Mengatasi Gambar & Foto WhatsApp tidak Muncul di Galeri

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang penting karena hampir semua orang saat ini menggunakannya untuk berkomunikasi. Namun, terkadang ada sedikit masalah yang muncul, misalnya seperti gambar yang tidak tersimpan ke galeri sehingga tidak muncul dan tampil.

Terutama gambar yang di kirim atau diterima di PC yang menggunakan whatsapp web. Nah, di artikel kali ini saya akan membagikan tips cara mengatasi image wa yang tidak muncul di gallery berdasarkan pengalaman saya sendiri yang tentunya sudah terbukti.

Cara Mengatasi Foto dan Gambar WhatsApp tidak Muncul di Galeri Android & iPhone

Banyak yang bertanya, kenapa foto yang dikirim dari whatsapp tidak ada di galeri hp android dan iphone? Padahal, pada kondisi normal, semua media yang dikirim atau diterima melalui whatsapp harusnya terbaca dan masuk ke galeri secara otomatis.

Ada beberapa penyebabnya, antara lain sebagai berikut

  • Gambar atau foto belum terdownload
  • Kualitas jaringan sinyal jelek
  • Penyimpanan penuh
  • Pengaturan media visibilty belum di aktifkan
  • Pengaturan media auto download belum di aktifkan
  • Tersembunyi karena file .nomedia

Nah, untuk mengatasinya, anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini

1. Mengaktifkan Media Visibility dan Auto Download

Hal pertama biasanya disebabkan karena Anda tidak sengaja mematikan pengaturan media visibilty di pengaturan atau di grup. Nah, cara mengaktifkanya kembali cukup mudah.

Mengatasi Foto dan Gambar WhatsApp tidak Muncul di Galeri

Android

  • Masuk ke Setelan > Chat > aktifkan Tampilkan Media

iPhone

Tidak seperti android, di Iphone semua media yang masuk tidak akan muncul di galeri secara otomatis, maka kita harus mengaturnya via pengaturan iphone. Caranya

image
  • Buka Settings Iphone > Chats > Aktifkan Save to Camera Roll
  • Lalu Cara WhatsApp di Pengaturan > Klik iconnya > di bagian Allow WhatsApp to Access, klik Photos > lalu berikan izin Read and Write.

Nah, seharusnya sekarang foto yang sudah anda download akan masuk ke galeri. Namun, jika anda mengalami masalah foto yang tidak muncul di salah satu grup atau kontak, maka anda bisa mengatasinya dengan

cara mengatasi gambar grup wa tidak muncul di galeri
  • Cari nama grup > Klik info grup >Tampilkan Media > Pilih YA.

Selah itu, jangan lupa untuk mengaktifkan media auto download agar semua foto dan gambar wa masuk ke galeri secara otomatis. Caranya,

  • Masuk ke Setelan > Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media
  • Di bagian data seluler dan wifi, pastikan anda mencentang opsi foto lalu klik OK.
cara mengaktifkan download gambar dan foto wa otomatis

Selesai, kini anda tinggal melakukan restart hp untuk menampilkan gambar di galeri. Biasanya di HP tertentu gambar atau foto tidak langsung muncul karena harus melakukan scan ulang lewat restart.

2. Menghapus File Nomedia

image 3
Source : journeybytes

Pada perangkat android, ada yang namanya file .nomedia, biasanya ditemukan di dalam folder. Fungsinya untuk menjadikan folder yang ditandai .nomedia tidak di pindai (scan) oleh perangkat sehingga tidak muncul di galeri atau media player.

Ini untuk melindungi privasi atau mencegah file sistem terbaca sehingga pengguna merasa terganggu. Namun, ada kalanya file ini muncul di folder yang harusnya terbaca, salah satunya folder media whatsapp.

Jika di dalam folder whatsapp terdapat .nomedia maka semua file termasuk foto atau video tidak akan muncul di galeri. Nah, cara mengatasinya cukup menghapus file .media ini lewat

  • File manager (aktifkan dulu pengaturan “tampilkan file tersembunyi”
  • Kemudian buka folder whatsapp > media > images
  • Lalu cari file .nomedia kemudian hapus

3. Membuka Langsung File Lewat Folder WhatsApp

Cara alternatif lainnya yaitu dengan cara memindahkan langsung gambar atau foto dari folder whatsapp ke folder lain, misalnya folder download agar muncul di galeri. Cara ini efektif untuk memunculkan gambar yang di terima atau dikirim lewat whatsapp web di Laptop atau Komputer.

Membuka Langsung File Lewat Folder WhatsApp
  • Caranya, yaitu pertama masuk ke File Manager
  • Lalu buka folder WhatsApp > Media > WhatsApp Images
  • Nah silahkan anda cari gambar atau foto yang di inginkan, bisa juga membuka folder (send dan private) yaitu folder dimana semua gambar yang anda kirim di tampung

Setelah itu, baru anda copy dan pindahkan ke folder lain, contohnya folder Download.

4. Menghapus Pengaturan Data Galeri ke Setelan Pabrik

image 4
Quora

Cara ini berfungsi untuk mengatasi aplikasi galeri yang error karena file sampah atau cache yang sudah menumpuk. Caranya yaitu dengan membersihkan cache dan data.

  • Pertama masuk ke pengaturan > aplikasi > cari galeri
  • Kemudian cari menu penyimpanan
  • Klik Hapus data & hapus cache
  • Lalu restart hp anda.

5. Restart HP

Kadang kala, gambar atau foto yang tidak muncul di galeri hanya disebabkan oleh hal sepele, yaitu performa hp sudah menurun karena belum di restart selama berhari-hari sehingga menyebabkan program yang menjalankan scanning media menjadi error.

Cara mengatasinya, cukup menghapus beberapa file yang membuat penyimpanan menjadi penuh, kosongkan minimal 20%, kemudian lakukan restart.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk menampilkan gambar dan foto wa yang tidak ditemukan di galeri. Mengatasinya cukup mudah, pertama yaitu mengaktifkan visibilitas media dan auto download, kemudian melakukan restart. Jika dirasa media belum muncul, bisa memeriksa file .nomedia di folder whatsapp kemudian menghapusnya.

Bisa juga disebabkan oleh galeri yang error, mengatasinya yaitu dengan cara menghapus data dan cache via pengaturan. Ini akan membuat aplikasi galeri fresh dan bersih seperti awal tanpa menghapus gambar atau foto di dalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meningalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

1 thought on “Mengatasi Gambar & Foto WhatsApp tidak Muncul di Galeri”

Leave a Comment