10 Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Artikel merupakan satu bentuk tulisan yang dibuat oleh penulis dengan tujuan tertentu, bisa bertujuan memberikan informasi, membuat ulasan dan lain sebagainya sebagaimana yang terkandung di dalam tulisan tersebut. Setiap orang bisa dan boleh membuat artikel, namun untuk kebutuhan tertentu, artikel yang dibuat haruslah menarik. Inilah yang mungkin tidak semua orang bisa melakukan.

Advertisement

Langkah untuk Membantu Membuat Artikel Menarik

Suatu artikel yang menarik biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis, mengisi blog pribadi atau untuk kebutuhan lain. Artikel yang menarik adalah artikel yang mampu membuat pembaca tertarik membaca hingga tertarik mengikuti apa yang ditulis di dalam artikel tersebut. Oleh karena itulah, dalam pembuatannya dibutuhkan kemampuan khusus. Berikut adalah cara-cara yang bisa diterapkan untuk membuat artikel yang menarik untuk dibaca.

1. Tentukan Topik Menarik, Terbaru atau Sesuai dengan Keadaan Terkini

Menentukan topik adalah hal paling dasar dalam membuat sebuah artikel yang menarik. Semakin menarik topik yang akan diangkat, maka semakin banyak pula orang yang penasaran dengan artikel tersebut.

Topik menarik ini bisa berupa isu atau trend terbaru ataupun hal-hal menarik dan unik yang tidak banyak diketahui orang. Anda juga bisa memilih topik yang ‘relate’ atau berkaitan dengan masalah atau kondisi masyarakat secara umum. Selain menarik, usahakan artikel tersebut juga bersifat informatif atau edukatif.

2. Cari Ide untuk Mengembangkan Artikel dari Topik yang Diperoleh

Topik yang sudah didapatkan tidak akan bernilai tanpa ada realisasi. Salah satu cara merealisasikannya adalah mencari dan mengembangkan ide dari topik dasar yang sudah dipilih sebelumnya.

Advertisement

Sebuah artikel yang menarik tidak terlepas dari ide sederhana namun cemerlang yang bisa didapatkan kapan saja dan dimana saja. Agar tidak sampai lupa, catat ide-ide tersebut sehingga nantinya bisa dikembangkan menjadi artikel yang menarik.

3. Jangan Lupa Melakukan Penelitian dari Topik dan Ide yang Ada

Artikel ini adalah sebuah tulisan non-fiksi yang ditulis berdasarkan suatu fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Karena itulah, agar artikel yang ditulis tidak hanya menarik namun juga edukatif atau informatif dan bisa dipertanggung jawabkan, diperlukan riset atau penelitian sebelum menulisnya.

Dari riset atau penelitian yang Anda lakukan inilah nantinya Anda bisa mendapatkan fakta atau informasi yang lebih mendalam dan menarik untuk diulas lebih dalam. Sumber yang Anda gunakan dalam menulis fakta di dalam artikel ini bisa dicantumkan untuk memperkuat statement atau tulisan yang Anda buat.

4. Buat Draft Isi Artikel

Langkah ini sebenarnya opsional. Membuat draft atau rancangan isi artikel, mulai dari judul, sub judul hingga poin-poin penting yang akan dibahas di dalam artikel tentu akan lebih memudahkan Anda dalam menulis. Draft inilah yang akan menjadi panduan bagi Anda dalam menulis nantinya.

Ketika membuat draft, Anda bisa mencantumkan tujuan atau untuk apa nantinya artikel tersebut. Dengan begitu akan membuat tulisan bisa terasa lebih hidup dan komunikatif. Namun, jika Anda sudah terbiasa, tanpa draft pun Anda bisa menyusun artikel sesuai ide dan konsep yang sudah tersusun di dalam otak Anda.

5. Judul yang Menarik untuk Meraih Perhatian Pembaca

Posisikan diri Anda sebagai pembaca, sebelum membaca suatu artikel, hal pertama yang dilihat dan diperhatikan adalah judul. Kalau melihat judulnya sudah tidak menarik tentu akan mempengaruhi pembaca untuk malas membaca kelanjutan artikel.

Begitu pula sebaliknya, ketika Anda membuat judul yang menarik, catchy dan membuat orang penasaran, maka pembaca akan lebih tertarik untuk membaca keseluruhan artikel. Namun ingat, jangan sampai membuat judul yang bersifat click-bait karena akan mempengaruhi kepercayaan pembaca pada tulisan Anda yang lain.

6. Buat Kalimat Pembuka yang Menarik

Setelah judul yang menarik, artikel yang menarik dibuka dengan kalimat pembuka yang menarik pula. Kalimat pembuka yang menarik inilah yang akan menuntun pembaca untuk melanjutkan membaca ke kalimat dan paragraf selanjutnya.

Kalimat pembuka sebaiknya tidak terlalu panjang. Bisa berupa kalimat pertanyaan atau menyisipkan kalimat pertanyaan pada kalimat pembuka tersebut. Inilah yang akan membuat pembaca penasaran dan membaca artikel lebih lanjut ke kalimat berikutnya bahkan hingga akhir artikel.

7. Buat Artikel dengan Kalimat Efektif dan Paragraf Pendek

Meskipun sudah dibuka dengan judul dan kalimat pembuka yang menarik, tidak lantas membuat pembaca Anda akan membaca hingga keseluruhan artikel. Anda bisa saja kehilangan pembaca di tengah jalan karena artikelnya membosankan. Kalimat yang terlalu panjang, bertele-tele, tidak to the point adalah hal yang membuat pembaca jadi cepat bosan.

Karena itu, agar rasa penasaran pembaca tetap terjaga sehingga bisa membaca artikel Anda hingga selesai, yang harus Anda lakukan sebagai penulis adalah membuat artikel yang menarik dengan kalimat-kalimat efektif. Kalimat efektif, tidak memutar-mutar, langsung ke poin pembahasan namun tetap meninggalkan pertanyaan yang membuat pembaca penasaran akan membuat pembaca melahap artikel Anda hingga habis.

8. Menarik Pembaca Bisa dengan Menambahkan Cerita Singkat

Agar artikel bisa semakin menarik untuk dibaca, Anda juga bisa menyisipkan cerita singkat yang berkaitan dengan topik yang diangkat. Fakta-fakta menarik yang Anda temukan dan berkaitan dengan topik yang diangkat juga bisa disisipkan di dalamnya. Dengan cara ini artikel yang Anda buat jadi bisa lebih menyentuh untuk pembaca.

Meskipun demikian, tetap pastikan di dalam cerita tersebut tetap ada substansinya. Maksudnya adalah agar pembaca tetap bisa mengambil nilai atau pelajaran dari cerita singkat yang Anda sajikan. Inilah fungsinya melakukan riset atau penelitian sebelum menulis. Anda jadi bisa memasukkan fakta-fakta atau data menarik dari hasil penelitian tersebut yang relevan dengan pembahasan.

9. Jangan Ragu untuk Berhenti Sejenak Ketika Mengalami Writer’s Block

Membuat artikel yang menarik tidak selalu bisa dibuat dengan sekali duduk jadi. Sebagai penulis, Anda mungkin akan mengalami kondisi yang disebut dengan writer’s block. Kondisi ini terjadi ketika Anda sudah tidak lagi menemukan kata yang tepat atau memulai pergantian frasa baru yang tepat.

Ketika mengalami kondisi ini, jangan ragu untuk beristirahat sejenak. Simpan pekerjaan Anda sebelumnya, keluar dari ruangan dan cari pemandangan segar, jalan-jalan sebentar atau sekadar minum dan makan camilan bisa menjadi pilihan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengistirahatkan pikiran Anda sejenak. Jika sudah, Anda bisa kembali dalam keadaan lebih segar dan ide-ide tulisan bisa mengalir kembali.

10. Gunakan Kalimat Penutup yang Berkesan

Cara terakhir untuk membuat artikel yang menarik adalah memberikan kalimat penutup yang berkesan. Jika kalimat pembuka sifatnya kuat dan membuat penasaran, maka kalimat untuk menutup haruslah berupa kalimat yang meninggalkan kesan bagi pembacanya.

Kalau di awal tulisan sudah dibuka dengan pertanyaan, kalimat penutupnya bisa berupa jawaban atas pertanyaan tersebut. Begitu pula jika dibuka dengan penjelasan, maka penutupnya bisa berupa kesimpulan.

Nah, itu tadi adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel yang menarik dan enak untuk dibaca. Menulis adalah menggabungkan antara kemampuan mengolah kata, menyatukan informasi dan data lalu menyusunnya menjadi tulisan yang bisa menarik, menghibur dan mengedukasi pembaca. Oleh karena itu, penulis harus benar-benar cermat dan penuh pertimbangan dalam membuat tulisannya.

Share jika suka!

Leave a Comment