Mengatasi Fast Charging HP yang Tidak Muncul

Memiliki smartphone dengan kecepatan charge yang cepat memang menyenangkan. Kita dapat meningkatkan produktifitas tanpa harus menunggu proses cas hp yang lama. Namun, yang namanya teknologi kadang memiliki kekurangan, salah satu masalah yang sering dialami oleh mayoritas pengguna Android dan Iphone yaitu indikator logo fast charging tidak muncul sehingga fast charging tidak berfungsi.

Advertisement

Hal ini saya alami di beberapa smartphone, misalnya seperti samsung dan infinix. Banyak dari rekan kita juga yang mengalaminya di merk ponsel lain seperti realme, vivo, xiaomi, sony, asus, oppo hingga apple.

Nah, maka dari itu di artikel kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu mengenai tips dan trik cara mengatasi fast charging yang tidak muncul dan berfungsi seperti biasanya, mari simak artikel berikut ini…

Penyebab Fast Charging Tidak Berfungsi

Jika ada sesuatu yang tidak berjalan semestinya, pasti disebabkan oleh sesuatu. Nah, untuk kasus fast charging yang tidak berfungsi, ada beberapa penyebabnya antara lain sebagai berikut…

  • Kabel charger (USB) rusak karena ada bagian yang terputus
  • Kepala charger (batok casan) sudah lemah
  • Port charger hp longgar atau kotor
  • Sumber daya listrik kurang baik
  • Kepala charger tidak kompatibel atau kw
  • Bug pada sistem operasi
  • Baterai HP sudah drop
  • IC power (charger) bermasalah

Nah, dari beberapa point diatas dapat kita simpulkan bahwa kita dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara sebagai berikut ini…

Advertisement

Cara Mengatasi Fast Charging yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan, anda bisa mencoba salah satu cara berikut ini, jika tidak berhasil bisa coba cara lainnya

1. Cabut dan Colok Charger Beberapa Kali

Cara paling mudah yang biasa saya lakukan jika icon fast charging tidak muncul yaitu dengan cara mencabut port charger dan memasangnya secara berulang hingga icon fast charging muncul.

mengatasi fast charging tidak muncul
Image by Adam Swift – Tunecomp

Cara ini biasa saya gunakan di samsung milik saya, dan terbukti works di merk hp lainnya. Ternyata jika USB atau HP sudah berusia, maka kemampuan port nya berkurang, mungkin ada yang tergeser atau putus sehingga perlu penyesuaian hingga fast charging berjalan.

2. Restart Smartphone

Jika cara pertama tidak berhasil, biasanya saya mencoba untuk merestart hp terlebih dahulu, biasanya cara ini berhasil di hp merek iphone. Jika icon fast charging tidak kunjung muncul, kita bisa juga mematikan ponsel ketika proses charging.

Ini terbukti lebih cepat dan efisien karena tidak ada beban yang dikeluarkan smartphone ketika di charge.

3. Ganti Kabel Charger

Salah satu penyebab utama fast charging biasanya kabel charger yang rusak. Rusak disini bukan berarti tidak berfungsi sama sekali, biasanya kabel charger masih bisa dipakai untuk mengisi daya dan memindahkan data, namun tidak berfungsi ketika ingin mengaktifkan fast charging.

Bisanya ini terjadi ketika kabel sudah lama digunakan, sering terketuk dan port nya kotor. Saya sudah mencoba mengganti kabel dengan yang baru, ternyata benar saja, fast charging langsung berfungsi kembali seperti baru.

4. Jangan Charge di Laptop, PC atau Powerbank

Jika anda mencoba mengisi daya lewat laptop atau PC, jangan berharap banyak. Sebenarnya penyebabnya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, namun pada intinya daya yang dikeluarkan PC dan Laptop tidak sebesar kepala charger. Mungkin termasuk powerbank, namun powerbank zaman sekarang rata-rata sudah mendukung fast charging.

5. Bersihkan Lubang Port HP

Jika anda ingin mencoba peruntungan dengan memperbaiki kabel charger, anda bisa mencoba membersihkan lubang port HP dan lubang port pada kabel USB. Bersihkan dengan cairan alhocol atau minyak hayu putih.

Untuk kabel usb, anda bisa rendam ujung port dengan alcohol kemudian bersihkan hingga tidak ada debu atau kotoran tersisa. Lalu coba kembali, mungkin 70% kemungkinan berhasil.

Baca Juga

6. Coba dengan Kepala Charger Lain

Jika sudah mencoba mengganti USB dan membersihkan port masih belum berhasil, coba ganti kepala charger dengan rating output daya yang sama. Misal bawaan charger anda 25 Watt, maka ganti dengan kepala charger lain yang watt nya sama.

Atau anda bisa membeli kepala charger yang sudah dilengkapi teknologi fast charging dan kompatibel dengan perangkat anda. Untuk memastikan apakah kepala charger rusak, anda bisa mencoba meminjam terlebih dahulu charger milik teman atau saudara anda untuk memastikanya.

7. Update Sistem Operasi

Di beberapa tipe smartphone, ternyata fast charging yang tidak berfungsi hanyalah masalah bug pada sistem operasi (OS). Untuk memperbaikinya cukup melakukan update firmware di pengaturan.

Pastikan sistem operasi yang anda gunakan versi terbaru. Silahkan baca buku panduan masing-masing karena setiap ponsel memiliki cara dan instruksi yang berbeda.

8. Ganti Baterai Jika Sudah Drop

Jika baterai anda cepat habis dan kadang hp mati mendadak, maka itu tandanya baterai sudah drop. Baterai yang sudah tidak sehat juga berdampak pada kecepatan charge yang mulai berkurang.

Jika anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera ganti baterai sebelum masalah merembet pada komponen lainnya, terutama layar.

9. Coba Reset Ke Pengaturan Pabrik

Jika beberapa cara diatas masih belum berhasil, anda bisa mencoba langkah pamungkas, yaitu mereset hp ke pengaturan pabrik. Ada dua cara yang dapat dilakukan, pertama factory reset yang kedua hard reset.

Cara Factory Reset

  • Backup semua data penting
  • Lalu masuk ke Pengaturan
  • Cari menu Backup & Reset
  • Klik Factory data / reset
  • Masukan akun email dan pin konfirmasi
  • Kemudian klik reset dan tunggu hingga selesai

Cara Hard Reset

  • Pertama, matikan ponsel
  • Tekan tombol Volume Atas + Volume Bawah/Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul recovery mode
  • Lalu pilih Wipe data/factory reset, anda bisa memindahkan kursor dengan tombol volume
  • Lalu klik tombol power untuk memilih dan mengkonfirmasi
  • Tunggu hingga selesai

10. Bawa Ke Service Center Resmi

Langkah terakhir jika masih belum berhasil, maka sebaiknya anda bawa ke service center. Namun saya sarankan jangan ke tukang service abal-abal, lebih baik kunjungi service center resmi agar dilakukan penggantian part dengan part original dan teknisi terlatih.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Dampak Fast Charging

Banyak mitos yang berkeliaran bahwa fast charging dapat berdampak buruk terhadap smartphone, seperti

  • Usia baterai yang lebih pendek
  • Gampang panas
  • Memperpendek usia smartphone
  • Hingga menyebabkan ledakan

Beberapa hal tersebut memang mungkin terjadi, namun selama kita memakai ponsel yang memang mendukung fast charging dan menggunakan charger dan kabel original, kita tidak perlu khawatir karena pabrikan sudah melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum dilepas kepasaran.

Yang patut diwaspadai jika kita menggunakan aksesoris yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau menggunakan part kw/palsu.

Cara Mematikan Fast Charging

Smartphone modern sudah dilengkapi IC khusus untuk mematikan fast charging. Biasanya jika baterai sudah menyentuh angka 80% maka daya akan dikurangi untuk menjaga kesehatan baterai.

Namun, jika anda tidak ingin menggunakan fast charging, anda cukup gunakan kepala charger atau USB yang berdaya rendah dan tidak mendukung teknologi fast charging.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengenai penyebab dan cara mengatasi fast charging yang tidak muncul dan tidak berfungsi. Jika kita mengetahui penyebabnya, kita bisa dengan mudah memperbaikinya sendiri. Namun, kadang kala masalah ini disebabkan oleh masalah hardware dan komponen smartphone sehingga kita perlu membawanya ke service center.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment