Memasang Indihome di Wilayah yang Belum Tersedia

Saat ini internet menjadi sebuah kebutuhan primer bagi hampir setiap kalangan masyarakat. Karena hampir setiap kegiatan di zaman serba modern ini kita membutuhkan koneksi internet yang cepat, mulai dari bekerja, belajar, meeting online, berkomunikasi, hingga menikmati konten hiburan. Sebenarnya kita bisa saja menggunakan data internet dari smartphone berbasis 3G atau 4G LTE, namun kadang kala sinyal seluler tidak sebaik dan secepat jaringan internet kabel atau biasa orang awam menyebut wifi. Selain itu, data internet berbasis kuota lebih mahal dan terbatas.

Advertisement

Maka dari itu, banyak masyarakat yang mulai mempertimbangkan untuk memasang internet kabel berbasis fiber optik karena dinilai lebih cepat, murah dan stabil. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkampungan atau jauh dari akses jalan raya, biasanya akan terkendala ketersediaan jaringan karena tidak ada tiang atau ODP. Jika kita mencoba registrasi di gerai telkom, agen indihome pinggir jalan atau di aplikasi biasanya akan muncul keterangan seperti berikut

indihome belum tersedia di lokasi anda

Maaf, jaringan IndiHome Fiber belum tersedia di Lokasi Anda. Agar Lokasi Anda dapat segera terjangkau jaringan Indihome Fiber silahkan klik di sini.

Keterangan di aplikasi

Nah, lantas bagaimana cara mengakali agar kita tetap dapat memasang layanan internet cepat dirumah? simak artikel berikut ini…

Cara Daftar dan Pasang Internet Kabel Indihome di Daerah Pelosok

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Sebenarnya tempat tinggal saya tidak di daerah yang sangat terpencil atau pelosok yaitu di Kabupaten Bandung, namun rumah saya cukup jauh dari akses jalan raya karena berada di dalam gang yang jaraknya lebih dari 100 meter. Namun, dengan tips berikut akhirnya saya bisa menikmati layanan internet kabel dari indihome hingga sekarang, berikut saya berikan tipsnya…

1. Tanyakan Solusi Pada Agen atau Teknisi

Awalnya saya mencoba berkali-kali mencoba daftar dan berlangganan melalui aplikasi myIndiHome. Namun, seperti keterangan diatas, menampilkan info bahwa rumah saya tidak terjangkau oleh jaringan kabel fiber milik indihome.

Advertisement

Padahal, di depan gang yaitu di jalan utama, terdapat ODP (Optical Distribution Point) yaitu sebuah box hitam letak dimana kita bisa menancapkan jaringan kabel fiber. Jika anda berniat ingin memasang internet kabel, pastikan di sekitar rumah anda terdapat ODP, bentuknya seperti berikut

ODP setiap layanan dari perusahaan bisa berbeda bentuk dan warna, namun pada intinya mirip. Biasanya ODP menempel dan diletakan di gantung di dekat tiang listrik di pinggir jalan. Nah, walaupun didekat rumah saya ada ODP ternyata saya tidak bisa melakukan registrasi, faktornya yaitu

  • Di Aplikasi terdapat keterangan tidak terjangkau atau tersedia
  • Setelah bertanya lewat telepon 147, mereka mengatakan bahwa rumah saya terlalu jauh dari ODP, lebih dari 200 Meter
  • Dan bertanya ke salah satu agen indihome (mobil yang suka ada di pinggir jalan) juga berkata bahwa lokasi tersebut sulit dijangkau

Namun, saya masih penasaran karena jarak rumah ke ODP tidak terlalu jauh, hanya kurang lebih 50 meter. Maka dari itu saya pun menanyakan sekali lagi ke agen indihome yang biasa ada di pinggir jalan.

Percakapanya kira-kira begini

  • Saya : Pak, saya ingin pasang indihome tapi rumah saya tidak terjangkau di aplikasi, padahal ada ODP Deket sekitar 50 meter
  • Agen : Iya pak kemungkinan tidak bisa, tapi saya coba daftarkan terlebih dahulu
  • Saya : Kemudian diminta KTP, nomor hp, email dan deposit

Kemudian saya pulang kerumah, dan beberapa jam kemudian datang teknisi untuk survei lokasi. Namun, dia langsung pesimis dan bilang tidak bisa karena jauh.

Kemudian saya bertanya, kita-kira percakapanya begini

  • Saya : jika diusahakan bisa gak pak?
  • Teknisi : Mungkin bisa pak, beli kabel tambahan, biasanya 1 juta.
  • Saya : Wah mahal ya, bisa kurang gak pak?
  • Teknisi : Mungkin 800 bisa diusahakan

Saya pun meminta WA teknisi tersebut untuk mempertimbangkan dahulu tawaran tersebut. Karena cukup mahal, 800 ribu belum termasuk deposit sebesar 150 ribu. Namun karena saya membutuhkan internet segera, yaudah saya deal dengan teknisi tersebut.

Mereka datang bergerombol, lebih dari 4 orang. Karena memang sulit, harus menarik kabel dan memasang dengan melewati belasan rumah. Dan akhirnya internet kabel saya terpasang hingga sekarang, hampir menginjak dua tahun.

Point yang dapat digaris bawahi disini yaitu

  • Setelah saya berkonsultasi dengan orang telkom, sebenarnya kabel masih gratis hingga 200 meter. Mungkin teknisi hanya “berbahasa halus”, intinya ingin uang tambahan, atau bahasa kasarnya uang jasa karena masang dan maintenance nya butuh effort lebih.
  • Kita bisa memasang internet kabel walaupun tidak terjangkau, asal ada ODP yang dekat dengan rumah, paling jauh 100 hingga 200 meter. Ada juga yang bilang 500 meter masih bisa.
  • Kita harus mau mengeluarkan uang lebih untuk melakukan birokrasi dengan teknisi.

Sebenarnya, perusahaan telkom memiliki kebijakan bahwa kita tidak bisa memasang jaringan jika tidak terjangkau di aplikasi. Namun, karena saya membayar lebih, mungkin teknisi mengusahakanya.

2. Isi Form Pengajuan Perluasan Area

Cara diatas hanya bisa dilakukan jika ada ODP yang dekat dengan rumah, namun jika tidak ada satupun ODP di sepanjang jalan dekat alamat rumah anda, kita bisa melakukan pengajuan kepada telkom.

Saya pernah mengajukan dan mengisi form waktu itu (di alamat rumah yang lama). Setelah mengisi form, mungkin sekitar 6 bulan sampai 1 tahun, saya di telepon dan dikabari bahwa area saya sudah tercover jaringan.

Disini dapat diambil kesimpulan bahwa jika ingin tersedia jaringan internet fiber, maka kita mencoba mengisi form pengajuan namun sedikit perlu kesabaran, bisa lewat aplikasi myIndihome atau mengklik link berikut.

3. Gunakan Teknologi Alternatif yang Disediakan

Jika anda tidak ingin menunggu lama, kita bisa daftar indihome namun bukan menggunakan fiber optik. Kita bisa memanfaatkan layanan seperti Indihome DTH (Direct to home) atau Indihome Sky yang mendukung Internet, TV dan Telepon. Biasanya menggunakan satelit parabola atau sinyal seluler yang di tembak. Anda bisa menanyakannya langsung ke Plaza telkom terdekat.

4. Survei Layanan dari Perusahaan Lain

Untuk menikmati jaringan internet wifi cepat, tidak harus melulu menggunakan layanan internet kabel fiber milik indihome. Banyak sekali alternatif lain seperti Biznet, MyRepublic, Groovy, CBN, First Media, TransVision, XL Home, Indosat Gigs, Oxygen, Icon+ dan sebagainya.

Jadi anda bisa menanyakan langsung kepada masing-masing customer service perusahaan. Siapa tau ada perusahaan yang menjangkau wilayah anda.

5. Nebeng dengan Jaringan Tetangga

Jika ada tetangga anda yang memiliki jaringan internet terutama wifi, saya sarankan tanyakan langsung, ajak mereka untuk bekerja sama. Anda bisa membayar kepada mereka.

Kerjasama ini saling menguntungkan, anda mendapatkan jaringan internet cepat dan tetangga anda bisa membayar tagihan listrik lebih hemat. Ada dua cara, anda bisa langsung meminta password wifi (jika tercover) atau menggunakan kabel LAN dan router tambahan (lebih cepat dan stabil).

Prosedur dan Langkah Pemasangan Internet Kabel

Nah, jika di wilayah tempat tinggal anda misalnya sudah terjangkau jaringan internet kabel, untuk prosedur pemasangannya sangatlah mudah,

  • Pertama siapkan data diri seperti KTP, No. Hp dan Email
  • Datangi sales atau Plaza, bisa juga secara online lewat aplikasi my indihome, telepon 147 atau akun sosial media resmi indihome
  • Isi form pendaftaran dan pilih paket yang di inginkan
  • Bayar biasa deposit atau biasa jaminan
  • Tunggu teknisi datang kerumah anda
  • Pemasangan pun selesai

Keuntungan Memasang Internet Kabel

  • Lebih hemat, cepat dan stabil
  • Limit yang besar, diatas 200 GB (FUP)
  • Lebih tahan cuaca, seperti hujan, badai atau gangguan alam lainnya
  • Perangkat seperti Laptop, Tablet atau Smartphone lebih hemat baterai dan tidak gampang panas karena menggunakan wifi

Tips Memasang Internet Kabel

Agar tidak tertipu atau mendapatkan tarif yang terlalu mahal ada beberapa tips dari saya

  • Tanyakan promo atau paket internet yang murah
  • Jangan membayar kepada teknisi diluar biaya deposit, kecuali kasusnya seperti saya
  • Cek redaman internet setelah instalasi jaringan selesai, pastikan angkanya di bawah 20, jika bisa di bawah 15 agar ping dan jitter kecil sehingga lebih cepat dan stabil
  • Gunakan password yang kuat dan sulit ditebak, ganti secara berkala
  • Tanyakan router apa yang dipakai, jika bisa nego dan minta merk dan tipe router yang bagus
  • Cek speed internet, pastikan indihome tidak lemot dan sesuai dengan paket kecepatan yang di pilih. Baca artikel tentang penyebab indihome lemot.
  • Cabut layanan TV atau Telepon jika tidak digunakan agar tagihan anda menjadi murah. Baca artikel tentang Tips agar tagihan indihome murah.

Kesimpulan

Itulah sedikit tips dan sharing mengenai cara memasang layanan internet di wilayah terpencil yang belum terjangkau jaringan fiber. Jika di wilayah tempat tinggal anda terdapat ODP dengan catatan belum penuh, maka walaupun di aplikasi tertera tidak terjangkau, masih ada peluang agar anda bisa berlangganan, namun dengan sedikit usaha dan budget lebih.

Selain itu, kita juga masih bisa berlangganan internet cepat dan murah, dengan mendaftar di layanan selain indihome. Atau menggunakan jenis jaringan lain diluar internet kabel, seperti indihome sky yang menggunakan satelit parabola atau XL Home yang memanfaatkan jaringan seluler.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan, ditanyakan atau sekedar sharing pengalaman, bisa meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment