Cara Membuat Abstrak Otomatis Secara Online

Abstrak merupakan bagian paling penting dalam sebuah skripsi, tugas akhir, tesis atau disertasi. Namun, sebagian mahasiswa bingung menyusun abstrak yang benar.

Abstrak tidak hanya digunakan dalam karya tulis ilmiah, karena terkadang ditemukan juga dalam karya tulis seperti buku, esai, artikel, jurnal, makalah dan sejenisnya.

Lantas, apa pengertian dari abstrak? apa saja struktuknya dan bagaimana cara membuatnya secara cepat dan tepat? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Mengenal lebih Jauh tentang Abstrak dalam Karya Tulis Ilmiah

Sebelum masuk ke materi utama, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang pengertian abstrak berikut ini:

1. Apa itu Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari karya tulis yang dibuat dengan ringkas, jelas dan akurat. Ditulis pada akhir penelitian setelah semua proses penelitian selesai. Biasanya terdiri dari 100 – 250 kata dengan maksimal 400 kata.

Abstrak harus dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk melihat hasil penelitian yang telah dibuat.

2. Apa Saja yang Harus Ada di Dalam Abstrak?

Di dunia ilmiah, abstrak memiliki beberapa style. Ada yang bergaya APA, Harvard, Stanford dan lain sebagainya. Standar abstrak yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung institusi terkait. Namun, secara umum struktur abstrak terdiri dari beberapa poin berikut:

a. Gambaran Umum

Gambaran umum terdiri dari masalah, maksud dan tujuan dari penelitian yang dibuat. Ini harus dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca sehingga pembaca bisa mendapatkan maksud dan tujuan penelitian dengan mudah. Maksimal 60 kata.

b. Metodologi Penelitian

Landasan, ilmu atau cara yang digunakan dalam penelitian. Seperti metode penelitian, metode pengumpulan data, instrumen penelitian atau teknik penelitian. Jelaskan secara singkat dan padat dengan maksimal 60 kata.

c. Hasil atau Temuan

Buah proses dan pengolahan penelitian yang akhirnya menghasilkan temuan dan dirangkum sedemikian rupa berdasarkan fakta usaha pemikiran peneliti.

Hasil tersebut harus memecahkan permasalahan atau menguji hipotesis. Maksimal 60 kata.

d. Kesimpulan dan Saran

Pernyataan singkat dari peneliti tentang analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan. Bisa juga menambahkan saran yang mungkin berguna untuk peneliti selanjutnya. Maksimal 60 kata.

3. Ciri Abstrak yang Baik dan Benar

  1. Menarik, singkat dan padat
  2. Membuat orang penasaran dan ingin membaca lebih lanjut
  3. Ditulis dalam paragraf blok yang menyatu. Tidak ada indentasi atau paragraf menjorok
  4. Tidak boleh bersifat evaluatif
  5. Menggunakan active voice ketika mengetik
  6. menggunakan past tense
  7. Sebaiknya dibuat dalam 100 – 250 kata

4. Kesalahan Penulisan Abstrak yang Seharusnya Dihindari

  1. Abstrak terlalu panjang, lebih dari 400 kata
  2. Penggunaan kalimat atau kata-kata yang ambigu dan sulit dimengerti
  3. Memasukan referensi
  4. Tidak memiliki poin penting
  5. Tidak ada daya tarik
  6. Penelitian belum selesai namun abstrak sudah dibuat

Cara Membuat Abstrak Otomatis dengan Web Generator Online

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu abstrak dan cara membuat abstrak yang benar. Mari kita praktik langsung dengan menggunakan web abstrak generator online agar lebih mudah dan cepat.

Salah satu web abstrak generator online terbaik yaitu classgist.com. Website ini juga sering digunakan oleh instansi dan peneliti terkenal agar lebih mudah dalam menyusun abstrak. Cara menggunakannya cukup mudah:

1. Buka Website classgist.com

website abstrak generator online

Setelah Anda membuka situs Cassgist, Anda bisa melihat beberapa kolom yang telah disediakan sedemikian rupa untuk mempermudah peneliti dalam menyusun abstrak.

2. Isi Kolom

Anda hanya tinggal perlu mengisi kolom satu persatu mulai dari Gambaran Umum, Metodologi, Hasil dan Kesimpulan.

Masing-masing kolom dibatasi hanya 60 karakter. Ini sesuai standar penulisan abstrak agar lebih singkat, padat dan jelas.

Isilah dengan hati-hati dan pastikan tidak ada typo. Anda bisa menggunakan bahasa apapun yang Anda inginkan.

3. Klik “View Abstract” dan Copy Hasilnya

cara membuat abstrak otomatis

Setelah selesai, Anda tinggal klik “View Abstract” maka secara otomatis abstrak akan jadi.

Anda tinggal copy hasilnya ke Microsoft Word atau software lain tempat Anda membuat karya tulis.

Sangat mudah bukan?

Akhir Kata

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat abstrak otomatis secara online. Dengan bantuan abstract generator, Anda bisa membuat abstrak yang lebih terstruktur tanpa harus membuang banyak waktu.

Anda juga bisa memanfaatkan AI (artificial intelligence) dalam membuat abstrak agar lebih cepat dan efisien.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, Anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

1 thought on “Cara Membuat Abstrak Otomatis Secara Online”

Leave a Comment