Membersihkan Bekas Keyboard di Layar Laptop

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang penting dalam menunjang pekerjaan terutama yang berhubungan dengan kegiatan digital. Namun, kadang kala kita mengalami beberapa masalah yang dapat mengganggu pekerjaan, salah satunya yaitu layar yang kotor karena bekas keyboard yang menjiplak layar.

Advertisement

Sayapun pernah mengalaminya hingga dua kali, kasus bekas keyboard di layar laptop pertama yaitu di laptop asus dan yang kedua di macbook pro. Hal ini dapat diketahui jika kita meredupkan layar atau laptop dalam keadaan mati.

menghilangkan bekas keyboard di layar
Leo nunes on forum.macrumors.com

Maka akan terlihat jelas bekas tanda keyboard yang ngecap layar sehingga layar kurang nyaman dipandang. Yang membuat kesal yaitu bekas keyboard di layar ini lebih sulit dihilangkan dari pada bekas sidik jari atau noda kotoran biasa.

Penyebab Tanda Keyboard di Layar

Ada beberapa penyebab kenapa muncul tanda bekas keyboard yang ngecap di layar laptop, antara lain

  • Layar laptop sering tertekan ketika dalam keadaan tertutup
  • Sering meletakan benda diatas laptop ketika dalam keadaan tertutup, misalnya seperti buku atau benda lainnya
  • Layar laptop terbuat dari plastik sehingga jika tertekan, layar mudah terkena keyboard
  • Laptop jarang digunakan dan telalu lama disimpan dalam keadaan tertutup
  • Karet pelindung di sekitar pinggiran layar sudah getas atau terlepas
  • Sering menyimpan laptop di tas yang penuh

Nah di artikel kali ini saya ingin berbagi cara membersihkan bekas keyboard yang menempel di layar, simak artikel berikut ini

Advertisement

Menghilangkan Cap Bekas Keyboard di Layar Laptop

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, langsung saja mulai dari cara yang pertama

Membersihkan Layar Laptop dengan Cara Aman

Cara aman ini merupakan cara paling mudah dan lebih minim risiko layar menjadi rusak, caranya yaitu:

1. Matikan Laptop dan Cabut Baterai Jika Bisa

Membersihkan layar terutama menggunakan cairan sangat diwajibkan untuk mematikan laptop terlebih dahulu. Hal ini dikarekanan jika cairan menetes ke bagian laptop atau masuk ke celah-celah layar, dapat menyebabkan konsleting listrik sehingga menyebabkan kerusakan pada laptop. Jika sudah, maka lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Bersihkan Menggunakan Kain Microfiber Lembut

Bersihkan bekas keyboard pada layar menggunakan kain lembut microfiber. Kain ini bisa ditemukan pada paket penjualan kacamata atau laptop. Jika tidak ada, anda bisa membelinya di supermarket, harganya pun sangat terjangkau.

Ketika membersihkan, lakukan dengan perlahan jangan terlalu kasar atau menekan layar secara berlebihan karena itu justru dapat memperparah keadaan.

3. Menggunakan Cairan Khusus

Jika bekas masih belum hilang, anda bisa membeli spray screen cleaner. Cairan ini bisa ditemukan di toko komputer atau di toko online. Harganya pun beragam, mulai dari yang termurah hingga termahal ada.

cairan pembersih layar

Tentu display cleaner ini lebih direkomendasikan karena sudah diformulasi khusus untuk membersihkan layar laptop atau monitor.

4. Jangan Menyemprot Cairan Langsung ke Layar!

Jika membersihkan layar menggunakan cairan, hindari menyemprot langsung ke layar. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan ketika cairan menetes ke bagian bawah layar dan merembes ke dalam hingga menyebabkan PCB konslet.

Sebaiknya semprotkan cairan ke lap atau kain kemudian baru dioleskan pada layar secara perlahan hingga kotoran dan bekas keyboard hilang.

Cara Alternatif

Jika anda tidak memiliki budget lebih dan ingin sedikit berhemat, anda bisa menggunakan cairan yang ada disekitar rumah, antara lain sebagai berikut…

Selanjutnya yaitu menggunakan cairan yang ada disekitar rumah. Harap hati-hati karena dapat merusak lapisan layar (coating anti silau), jadi lakukan dengan bijak.

Do With Your Own Risk!

1. Menggunakan Tisu Basah

Tisu basah sudah mengandung cairan etanol, selain itu tisu basah terutama untuk bayi juga lembut dan hampir menyerupai kain microfiber. Anda bisa menggunakan tisu basah ini untuk membersihkan noda di layar laptop anda.

2. Menggunakan Kayu Putih

Selain menggunakan tisu basah, bisa juga menggunakan kayu putih. Minyak ini terbukti serbaguna dan dapat membersihkan noda dan kotoran pada benda apapun termasuk layar.

3. Menggunakan Alkohol

Cairan terakhir yang ampuh untuk membersihkan noda pada layar laptop yaitu alcohol. Cairan ini dapat mengangkat noda yang membandel, termasuk bekas layar keyboard yang menempel.

4. Menggunakan Screen Protector

Jika bekas keyboard yang menempel pada layar masih baru, ini mungkin masih dapat dibersihkan. Namun, jika sudah lama dan dibiarkan dalam jangka waktu lama maka biasanya sulit dihilangkan dan bersifat permanen.

Cara mengakalinya yaitu dengan menggunakan pelindung layar. Terutama pelindung layar anti spy yang gelap. Ini dapat menyamarkan bekas cap keyboard yang menempel di layar.

5. Mengganti LCD

Jika anda seorang perfectionist dan memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk mengganti LCD atau layar laptop. Tentu ini akan mengatasi masalah dengan cepat dan instan sehingga layar laptop kembali seperti baru.

Nah, jika bekas keyboard di layar sudah hilang, jangan lupa lakukan tips berikut agar hal ini tidak terulang kembali.

Cara Mencegah Agar Cap Keyboard di Layar Tidak Muncul Kembali

Kadang masalah jejak keyboard yang menempel di layar ini bersifat permanen dan sulit untuk dihilangkan, maka dari itu jika anda membeli laptop baru atau telah mengganti LCD sebaiknya anda melakukan hal-hal berikut agar hal ini tidak terjadi kembali

1. Jangan Meletakan Benda diatas Laptop yang Tertutup

Penyebab utama munculnya pola bekas keyboard di layar laptop yaitu karena kita sering meletakan benda diatas laptop. Hal ini menyebabkan layar tertekan dan menyentuh keyboard yang kotor. Selain itu, kebiasaan menyimpan laptop di tas atau ransel yang penuh juga dapat menyebabkan hal serupa.

Jika hal ini terus berulang maka akan menciptakan jejak berupa pola keyboard yang sulit dihilangkan. Maka dari itu pastikan kita selalu menyimpan laptop di tempat yang aman.

2. Gunakan Pembatas Kertas Ketika Ingin Menutup Laptop

Ketika kita membeli laptop baru, ketika dibuka biasanya ada sebuah pembatas berupa kertas atau kain. Nah ternyata selain melindungi keyboard, pembatas ini juga berguna untuk melindungi layar.

pembatas layar laptop

Maka dari itu, jika ingin layar anda awet, gunakan terus pembatas ini. Jika sudah hilang anda bisa menggunakna kertas HVS atau membeli pembatas khusus di situs e-commerce.

3. Jangan Terlalu Sering Menutup Layar Laptop

Jika anda jarang membawa laptop berpergian dan sering meletakan laptop di tempat yang sama, sebaiknya jangan menutupnya secara penuh. Tutuplah hanya setengah atau jangan terlalu menyentuh bagian keyboard.

Ini mengurangi resiko bekas keyboard pada layar. Tutup laptop hanya jika kita ingin membawanya pergi keluar.

4. Bersihkan Layar Secara Rutin

Selain menimbulkan bekas keyboard, jarang membersihkan layar juga dapat membuat layar terlihat kusam dan penuh noda. Jika dibiarkan dalam waktu lama maka kotoran ini akan semakin sulit dibersihkan.

Maka bersihkanlah secara rutin dan berkala agar layar laptop selalu terlihat bersih dan kinclong.

5. Gunakan Pelindung Layar dan Keyboard

Jika ingin lebih aman, sebaiknya gunakan pelindung layar, seperti anti glare, antigores, anti spy, atau tempered glass. Gunakan juga pelindung keyboard, biasanya berupa silikon yang lembut.

Harganya cukup terjangkau dan mudah sekali ditemukan di toko komputer maupun situs jual beli online.

Kesimpulan

Itulah cara membersihkan layar laptop dari bekas keyboard yang menempel. Sebenarnya, ini sangat mudah dilakukan jika bekas keyboard pada layar langsung dibersihkan pada saat pertama kali terlihat.

Namun, kadang kala kita tidak menyadarinya dan sering mengabaikan dalam waktu yang lama sehingga bekas ini semakin muncul dan sulit dibersihkan. Jika sudah begini tentu akan bersifat permanen. Cara satu-satunya yaitu menggunakan pelindung layar untuk menyamarkannya atau bisa dengan mengganti LCD secara utuh.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment