putih ataupun alcohol. Pastikan tidak ada debu atau noda yang menempel. Dengan begitu koneksi headset dapat berjalan tanpa hambatan.

4. Gunakan Adapter Jack 3.5 mm atau DAC

Jika HP Anda tidak memiliki lubang jack, anda bisa menggunakan converter atau DAC. Converter ini dapat berfungsi sebagai audio converter sehingga headset yang tadinya bersifat pasif dapat menjadi aktif.

contoh DAC Android dan iPhone

Khusus untuk DAC, perangkat ini selain bisa menghubungkan headset dengan HP, juga bisa meningkatkan kualitas suara, sangat direkomendasikan untuk para audiophile.

DAC ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari yang terjangkau hingga yang termahal.

5. Instal Aplikasi / Driver

download aplikasi soundabout

Salah satu aplikasi yang sering digunakan yaitu SoundAbout. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur beragam pengaturan mengenai perangkat audio seperti headset. Cara menggunakannya cukup mudah,

  • Pertama download aplikasi SoundAbout di Google
  • Kemudian Buka aplikasinya
  • Masuk ke pengaturan Connectable Device dan Cari menu Wired Headset Settings
  • Disi anda aktifkan Wired Headset Detection

Selain menggunakan aplikasi tersebut, anda juga bisa mencoba aplikasi Lasser AudioSwitch, aplikasi ini berfungsi untuk mengecek dan mengetahui apakah headset terbaca atau tidak.

6. Update Software Android / iOS ke Versi Terbaru

Jika masalah belum terselesaikan, anda juga bisa mengupdate versi android atau ios ke versi terbaru. Bisa jadi masalah ini merupakan sebuah bug dan sudah diperbaiki di versi software terbaru.

7. Bawa ke Service Center

Jika anda sudah mencoba semua cara diatas dan tidak ada yang berhasil, kemungkinan ada masalah atau kerusakan hardware, baik itu di IC Audio, port jack, ataupun headset yang anda miliki.

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu membawanya ke tukang service untuk diperbaiki, karena jika masalahnya terletak pada hardware, harus ditangani oleh teknisi berpengalaman.

Kesimpulan

Itulah artikel singkat mengenai cara mengatasi headset yang tidak terbaca. Biasanya masalah ini disebabkan oleh port yang kotor ataupun pengaturan yang belum di konfigurasi. Kita bisa mengaktifkan OTG atau menginstal aplikasi khusus agar headset terbaca.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingiin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment