Mengatasi Body Macbook Nyentrum Saat di Charge

Mungkin, bagi anda yang pertama kali memiliki macbook entah itu macbook air atau macbook pro akan sedikit kaget ketika laptop macbook menghantarkan arus listrik (nyetrum) ketika di charge. Listrik bisa dirasakan ketika macbook digunakan dan terkena bagian tubuh seperti tangan atau kulit.

Ada yang hanya merasakan sedikit getaran, namun ada juga yang sampai merasa terkejut dan kesakitan, terutama saat memegang macbook dengan magsafe dengan watt besar. Nah, mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya kenapa body macbook bisa nyetrum? apakah hal ini berbahaya?

Nah, sebelum masuk ke materi pembahasan, mari simak penjelasan berikut ini…

Penyebab Body Macbook Nyetrum

Ada beberapa penyebab kenapa macbook atau imac anda terasa nyetrum ketika disentuh saat proses charge, antara lain sebagai berikut

1. Grounding Listrik Rumah Jelek

Penyebab utama kenapa macbook anda nyetrum ketika di charge adalah grounding listrik di rumah anda buruk. Grounding listrik atau tanah adalah titik netral pada suatu instalasi listrik yang mengalirkan listik statis langsung ke bumi (tanah).

Ini berfungsi untuk meminimalisis grounding dalam suatu instalasi listrik, entah itu rumah, kantor atau gedung. Nah, ciri rumah yang memiliki grounding yang baik yaitu adanya paku besar yang menancap ketanah.

cara mengecek grounding rumah

Jika anda ingin mengeceknya lebih lanjut, anda bisa meminta bantuan teknisi listrik untuk mengecek dan memperbaiki jika ada kerusakan.

2. Colokan Tidak Memiliki Grounding

Nah, selain grounding yang buruk, salah satu penyebab arus listrik statis yaitu colokan yang anda gunakan tipe (2 colokan) yang umum digunakan di indonesia. Tidak seperti luar negeri yang memakain tipe (3 colokan).

Colokan ketiga berfungsi sebagai grounding untuk menetralkan arus statis ketanah (lewat jalur grounding rumah). Maka dari itu, jika grounding di rumah anda sudah baik, sangat disarankan untuk mengganti colokan ke tipe 3 colokan.

3. Tubuh Anda Sensitif

Ternyata, tubuh juga berperan penting yang dapat menyebabkan kita merasakan arus listrik lebih kuat dari orang lain. Maka dari itu, jika teman anda atau saudara anda tidak merasakannya, bisa jadi tubuh anda yang terlalu sensitif, sebaiknya menggunakan alas kaki atau karpet di tempat kerja anda.

4. Magsafe atau Charger yang Digunakan Tidak Original

Magsafe atau adapter charger yang kw, fake atau bukan original juga dapat menyebabkan arus listrik yang kuat. Bahkan, dulu saya sempat merasakan panas berlebih hingga body macbook terasa sangat panas.

perbedaan magsafe asli dan palsu
Source : Apple Community by EllouLiet

Dapat merusak komponen macbook dan pin magsafe, maka dari itu sebaiknya gunakan adapter charger original yang di beli di toko resmi.

5. Magsafe atau Charger Rusak

Jika sebelumnya anda tidak pernah merasakan listrik statis, dan sekarang sering merasakanya bisa jadi magsafe anda yang bermasalah. Biasanya terjadi kerusakan pada pin-pin port bagian ujung magsafe. Cirinya biasanya terlihat gosong dan seperti mau lepas.

Anda bisa mengetesnya dengan meminjam magsafe milik teman untuk memastikannya.

6. Karena Body Macbook atau Imac itu Aluminium

Jika anda bertanya, kenapa macbook bisa nyetrum? Jawabannya karena body macbook yang bersifat unibody ini terbuat dari bahan aluminium daur ulang ramah lingkungan. Mungkin anda baru menyadarinya dan menyangka buat besi atau aluminium karena ketika di ketuk-ketuk suaranya lebih mirip plastik.

Karena itulah, maka macbook sangat mudah menghantarkan arus listrik, terutama arus listrik statis.

7. Ada Kerusakan dan Kebocoran Listrik

Jika anda merasakan arus listrik (nyetrum) yang kuat hingga membahayakan, misal membuat bekas luka di tangan, maka patut diwaspadai, mungkin ini bukan hal yang normal.

Bisa jadi terjadi kerusakan dan kebocoran pada komponen macbook anda, bisa dari magsafe, atau IC charger di motherboard. Jika sebelumnya macbook pernah di bongkar atau di service, bisa jadi ada komponen yang bocor. Sebaiknya anda memeriksanya ke service center.

Apakah Macbook yang di Charge Nyetrum itu Normal?

Ternyata, hal ini bukan suatu kerusakan dan merupakan hal normal. Terutama bagi masyarakat Indonesia yang rata-rata memiliki instalasi listrik dengan colokan tipe (2 colokan) dan tanpa grounding. Biasanya arus listrik terasa di bagian sisi-sisi body dan bagian belakang layar.

Tidak ada yang perlu di khawatirkan selama arus listrik yang dirasakan tidak terlalu kuat. Namun, jika listrik yang dirasakan sangat kuat, dan menyebabkan luka fisik maka itu merupakan hal yang tidak wajar dan berbahaya. Jika anda mengalaminya sebaiknya bawa ke authorized service center untuk dilakukan pengecekan.

Namun, bagi anda yang ingin menghilangkan atau mengurangi sensasi nyetrum di body macbook, anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini…

Cara Mengatasi Macbook dan Imac yang Nyetrum

Ada beberapa cara untuk meminimalisir arus listrik pada macbook, imac atau perangkat elektronik lainnya, antara lain sebagai berikut…

1. Cek Grounding Rumah

Jika ingin menghilangkan grounding permanen 100%, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek dan memperbaiki sistem grounding di rumah. Biasanya rumah yang memiliki grounding, di samping rumah terdapat paku besar dengan kabel yang menancap ke tanah.

Jika rumah anda belum memiliki grounding, anda bisa meminta pihak PLN atau teknisi listrik untuk memasangnya.

2. Gunakan Colokan Tiga

Setelah grounding rumah terpasang, maka langkah selanjutnya mengubah tipe colokan dirumah anda. Gunakan colokan yang memiliki sistem ground. Atau bisa juga colokan dengan (3 colokan) seperti yang digunakan pada rumah-rumah luar negeri.

colokan indonesia dengan  ground
Colokan Indonesia dengan sistem ground

3. Buat Grounding Manual ke Tanah atau Tembok

Untuk anda yang memiliki budget terbatas dan ingin mencoba melakukan life hack, anda bisa membuat grounding manual. Caranya cukup mudah.

Siapkan Kabel listrik tembaga, paku, dan tentunya alat penunjang. Kemudian, tancapkan paku pada tembok sedalam 5 atau 10 cm, bisa juga di tancapkan ke tanah di luar rumah.

cara membuat grounding listrik dirumah
Sumber : stackexchange.com

Lalu lilit paku tersebut dengan tembaga, dan di ujung kabel satunya, hubungkan ke meja besi, atau langsung tempelkan pada PC (komputer) atau macbook anda. Saran saya, gunakan alas yang terbuat dari besi kemudian hubungkan kabel ground kesana agar body macbook tetap utuh.

Jika anda kurang paham dengan artikel ini, bisa mencoba mencarinya di youtube dengan keyword, “membuat grounding listrik”.

4. Pakai Alas Kaki atau Gunakan Karpet

Untuk cara sementara yang cepat, anda bisa juga mengakali listrik statis dengan menggunakan alas kaki atau karpet. Sehingga tubuh anda tidak menyentuh lantai atau tanah.

Ini dapat mencegah anda dari listrik statis, pastikan tubuh anda juga tidak menyentuh benda seperti besi atau tembok.

5. Jangan Gunakan Perangkat ketika di Charge

Dan cara terakhir, yaitu jangan menggunakan perangkat ketika di cas. Ini cara yang paling simple dan mudah. Karena ketika macbook di charge, arus listrik akan mengalir dari adapter ke body macbook sehingga menimbulkan arus statis.

Selain untuk macbook dan imac, cara diatas juga bisa diterapkan ketika perangkat lain yang anda gunakan nyetrum, misalnya seperti ipad, hp, smartphone, personal computer (PC), laptop, atau perangkat elektronik lainnya.

Kesimpulan

Body macbook nyetrum sebenarnya merupakan hal yang normal dan wajar selama listrik yang dirasakan tidak kuat dan tidak menimbulkan luka fisik. Namun, jika anda merasakan ketidaknyamanan, maka anda bisa mengatasinya dengan cara membuat grounding.

Selain itu, anda juga bisa memakai alas kaki atau karpet di tempat kerja anda agar listrik statis tidak mengalir ke tubuh ketika kita menyentuh benda-benda yang memiliki arus listrik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment