Mematikan Fitur Macbook Menyala Sendiri ketika Layar Dibuka

Macbook booting secara otomatis ketika layar dibuka merupakan hal yang normal. Perlu diketahui, mulai 2016 apple secara bawaan memang sudah membawa fitur auto waking up when open the lid. Entah itu di macbook air 2018 keatas ataupun macbook pro 2016 keatas. Apple mengklaim bahwa dengan fitur menyala otomatis, maka pengguna akan lebih dimudahkan sehingga dapat lebih produktif.

Seperti yang kita tahu, di macbook seri terbaru tombol power digantikan oleh sensor sentuh touch id yang juga dapat di tekan. Mungkin fitur auto turn on juga berfungsi agar tombol touch id jarang ditekan sehingga lebih tahan lama alias awet.

Cara Kerja Fitur Auto Turn On di Mac

sensor engsel macbook
sumber : ifixit

Di produk macbook terbaru, pada bagian engsel (hinge) telah dilengkapi sensor khusus yang dapat mengenali kemiringan engsel ketika dibuka. Lid angle sensor (LAS) ini juga memiliki fungsi lain selain menghidupkan, misalnya mengatur kapan mac masuk mode sleep dan hibernate.

Selain sensor LAS, macbook juga memiki sensitifitas pada magnet. Saya pernah keheranan ketika membeli sleeve case yang memiliki penutup magnet. Heran kenapa?

Macbook air M1 milik saya kadang menyala sendiri dengan tanda suara booting khas macbook ketika dimasukan sleeve, padahal mac baru saja di shutdown dan layar dalam keadaan tertutup. Setelah di selidiki ternyata magnet di dalam sleve yang memacu sensor untuk menghidupkan sistem. Jadi saran saya, bagi anda yang ingin membeli case ataupun tas macbook, jangan memilih produk yang dilengkapi magnet karena dapat membuat sensor lid macbook error.

Jika dibuat alas, maka sleeve macbook yang memiliki magnet dapat membuat layar mati sendiri atau masuk ke mode sleep tanpa di sentuh. Tentu ini akan sangat menggangu kita saat bekerja.

Cara Mematikan Fitur Auto Turn On di Macbook

Untuk mematikan fitur auto boot di macbook, caranya cukup mudah…

  • Pertama, buka aplikasi terminal
  • Lalu ketikan perintah berikut ini
sudo nvram AutoBoot=%00
  • Klik enter kemudian masukan password login macbook lalu
  • Baru anda restart macbook anda. Kini fitur auto boot sudah dimatikan.

Untuk mengaktifkanya kembali, cukup melakukan hal yang sama dengan perintah

sudo nvram AutoBoot=%03

Itulah cara mudah mematikan fitur auto boot. Kini anda harus menekan tombol touch id jika ingin melakukan power on perangkat mac anda. Cara ini berhasil saya lakukan di macbook pro 16″ tahun 2016.

Perhatian! Pastikan anda membackup semua data sebelum mengikuti tutorial ini. Ini akan mengubah konfigurasi sistem sehingga dapat mengakibatkan error.

Do with your own risk!

Selain itu, faktor yang dapat menyebabkan mac bisa hidup sendiri yaitu pengaturan schedule yang aktif. Untuk mematikanya, anda bisa mengikuti cara berikut

  • Masuk ke System Preferences > Energy Saver
  • Kemudian matikan semua centang
  • Pastikan anda juga menonaktifkan fitur Start up or wake dan schedule a sleep, restart or shutdown time for your mac

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Kenapa macbook mati sendiri (sleep)

Ada beberapa faktor yang menyebabkanya, antara lain

  • Pengaruh magnet yang menggangu sensor lid
  • Baterai yang sudah drop
  • Overheat (panas)
  • Sistem crash
  • Bug bawaan Mac OS
  • Ada hardware yang bermasalah

Silahkan anda lakukan pengecekan hal-hal diatas. Jika kurang paham, anda bisa mengunjung Apple Service Center resmi.

Macbook sering reboot dan restart sendiri secara berulang

Penyebabnya bisa beragam, bisa karena software ataupun hardware. Penanganan pertama yang bisa anda lakukan yaitu reset SMC PRAM dan VVRAM. Caranya

Reset SMC : matikan macbook > tekan tombol power selama 5 detik

Reset PRAM/NVRAM : matikan macbook > tekan tombol Command + Option + P + R secara bersamaan hingga macbook restart secara otomatis

cara reset nvram mac

Nah, silahkan anda coba lagi. Biasanya error akan hilang. Namun jika masih error, silahkan instal ulang mac os atau bawa ke service center.

Layar macbook blank hitam ketika dinyalakan

Cukup tekan dan tahan tombol power selama 10 detik

Macbook tidak mau booting dan muncul bunyi beep

Jika berbunyi sekali beep selama kurun waktu 5 detik, penyebabnya yaitu RAM yang error karena tidak terdeteksi, coba cek lagi apakah terpasang dengan baik? pastikan juga ram dalam keadaan bagus dan tidak ada kerusakan.

Jika berbunyi tiga kali beep selama kurun waktu 5 detik, ada masalah ram atau hardware.

Dan jika berbunyi tidak kali beep panjang, pendek dan panjang. Ini merupakan masalah firmware. Cukup lakukan restore dan recovery.

Lampu indikator charger magsafe tidak menyala

Penyebabnya biasanya

  • Port magsafe / charger terbakar
  • Port tidak terhubung dengan benar (terhalang kotoran)
  • Kabel ada yang putus
  • IC power kena
  • Magsafe rusak

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai cara mematikan fitur auto boot di perangkat macbook. Sebenarnya fitur ini merupakan fitur yang revolusioner dan dapat mempermudah pekerjaan kita. Namun kadang kala fitur ini mengganggu bagi kita yang sering membuka laptop dan tidak ingin menghidupkanya.

Pastikan juga tidak ada medan magnet disekitar macbook karena dapat memacu sistem untuk booting atau sleep. Selain itu, pengaturan schedule dan wake on lan di pengaturan energy juga bisa menjadi penyebabnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment