Manfaat dan Kerugian Update Windows

Bagi pengguna laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows, pasti sudah tidak asing dengan notifikasi windows update. Banyak dari mereka yang senang ketika ada update baru, namun tidak sedikit juga dari mereka yang kesal karena merasa terganggu dan akhirnya mematikan windows update.

Padahal, melakukan update windows di perangkat windows lama seperti Windows XP, Windows 7 dan Windows 8.1 sangat penting agar perangkat kita tetap aman.

manfaat update windows

Begitupun Windows versi terbaru seperti Windows 10 dan 11, penting juga untuk dilakukan update secara rutin untuk mendapatkan stabilitas dan fitur baru yang mungkin berguna.

Lantas, apa itu Windows Update? apa kelebihan dan kekurangan melakukan update windows? untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini.


Apa itu Update Windows?

Windows update di Windows 11
Update windows di Windows 11

Windows update adalah layanan yang disediakan oleh microsoft yang menyediakan update untuk OS windows dan komponenya. Ada berbagai macam jenis update windows, yang pertama yaitu update keamanan (security) yang berfungsi melindungi perangkat komputer terhadap kerentanan terhadap malware dan keamanan eksploitasi.

Update jenis lainya yaitu update penambahan fitur baru dan update untuk memperbaiki kesalahan, bug, stabilitas dan fungsionalitas.

Pada intinya, update windows berguna untuk menjaga perangkat komputer agar tetap aman dan lancar digunakan.

Berikut adalah Manfaat dan Keuntungan melakukan Update Windows

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus melakukan update windows, antara lain sebagai berikut:

1. Keamanan (Security) lebih Terjamin

Microsoft secara rutin menggulirkan patch security untuk memperbaiki celah di sistem operasi windows. Hal ini bertujuan agar sistem operasi lebih aman terhadap virus atau serangan malware.

Sistem operasi windows yang sering di update secara rutin lebih aman, walau tanpa antivirus pihak ketiga. Kami sudah pernah mengujinya menggunakan perangkat Windows 7 yang hanya dipasang antivirus bawaan bernama MSE (Microsoft Security Essentials) dan Windows 11 yang menggunakan Windows Security.

Semua akan aman asalkan windows selalu di update dan tidak sembarangan dalam menginstal software dan aplikasi.

Baca Juga:

2. Memperbaiki Bug Windows OS

Bug adalah suatu kecacatan atau kerusakan yang menyebabkan windows tidak bisa bekerja seperti seharusnya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia software dan dapat diperbaiki melalui update software.

Jika windows anda bermasalah atau tidak berfungsi semestinya mungkin dengan memperbaharui sistem operasi masalah itu akan teratasi karena TIM Microsoft selalu berusaha memperbaiki bug yang dilaporkan pengguna dan perbaikanya akan muncul di windows update.

melihat deskripsi windows update
Cara melihat deskripsi atau penjelasan update windows 7, disamping kanan ada penjelasan dan info dari update tersebut, disana tertera rincian dan tanggal release. Jika kurang jelas dan lengkap anda bisa klik “more information”.

Untuk windows 7 atau 8 anda bisa mengklik Select the update you want to instal. Untuk pengguna Windows 10 dan 11, bisa melihatnya di situs https://support.microsoft.com/

Melihat deskripsi Update Windows

3. Stabilitas Sistem Meningkat

Windows update merupakan salah satu solusi komputer yang sering crash, hang ataupun lag. Terutama bagi Windows versi terbaru yang masih belum matang sempurna.

Hal ini karena di setiap perilisan update, microsoft biasanya menggulirkan patch atau driver baru untuk dukungan beberapa hardware, seperti Processor, RAM, Motherboard, BIOS, SSD, Harddisk dan komponen kecil pendukungnya.

Tweak atau konfigurasi baru juga dapat mempercepat kinerja dan pengalaman pengguna.

4. Fitur dan Fungsionalitas Baru

Microsoft secara berkala akan memperbaharui fitur dan tampilan agar terlihat lebih fungsional dan fresh. Selain fitur, terkadang ada juga penambahan aplikasi dan software, khususnya update besar seperti Update Service Pack.

Contoh nya seperti pada Windows 8. Setelah di update ke Windows 8.1, ada penambahan fitur dan fungsi baru, seperti tombol sleep, shutdown dan restart di start menu.

Ada juga penambahan tombol exit dan minimize di aplikasi metro. Bug adanya tulisan secure boot di desktop juga hilang.

5. Mengembalikan Performa PC

Seiring waktu, performa PC atau laptop akan melambat. Apalagi jika komputer digunakan setiap hari secara intens.

Cache akan terus meningkat, terkadang juga file sistem hilang karena pengaruh virus atau software yang Anda instal.

Dengan melakukan update windows secara berkala, cache sistem akan dibersihkan dan file sistem akan kembali ke semula sehingga performa PC seperti baru kembali.

Cara Melakukan Update Windows Manual

Windows update
Windows Update di Windows 7
  • Buka Settings atau Control Panel
  • Di Pencarian, ketik “Windows Update”
  • Pastikan komputer terhubung ke Internet
  • Klik “Check for updates” untuk mengetahui update terbaru
  • Jika tersedia, akan muncul versi update yang bisa di Instal, Anda tinggal klik Download & Install Updates.

Kekurangan Update Windows yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun memberikan banyak manfaat, namun update windows juga dapat menimbulkan kerugian, antara lain sebagai berikut:

1. Mengganggu Produktivitas

Mungkin hampir setiap orang kesal ketika melakukan update windows, ya termasuk saya. Terkadang ketika melakukan update windows, prosesnya sangat lama hingga memakan waktu lebih dari 30 menit.

Jika ini terjadi di jam santai, mungkin tidak masalah. Namun ketika ini terjadi di jam kerja ini akan menjadi masalah yang serius.

2. Terkadang Gagal

Ada kalanya update windows tidak berhasil, hal ini biasanya disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil sehingga menyebabkan file corrupt.

Jika gagal, biasanya tampilan akan berubah, fungsi tidak normal dan yang paling parah bisa menyebabkan komputer tidak bisa booting dan masuk desktop. Mau tidak mau kita harus melakukan instal ulang untuk memperbaiki masalah ini.

3. Driver menjadi Tidak Kompatibel

Beberapa komputer lama biasanya mengalami isu ini. Windows salah mendeteksi perangkat hardware sehingga memberikan driver yang salah.

Hal ini bisa menyebabkan kegagalan fungsi, misalnya VGA atau layar menjadi tidak tajam, performa menurun, keyboard dan mouse tidak terbaca dan masalah kompatibilitas lainnya.

4. Penyimpanan Meningkat

Semakin sering Anda melakukan update, maka semakin banyak file yang di download. Ini akan memakan banyak penyimpanan jika tidak dibersihkan.

Agar penyimpanan tidak penuh, pastikan Anda melakukan pembersihan file old windows secara berkala. Caranya cukup mudah.

Cara Membersihkan File Update Windows

membersihkan windows update
  • Buka Control Panel dan Cari Administrative Tools
  • Cari Disk Cleanup dan centang semua files dan OK.
  • Selanjutnya pilih Clean up system files
  • Centang semua files, centang juga “Previous Windows Installations” jika ada. Kemudian klik OK.

Selain lewat tools “Disk Cleanup”, Anda juga bisa membersihkan lewat Settings. Caranya buka Settings > System > Storage.

Cari Temporary Files, pilih Windows Update Cleanup dan Delivery Optimization Files dan klik Remove Files.

Bersihkan juga semua files yang menurut Anda tidak penting, tinggal centang saja. Namun cara ini hanya bisa dilakukan di Windows 10 dan Windows 11.

5. Menghabiskan Kuota Internet

Semakin lama windows tidak di update, maka semakin banyajk dan besar file update yang harus di download.

Jika Anda tidak memiliki internet unlimited, misal hanya menggunakan data seluler, tentu ini akan menghabiskan banyak kuota.

Agar bandwidth internet anda tidak habis, Anda bisa mengaktifkan “Metered Connection” di pengaturan Network & Internet.

6. Mengurangi Masa Pakai SSD atau Harddisk

Seperti yang kita ketahui, SSD memiliki masa pakai yang disebut Terrabytes Written. Semakin sering kita melakukan tulis (mengisi data) di SSD maka semakin berkurang masa pakainya.

Update windows terkadang memakan banyak penyimpanan, berarti banyak sekali kegiatan write yang dilakukan. Ini bisa mengurangi masa pakai SSD.

Begitupun dengan harddisk, walaupun tidak ada TBW namun putaran harddisk yang kencang dan terlalu sering juga bisa mengurangi ketahanannya.

7. Performa Menurun

Perangkat komputer berbasis windows sangat banyak dan bervariasi. Tidak seperti Apple Macbook yang jumlahnya sedikit. Terkadang, driver atau software yang terinstal dari windows update tidak cocok dengan komponen yang ada dalam PC.

Ini menyebabkan performa dan stabilitas menurun. Jadi, untuk PC rakitan atau perangkat lama yang sudah stabil, lebih direkomendasikan untuk tidak melakukan update windows.

Cara Mematikan Windows Update

a. Untuk Windows 7 dan 8

Buka Control Panel > Windows Update > Change Settings (Turn automatic updating on or off). Pilih “Never Check for Updates”.

b. Untuk Windows 10 dan 11

Buka pencarian dan ketik “services.msc“, kemudian scroll dan cari Windows Update. Klik tab “General“, pada menu Startup type. pilih Disable kemudian klik OK.

Akhir Kata

Itulah manfaat update windows beserta kekurangannya. Bagi perangkat komputer yang baru, saya sarankan untuk melakukan update windows secara berkala agar performa dan keamanan terjaga.

Untuk perangkat lawas, misalnya komputer di bawah tahun 2010-an, sebaiknya hindari update windows. Cukup update antivirus secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment